6 Cara Google Untuk Membuat Karyawannya Betah

Image dari Kinja-img.com

Image dari Kinja-img.com

Sebagai tempat mengembangkan kemampuan, karir dan bakat, perusahaan tentu memiliki peran yang sangat sentral bagi hidup seseorang. Saya sendiri sudah banyak merasakan bahwa pernyataan tersebut benar adanya. Entah apapun jabatan Anda dalam perusahaan, perusahaan haruslah menjadi rumah kedua bagi Anda yang nyaman dan menyenangkan.

Namun apa jadinya jika perusahaan tempat karyawan bekerja menjadi tempat seperti neraka yang sangat menjemukan? Jika hal ini banyak dialami oleh karyawan Anda di perusahaan, maka sebagai pemilik perusahaan tentu saja Anda harus segera berbuat guna memperbaiki apapun agar karyawan Anda betah.

Dengan lingkungan yang nyaman, maka karyawan pun akan akan betah dan selalu bersemangat serta produktif dalam pekerjaannya. Dengan situasi seperti itu maka roda bisnis di perusahaan pun akan berjalan dengan lancar dan perusahaan pun akan menjadi lebih maju. Hal inilah yang kemudian dilakukan oleh perusahaan-perusahaan teknologi yang berbasis di Silicon Valley, California, AS termasuk Google. Sebagai perusahaan raksasa di dunia digital, tentu saja Google tak ingin melepaskan aset karyawan-karyawan terbaiknya.

Artikel lain: Keren! Google Akan Gratiskan Akses Internet Seluruh Dunia, Caranya?

Maka dari itu perusahaan yang didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin ini selalu memprioritaskan karyawannya, salah satunya dengan cara membuat mereka betah bekerja di Silicon Valley. Lalu bagaimana cara yang dilakukan Google untuk menjadikan karyawannya betah? Berikut ulasannya.




1. Makanan dan Minuman Gratis

Cara pertama yang dilakukan #Google untuk membuat karyawannnya betah adalah dengan menyediakan manakan dan minuman gratis. Ya, lokasi kantor Google agak jauh dari restoran memang membuat Google harus menyiapkan stok makanan dan minuman yang lebih. Dengan konsep dapur modern, karyawan Google bisa menikmati makan siang, malam bahkan sarapan pagi secara gratis. Selain makanan, minuman dan snack pun bisa di nikmati tanpa bayar sepeser pun.

2. Fasilitas Kebugaran di dalam Kantor

Kebugaran tubuh para karyawan Google juga tak luput dari perhatian. Para karyawan Google yang ingin membuat tubuhnya bugar, mereka bisa menggunakan fasilitas gym dan kolam renang di lingkungan kantor Google secara gratis. Bahkan sukses karyawan telah menyelesaikan suatu proyek dengan baik, mereka bisa menikmati bonus pijat selama 1 jam dari therapist yang disewa Google. Jika tiba-tiba mersa tidak enak badan atau terluka saat bekerja para karywan juga bisa membuat janji dengan dokter di Googleplex.

3. Berikan Kebebasan Mengembangkan Passion

Dengan aturan 80/20 yaitu 80 persen waktu kerja di kantor dan 20 persen sisanya untuk mengerjakan proyek khusus sesuai passion karywan tentu akan membuat para karyawan mana pun lebih betah. Google sendiri telah menerapkan hal ini sejak lama. Menurut Google, kebanyakan #teknologi canggih itu justru berawal dari proyek-proyek “sampingan” para karyawan Google dalam program 20 persen tersebut.

4. Program TechStop

TechStop adalah unit tech-support yang dijaga oleh para spesialis TI terbaik di Googleplex. TechStop yang buka 24 jam sehari dalam seminggu bisa dimanfaatkan para karyawan Google yang kesulitan dengan hardware dan #software untuk meminta pertolongan. Di TechStop, para karyawan bisa akan dilayani dengan baik dari permasalahan besar seputar IT hingga permasalahan sepele seperti saat karyawan lupa membawa charger laptop dan lainnya.

5. Izin Cuti Melahirkan 

Bagi Google, anak dari para karyawan mereka merupakan bagian dari keluarganya yang akan membesarkan perusahaan. Maka dari itu, saat karyawan Google entah perempuan atau laki-laki yang isterinya akan melahirkan, maka mereka semua akan diberikan hak cuti.




Bagi Google laki-laki yang istrinya melahirkan, maka ia mendapatkan hak cuti selama 6 minggu. Sedangkan bagi Googler perempuan yang baru melahirkan, Google memberikan libur selama 18 minggu setelah sang anak lahir. Mereka semua yang sedang cuti ini akan tetap mendapatkan gaji penuh tanpa ada potongan apapun.

Baca juga: Google Project Jacquard dan Project Soli ~ Revolusi Interaksi Perangkat Digital 

6. Layanan Khusus Untuk Semua Karyawan Google

Terakhir, langkah Google untuk membuat karyawannya betah adalah dengan memfasilitasi mereka dengan beragam hal. Beberapa sarana dan fasilitas yang bisa dinikmati karyawan di kantor Google secara gratis adalah fasilitas pangkas rambut atau salon, fasilitas laundry dan dry cleaning, sarana permainan ping pong, biliar, foosball alias table football dan perlengkapan video #game serta fasilitas kecil lain yang sangat mendukung pekerjaan dan kehidupan yang nyaman bagi karyawan.



3 total comments on this postSubmit yours
  1. Artikel yang inspiratif. Terimakasih mas max.
    saya mo nanya. Kenapa link menuju kategori kok dikasih hastag? Penasaran.

    • hastag di kasi ke link yang menuju halaman tags terkait. Berbeda dengan link menuju halaman kategori. Pada dasarnya kategori dan tags itu hampir sama, bedanya kalo tag itu lebih fleksibel, satu artikel bisa memiliki 2-5 tag tapi satu artikel sebaiknya jangan lebih dari 1 kategori.

  2. sebenarnya langkah yg ditempuh google ini bagus lho, biar karyawannya lebih efektif dan efisien thd waktu. kalo karyawan berkualitas dan nyaman imbas positifnya tentu utk kelangsungan perusahaan itu juga.

    salam

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud