6 Cara Sederhana Ini Bisa Buat Kamu Lebih Kreatif Dalam Berbisnis

6 Cara Sederhana Ini Bisa Buat Kamu Lebih Kreatif Dalam Berbisnis

Lebih-Kreatif-Dalam-Berbisnis
Image: about.me

Menjaga daya kreatifitas dalam mengelola sebuah bisnis adalah hal yang sangat diperlukan. Kreatifitas tinggi sangat bagus buat menunjang bisnis yang sedang teman-teman kelola. Masalahnya adalah kadang kita sering bad mood, bosan atau lagi galau dengan berbagai keadaan yang tidak sesuai dengan keinginan kita. Keadaan ini biasanya akan menghilangkan daya kreatifitas kita dalam berpikir.

Nah, untuk menyikapi atau bisa juga buat mengantisipasi keadaan yang buruk seperti di atas, teman-teman bisa melakukan sesuatu yang sederhana untuk tetap menjaga kreatifitas dalam berbisnis. Ini seperti kita sedang mengumpulkan stok ide-ide kreatif yang nantinya bisa teman-teman munculkan sewaktu-waktu untuk mendongkrak eksistensi bisnis yang sedang teman-teman kerjakan. Bagaimana caranya? simak ulasan di bawah ini.

1. Banyak Membaca Buku Bisnis

Media online saat ini merupakan jendela informasi yang sangat mudah didapatkan. Hampir semua orang bisa mengakses informasi apapun yang dibutuhkan melalui #internet. Termasuk juga informasi mengenai bisnis, sangat mungkin dan sangat mudah didapatkan melalui internet. Tapi, jangan juga selalu terpaku menggunakan internet sebagi pedoman utama untuk mendapatkan informasi mengenai bisnis.

Buku juga masih sangat relevan untuk Anda jadikan reverensi dalam menggali informasi bisnis yang dibutuhkan. Karena masih banyak juga informasi yang tidak ada di media online, namun begitu banyak tersaji di buku. Ini sangat bagus untuk tambahan vitamin pada otak dalam berkreasi.

Artikel lain: 6 Buku Bisnis Yang Layak Anda Baca Untuk Jadi Pengusaha Sukses

2. Cari Rujukan Dengan Media Internet

Internet sangat banyak menyajikan informasi maupun panduan yang bisa Anda gunakan sebagai salah satu referensi bisnis Anda. Perbanyaklah membaca dan browsing untuk mendapatkan informasi-informasi baru dalam dunia bisnis. Dari banyaknya informasi yang teman-teman peroleh ini nantinya diharapkan bisa diolah dengan baik, sehingga bisa memacu kreatifitas Anda. Dari sini akan semakin memungkinkan bagi Anda untuk menggali ide-ide baru yang mungkin belum pernah ada sebelumnya, atau juga bisa dengan memadukan dari beberapa ide bisnis sehingga muncul ide kreatif baru yang lebih menjual.

3. Sering Nonton Berita Di TV

Berita di TV juga banyak menyajikan berbagai suguhan yang menarik. Mulai dari berita politik, ekonomi, olahraga atau berita ringan lainnya. Dengan semakin banyak Anda menonton berita di televisi, saya yakin akan semakin membuka cakrawala berpikir Anda. Kemungkinan Anda menemukan ide bisnis segar juga akan semakin bertambah dengan menyimak berbagai berita yang tersaji dari berbagai pelosok Indonesia, bahkan dunia.

4. Baca Berita Di Koran

Koran juga sangat bagus untuk dijadikan sumber inspirasi. Kadang berita di koran menyajikan beberapa kesuksesan bisnis seseorang yang belum pernah terekspose sebelumnya baik di TV maupun #media online yang lain. Media koran juga bisa menyampaikan ulasan berita dari pelosok-pelosok desa terpencil yang jarang tercover oleh media yang lain. Nah, informasi seperti ini akan sangat berharga bagi teman-teman, jadi jangan remehkan keberadaannya. Kadang kita bisa mengambil “sesuatu” darinya sehingga akan memungkinkan kita untuk menjadi seorang yang lebih kreatif.

5. Bergaul Dengan Banyak Orang

Selain mengambil informasi dari berbagai media, kita juga sangat disarankan untuk mengambil berbagai informasi dan pengalaman dari orang-orang yang sukses atau orang yang gagal. Jadi perbanyaklah pergaulan dengan berbagai macam orang. Dari situ kita akan banyak mendapatkan pelajaran penting, bergaul dengan mereka yang berkecimpung dalam bisnis juga akan membantu Anda menambah informasi baru. Dari sini tentu saja akan menambah bahan yang bisa diolah oleh otak Anda untuk membuat ide bisnis yang baru.

Baca juga: Mindset Yang Harus Dimiliki oleh Seorang Entrepreneur

6. Berpikiran Positif Dalam Menjalani Hidup

 Selalu berpikirlah dengan cara yang positif. Apapun keadaan atau kendala yang sedang Anda hadapi, pikiran positif akan sangat membantu Anda untuk menghadapi kesulitan tersebut. Dan, tidak menutup kemungkinan keadaan sulit justru akan memicu Anda untuk menemukan berbagai ide kreatif yang tidak terpikirkan oleh Anda sebelumnya.

Anggaplah hambatan dan rintangan sebagai sebuah #game yang harus bisa Anda selesaikan dengan baik. Jadi akan membuat Anda tertantang untuk menyelesaikannya dengan sempurna. Berpikir positif lebih bisa merubah kondisi sulit menjadi keadaan yang lebih mudah bagi Anda.

2 KOMENTAR

  1. Nice.. Makasih atas pencerahannya.. Smoga inspirasinya bs dimanfaatkan untuk menjalankan bisnis keluarga

  2. terima kasih atas artikelnya,,sangat menginspirasi sekali…
    salam sukses selalu :)

Tinggalkan Balasan