6 Kiat Cermat Memilih Bisnis Franchise Dengan Tepat

cara memilih bisnis waralaba yang baik

Memiliki sebuah bisnis merupakan dambaan bagi sebagian orang. Namun tidak semua orang memiliki kemampuan berbisnis dengan manajerial yang baik. Hal ini menjadi salah satu kendala bagi sebagian orang yang hendak melakukan kegiatan bisnis. Kini seiring perkembangan zaman dan minat pasar yang tinggi maka banyak model bisnis baru yang dapat kita jalankan walapun kita tidak memiliki manajerial yang cukup baik.

Salah satunya dengan membuka bisnis waralaba atau franchise. Bisnis waralaba dapat menjadi salah satu solusi bagi para calon pebinis yang ingin membuka usahanya namun tidak memiliki skill yang begitu baik. Dengan membuka bisnis waralaba calon pebisnis cukup mengikuti sistem manajemen yang sudah di tentukan oleh pemiliki waralaba.

Jadi anda tidak harus berpikir keras untuk membuat sistem yang dapat berjalan dengan baik. Namun tidak begitu saja anda melepas sepenuhnya bisnis yang anda buka, melainkan di sini Anda tetap terjun langsung untuk menjalankan sistem jual belinya. Jadi perlu di ingat bisnis waralaba bukanlah bisnis autopilot yang anda hanya cukup menunggu keuntungan datang ke kantong anda.

Artikel lain: Masalah Ini Sering Menimpa Franchisee, Waspadalah!

Lalu bagaimana kiat-kiat memilih bisnis waralaba yang tepat? Berikut ini telah kami rangkumkan beberapa tips cermat memilih bisnis waralaba yang baik bagi Anda.




1. Memilih Bisnis Waralaba yang Sesuai Modal

Modal adalah hal utama untuk menjalankan bisnis waralaba, jadi perlu diingat pilihlah bisnis waralaba yang sesuai dengan modal anda. Jangan sampai terlalu memaksakan dengan mengajukan pinjaman di bank, karena sesuai pengalaman penulis meminjam uang terlalu besar akan membuat anda terbebani dengan angsuran yang tiap bulan anda bayarkan.

Tips dari kami adalah pilihlah angsuran dari 30% keuntungan yang akan anda dapatkan di tiap bulan bisnis waralaba tersebut. Biasanya manajemen dari waralaba tersebut akan menjelaskan dengan detail kemungkinan pendapatan setiap bulannya, jadi anda dapat memperkirakan berapa biaya yang harus anda pinjam di bank.

2. Sesuaikan dengan Minat dan Hobi

Menjalanakn suatu kegiatan yang kita sukai pastilah sangat menyenangkan bukan? Hal ini juga berlaku di kegiatan bisnis. Jika anda menjalankan suatu bisnis yang sesuai dengan minat atau hobi anda, pastilah anda akan sangat menguasai produk tersebut.

Dapat menganalisa produk mana yang lebih baik untuk dijual, selain itu kegiatan bisnis yang anda jalankan akan terasa sangat menyenangkan. Hal ini tentu sangat baik untuk perkembangan bisnis ke depannya.

3. Pilih Harga Produk Waralaba yang Terjangkau

Banyak calon pebisnis yang ingin membuka bisnis waralaba tidak memperhatikan hal ini. Padahal efek dari point ini sangat penting bagi kelangsungan bisnis anda. Jika kita menjual produk waralaba yang terlalu mahal, tentunya ini akan menyusahkan anda untuk menjual produk tersebut.




Menyeleksi harga produk waralaba yang terjangkau adalah sangat penting. Mungkin harga adalah sesuatu yang relatif bagi sebagian orang dan inilah yang banyak menjebak calon pelaku bisnis. Contohnya jika di wilayah yang dominan golongan menengah keatas, membeli secangkir kopi starbucks dengan harga ratusan ribu rupiah mungkin menjadi hal yang lumrah.

Tapi tidak jika anda menjual kopi tersebut di wilayah golongan bawah. Secangkir kopi dengan harga ratusan ribu pastilah menjadi harga yang sangat mahal bagi mereka. Jadi poinnya di sini menjelaskan bahwa memilih harga produk waralaba haruslah universal yang semua golongan dapat membelinya.

4. Izin Bisnis Haruslah Legal

Izin membuka usaha waralaba sangatlah penting dan harus legal. Tentunya anda tidak ingin mengalami masalah di kemudian hari karenakan izin bisnis waralaba bodong, bukan?

Nah, sebelum memutuskan untuk membuka bisnis waralaba pastikan anda kritis menanyakan kelegalan izin dari bisnis tersebut. Jika izin usahanya legal anda akan lebih tenang untuk melakukan kegiatan bisnis dan akan lebih fokus pada perkembangan bisnis anda.

5. Memilih Lokasi yang Strategis

Menjalankan bisnis apapun, faktor lokasi berperan sangat penting. Lokasi yang strategis akan membantu anda dalam penjualan. Selain itu, lokasi strategis juga merupakan salah satu dari strategi marketing. Jadi pilihlah lokasi bisnis anda dengan tepat. Contohnya di pusat perkantoran, pusat perbelanjaan, sarana pendidikan dan tempat-tempat lain yang banyak di temukan aktifitas di sekitarnya.

Baca juga: 3 Pertanyaan yg Harus Anda Jawab Sebelum Membeli Waralaba

6. Menganalisa Kompetisi Bisnis Waralaba

Setelah anda menentukan untuk membuka usaha waralaba tersebut, ada baiknya anda melakukan analisa mengenai tingkat kompetisi bisnis. Anda dapat menganalisa berapa banyak produk sejenis yang ada di daerah tersebut lalu usahakan untuk membuka bisnis jauh dari produk sejenis yang anda jual. Hal ini di sebut Blue Ocean Strategi, jadi anda tidak harus bersusah payah berkompetisi dengan pesaing anda.

Sekian 6 kiat memilih bisnis waralaba yang tepat dan diharapkan dapat membantu anda untuk menentukan bisnis waralaba yang sesuai dengan minat dan kebutuhan anda. Setelah menemukan waralaba yang baik, bukan berarti perjalanan Anda telah usai. Sebaliknya, inilah awal bisnis Anda yang sesungguhnya.



1 comment on this postSubmit yours
  1. Thank gan infonya….. ini lagi mencari bisnis yang tepat sesuai kantong —- waralaba bisa menjadi pertimbangan

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2017 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud