6 Fakta Yang Tak Terbayangkan di Dunia Internet

Dunia-Internet

Teknologi #internet pertama kali dikembangkan pada tahun 1969. Hingga saat ini berarti sudah 46 tahun manusia hidup di dua dunia, nyata dan “maya”. Selama itu pula telah banyak pengembangan teknologi internet yang dapat mempermudah hidup kita. Internet telah membantu kita mulai sebagai sarana komunikasi, sumber pengetahuan, hingga menjadi ladang bisnis modern.

Dan setelah berjalan hampir setengah abad, nyatanya internet telah melahirkan fakta-fakta unik berkaitan dengan beragam fungsi serta penggunaannya. Kali ini Maxmanroe rangkumkan beberapa fakta dalam angka tentang dunia internet yang pastinya menarik untuk disimak.

1. Penggunaan Email

Email telah menjadi bagian komunikasi digital paling penting saat ini. Bahkan sejak pertama kali ditemukan, sudah tak terhitung lagi berapa banyak #email yang lalu lalang di dunia maya. Fakta menyebutkan bahwa saat ini rata-rata dalam satu hari sebanyak 294 miliar email di kirimkan.

Jumlah tersebut tentu ribuan kali lebih banyak dibanding surat konvensional. Bahkan jika email belum ditemukan, perusahaan kantor pos di Amerika Serikat harus bekerja 2 tahun tanpa henti jika ingin menuntaskan pengiriman 294 miliar pesan tersebut.

2. Data Digital

Setiap harinya manusia menggunakan internet untuk mengirimkan berbagai macam file digital seperti dokumen, lagu, video, software, dan lain-lain. Mungkin bagi para pengguna awan, tidak pernah berfikir sudah berapa banyak data digital yang telah tertampung dalam internet.

Sebagai ilustrasi, jika kita ingin merekam dan mengumpulkan data tersebut dalam perangkat DVD  berkapasitas sekitar 4 GB, maka untuk data satu hari saja membutuhkan sebanyak 168 juta keping DVD. Atau jika ditotal jumlah transaksi data digital tersebut yakni 672 ribu terabyte.




Artikel lain: Beberapa Website Paling Kontroversial di Dunia

3. Youtube

Siapa yang tidak kenal #Youtube. Situs jejaring sosial berbagai video tersebut mungkin menjadi salah satu yang paling rutin kita sambangi ketika mengakses internet. Apakah rekan semua tahu bahwa dengan makin diperketatnya perundangan Hak Atas Kekayaan Intelektual utamanya produk digital seperti video, tim pengembang Youtube juga semakin banyak melakukan pengecekan pada video yang diupload.

Dan pekerjaan ini tidak mudah lho, bayangkan dalam satu hari saja pihak Youtube harus menyunting ribuan video yang jika ditotal durasinya mencapai 100 tahun! Meski semua tidak sepenuhnya dikerjakan secara manual, namun tentu membutuhkan usaha ekstra untuk melakukannya.

4. Konten Dewasa

Kita tidak bisa menutup mata selain membawa banyak manfaat, internet juga dapat memberikan dampak negatif. Salah satunya yakni perihal konten dewasa atau pornografi. Kini semakin banyak saja blog, website bahkan video Youtube yang mempermudah akses pada konten “esek-esek” semacam itu. Tercatat rata-rata pengakses konten dewasa menghabiskan waktu selama lebih dari 14 menit sehari untuk melihat konten tersebut.

Namun yang mengejutkan dari data yang dimiliki mesin pencari #Google, ternyata jumlah situs yang benar-benar menjajakan konten dewasa di internet hanya sebesar 1,1% dari total seluruh situs di dunia. Dan celakanya dari negara-negara di dunia, Indonesia masuk rangking atas dalam hal menjadi “konsumen” maupun “produsen” konten syahwat tersebut.




5. Kegiatan Blogging

Blogging merupakan salah satu gaya hidup baru yang muncul sejak internet lahir. Menulis beragam hal dan dapat disaksikan oleh jutaan pengakses internet tentu menjadi kepuasan tersendiri. Terlebih kini juga semakin berkembang jargon “making money from blogging” dimana kita bisa memanfaatkan blog kita untuk mendapatkan penghasilan, tentu makin menarik kegiatan yang satu ini.

Pun data menyebutkan bahwa setidaknya setiap hari blogger di dunia menghasilkan 2 juta posting terpublikasi. Jumlah tersebut tentu sangat potensial terkait penggunaannya di dunia media. Dan jika dikalkulasikan 2 juta posting tersebut muat untuk mengisi rubrik majalah internasional, Time, selama 770 tahun!

Baca juga: Wikileaks – Situs Kontroversial Penebar Top Secret Dunia

6. Media Sosial

Selain blogging, fitur internet lain yang mengalami perkembangan paling signifikan yakni layanan #media sosial. Tengok saja yang menduduki peringkat yakni Facebook, kini medsos tersebut menjadi situs paling banyak dikunjungi di dunia. Tercatat 40 juta orang setia mengakses Facebook setiap harinya angka tersebut menjadi sangat istimewa karena sepanjang sejarah “pra-internet” belum ada kondisi dimana orang sebanyak itu mampu berkomunikasi dalam satu ajang.

Selain itu kita tahu setiap saat banyak orang yang mengupload foto via Facebook, Anda tahu jumlahnya? 250 juta foto setiap hari!! Atau jika foto tersebut dicetak dan disusun keatas tingginya bisa kurang dari 80 menara Eiffel, Wow.




3 total comments on this postSubmit yours
  1. wahh bener bener gak kebayang hahaha, btw thanks infonya. keren banget

  2. Dari 6 fakta tersebut, saya berkesan pada nomor lima. Siapa yang telah menghitung jumlah posting hingga 2 juta posting itu? Kegiatan blogging memang tak pernah dibayangkan akan terjadi seperti itu.

    • Nah benar juga tuh sob saya juga kepikiran disitu, bagaimana cara melakukan risetnya? Hmm mungkin penyedia hosting gratis untuk blog seperti blogger dan wordpress punya datanya dan jumlahnya digabungkan :D

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2017 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud