6 Daftar Tempat Sharing Postingan Blog Guna Meningkatkan Traffic

Meningkatkan-Traffic

Mengetahui bahwa blog atau #website kita dikunjungi banyak orang tentu merupakan hal yang menggembirakan. Selain menjadikan traffic blog kita meningkat, banyaknya pengunjung yang datang dapat mengindikasikan bahwa apa yang kita sajikan pada blog kita diminati banyak orang. Namun untuk membuat banyak pengunjung datang ke blog kita tak semudah yang dibayangkan. Perlu usaha ekstra dan lebih untuk mewujudkannya. Beberapa blogger berusaha meningkatkan jumlah visitornya dengan memaksimalkan peran mesin pencari. Jadi pengunjung yang datang menuju blognya berasal dari pencarian pada mesin pencari.

Selain memaksimalkan peranan mesin pencari, para blogger juga bisa menggunakan teknik lain yaitu dengan melakukan sharing tulisan ke beberapa tempat yang efektif seperti media sosial, forum, dan social bookmarking. Dengan melakukan sharing tulisan, maka potensi pengunjung yang datang akan semakin besar, karena beberapa #media online juga memiliki pengguna yang cukup banyak. Selain itu, dengan sharing tulisan, para blogger yang datang dari kegiatan blogwalking juga akan meningkat sehingga traffic pun akan cepat meningkat.

Berikut ini beberapa media yang bisa Anda jadikan rujukan atau referensi sebagai tempat sharing tulisan/postingan blog:

1. Mengoptimalkan Facebook

Sebagai sebuah jejaring sosial terbesar didunia, #Facebook tak boleh Anda lewatkan begitu saja untuk kegiatan sharing postingan ini. Facebook yang memiliki beberapa grup menulis bisa kita jadikan tempat berbagi tulisan sehingga bisa mendatangkan traffic. Beberapa grup tersebut antara lain Blog Of Friendship, blogwalking /20′, warung blogger, Blogger Indonesia, Blogger Community of Indonesia dan Komunitas Blogger Indonesia. Beberapa dari grup tersebut ada yang terbuka untuk umum dan ada juga yang tertutup sehingga membutuhkan beberapa persyaratan untuk bergabung.

Sangat disarankan juga untuk membuat sebuah fans page untuk blog Anda. Tujuannya adalah untuk membangun komunitas di Facebook yang memiliki minat yang sama dengan Anda. Nantinya fans page ini akan menjadi sarana untuk mempromosikan setiap konten yang ada di blog ataupun sebagai media untuk berkomunikasi dengan para audiens Anda. Cara ini sudah terbukti sangat efektif untuk meningkatkan trafik blog.

Artikel lain: Pengaruh Update Postingan Blog Pada Peringkat Google & Alexa

2. Memanfaatkan Twitter

Media berikutnya yang tidak boleh diewatkan adalah #Twitter. Tulisan di blog yang telah diposting bisa kita share ke akun Twitter kita dengan mengklik tombol share pada blog kita menuju Twitter atau juga dengan mencantumkan link postingan untuk tweet atau mention ke grup tertentu. Pada beberapa grup bogger atau grup menulis tertentu, para blogger memang difasilitasi untuk saling berbagi tulisan pada blognya dengan melakukan mention dan memberikan kode hastag tertentu.

Nantinya setelah kita bagi, akun grup tersebut akan melakukan retweet sehingga akan terbaca pada anggota grup Twitter yang lain. Dengan demikian, potensi besar pengunjung akan datang dari Twitter yang merupakan sosial media terbesar kedua di dunia. Berikut adalah beberapa grup akun Twitter tempat sharing postingan blog yaitu @kumpulanblogger, @Warung_Blogger, @updateblog, @BloggerNusantara dan @ngeblogAsik.

3. Gunakan Google Plus

Meski Google plus kini banyak yang mulai meninggalkan, namun media sosial ciptaan #Google ini tak boleh Anda lupakan. Apalagi bagi Anda yang ingin postingan Anda cepat terindex oleh mesin pencari Google, maka anda juga harus melakukan share tulisan Anda di Google Plus. Selain agar postingan blog cepat terindeks di Google, membangun komunitas di Google Plus dampaknya akan sangat terasa dari sisi SEO pada blog Anda. Coba deh.

4. Melalui Forum Online

Beberapa forum yang besar juga dapat mendatangkan jumlah visitor untuk blog kita. Maka jika Anda adalah member dari forum-forum tersebut, maka sebaiknya Anda juga membagi link atau tulisan Anda di forum tersebut. Ingat, Anda harus memilih forum yang sudah terkenal dan besar untuk membagi tulisan blog Anda. Beberapa forum besar yang bisa Anda jadikan referensi adalah Kaskus, Forum Bersosial, detikForum, Kompas Forum, dan  Vivanews Forums.

5. Sebar di Lintas Berita (lintas.me)

Situs social bookmarking ini juga bisa mendatangkan banyak visitor untuk blog Anda. Lintas Berita (lintas.me) merupakan situs social bookmarking indonesia yang masih eksis, terpercaya dan konsisten. Untuk membagi link hasil postingan blog Anda di Lintas Berita, Anda diharuskan melakukan registrasi terlebih dahulu dengan mengisi beberapa identitas Anda.




6. Manfaatkan Situs Citizen6

Citizen6 adalah sebuah kanal dari situs berita Liputan6.com yang akan memberi ruang bagi para blogger atau citizen jurnalism untuk mempublikasikan tulisan yang dimilikinya. Dengan membagi tulisan melalui kanal ini para blogger akan berpeluang besar mendapatkan pengunjung, karena seperti kita ketahui bahwa liputan6 telah menjadi salah satu channel terpercaya dalam urusan berita. Untuk menshare tulisan ke citizen6, kirim sebagian postingan ke email citizen6. Selain melalui email, postingan juga bisa dibagi lewat akun @citizen6.

Baca juga: Cara Meningkatkan Traffic Pengunjung Blog / Website Dengan Cepat

7. Manfaatkan Vivalog

Tempat terkahir yang bisa Anda jadikan sarana share postingan blog adalah Vivalog. Vivalog sendiri adalah sebuah kanal dari situs portal viva.co.id yang akan membantu para blogger untuk mempromosikan artikel blognya. Untuk menshare postingan ke vivalog, Anda terlebih dahulu harus melakukan registrasi member ke viva.co.id.



38 total comments on this postSubmit yours
  1. mas mau tanya jika alexa saya sudah 2 juta ? apakah untuk seo dan traffic sebuah website itu ngaruh ?

  2. Wah berarti harus punya banyak teman facebook ya

  3. Itu bermanfaat juga ga mas buat nambah backlink kalau kita cantumin blog kita sebagai sumber ?

  4. lintas.me sudah wafat gan. vivalog susah banget submit nya.

  5. Wah, jujur juga agan ini.. hehe
    banyak yang ngasih tau buat pakai hitleap, tapi saya gak setuju dengan cara itu.
    orang saya sudah 3 tahun ngeblog.. masa gak tau bahaya situs seperti itu.

  6. pake viva log gk d approve2, euy,,,,
    selain itu yang bagus apa ya …

  7. Udah di jajal di lintas me dan Viva tapi kok gak bisa nge-share’ya ?

  8. Harus di praktekan ini gan… terimaksaih infonya

  9. submit vivalog ga ditayangin aja nih :(

  10. lintas.me udah mati gan!

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud