6 Jenis Peluang Usaha Untuk Pensiunan Atlet, Profesi Jadi Bisnis

Peluang-Usaha-Untuk-Pensiunan-Atlet

Bagi seorang atlit apapun itu jenis olahraganya, haruslah pandai-pandai memanage keuangan dan ekonominya. Apalagi di Indonesia yang apresiasi nya terhadap para mantan atlit masih jauh dari kata cukup. Banyak cerita miris berkait masalah ekonomi yang kerap melanda para mantan atlet di Indonesia. Bahkan sekelas atlit nasional yang membawa nama harum negara pun belum tentu mendapatkan penghargaan yang setimpal dari negara.

Nah, dengan keadaan seperti ini, ada baiknya jika para atlet merencanakan sedini mungkin terkait masa pensiun di akhir masa karirnya. Ada banyak peluang usaha yang bisa dikerjakan oleh para mantan atlit ketika masuk pada masa pensiun. Apa saja peluang usaha yang cocok dengan mantan atlit? Simak ulasannya berikut ini.

1. Membuka Toko Jersey

Jika Anda seorang mantan atlit sepakbola, sangat cocok kiranya jika mencoba bisnis ini. Bahkan ini bisa Anda lakukan juga ketika masih aktif menjadi seorang pesepakbola. Menjadi nilai plus tersendiri, sekaligus bisa mempromosikan toko Anda.

Bisnis jual beli jersey meskipun tinggi dalam persaingan, tapi dengan gencarnya ekspansi dari klub untuk mendapatkan pemasukan yang lebih, bisnis ini akan tetap bisa survive ke depan. Tak hanya jersey, lengkapi toko Anda dengan pernaak-pernik yang berkait dengan jersey olahraga yang Anda jual.

Artikel lain: Alan – Susi, Inspirasi Mantan Atlet yg Menjadi Pebisnis Sukses

2. Menyewakan Sarana Gedung Olahraga

Semakin banyaknya peminat olahraga di masyarakat, semakin membuka ruang bisnis yang bisa dikerjakan. Salah satu yang menjanjikan adalah persewaan GOR atau gedung olahraga. Salah satu alternatif yang marak saat ini adalah persewaan lapangan futsal, dengan tarif rata – rata sekitar 50 – 75 ribu per jam, sangat potensial untuk sebuah bisnis.




Selain futsal, badminton, bola basket juka masih sangat terbuka untuk Anda garap. Buat perencanaan yang matang, persiapkan semuanya sampai dengan kebersihan gedung yang Anda kelola. Karena sejauh ini kebanyakan gedung olahraga kurang memperhatikan kebersihan nya. Jadi kebersihan yang prima, bisa meningkatkan nilai jual persewaan gedung Anda.

3. Menyewakan Tempat Fitness/ Gym

Tempat fitnes sangat bagus untuk Anda kembangkan. Mengingat banyaknya atlet yang sangat membutuhkan dalam menjaga tuh selalu bugar. Banyak juga bisnisman atau wanita karir yang semakin sadar akan pentingnya sebuah penampilan yang fit juga bisa Anda manfaatkan untuk berbisnis tempat fitness. Bahkan jika tempat yang Anda sewakan sangat bagus dan memenuhi standar yang tinggi, bisa juga Anda mengajukan kerjasama dengan sebuah klub sepakbola untuk memakai jasa yang Anda kelola.

4. Produksi Alat Olahraga

Siapa yang tidak kenal atlet bulu tangkis sekelas Alan Budikusuma dan Susi Suanti. Mereka adalah pasangan suami istri yang berhasil meraih emas pada Asian Games cabang bulutangkis. Mereka adalah contoh ideal bagi para mantan atlit yang berhasil dalam bisnisnya.

Dengan memproduksi raket dengan merek mereka sendiri, mereka berhasil menjalankan bisninya dengan sempurna. Jika Anda tidak mampu memproduksi sendiri, Anda harus bekerja sama dengan beberapa ahli dibidangnya untuk menyokong bisnis yang sedang Anda kembangkan.

5. Membuka Kursus

Dengan keahlian yang Anda miliki dalam olahraga, tentunya banyak ilmu yang Anda miliki. Manfaatkan keahlian Anda untuk membuka kursus atau latihan dengan bidang olahraga Anda. Jika Anda seorang pemain sepakbola, dirikanlah sekolah sepak bola di daerah Anda.




Jika Anda pemain bulutangkis cobalah membuka klub bulutangkis untuk anak-anak. Untuk memulainya Anda bisa melakukan promosi terlebih dahulu pada rekan dan kolega terdekat Anda.

Baca juga: Mindset Yang Harus Dimiliki oleh Seorang Entrepreneur

6. Menjadi Agen Pemain

Ini membutuhkan keahlian yang berbeda namun untuk seorang atlet bukan suatu hal yang asing. Banyak kelebihan yang akan Anda dapatkan dengan menjadi seorang agen pemain. Jika pemain atau atlet olahraga masa keemasanya mungki tidak terlalu lama, namun dengan menjadi agen tentu akan sangat lama jika Anda benar-benar profesioanl. Manfaatkan relasi dan teman Anda untuk mendukung bisnis Anda ini. Pelajari benar-benar aturan atau mungkin undang-undang dalam menjalani bisnis agensi pemain.

Bagaimana para atlit, siapkah Anda berbisnis untuk masa pensiun Anda? Sebaiknya segera Anda rintis mulai dari sekarang. Salam sukses.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud