6 Blog Terbaik Sebagai Referensi Penulisan Fiksi dan Penerbitan Buku

Blog-Terbaik-Sebagai-Referensi-01

Sebagai sebuah aplikasi web, blog kini telah menjadi sarana favorit untuk mengekspresikan diri. Saking populernya, pertumbuhan blog saat ini bisa dikatakan cukup berkembang pesat. Salah satu blog yang juga mengalami pertumbuhan pesat karena menjadi bahan dan rujukan bagi para penulis adalah blog tentang penulisan fiksi dan penerbitan buku. Dalam satu hari sendiri, ribuan blog baru bisa didaftarkan dan muncul untuk meramaikan dunia blogging.

Karena banyaknya blog yang ada inilah maka kemudian ada beberapa blog yang kurang begitu professional dan tidak fair dalam memainkan blog, seperti melakukan copy paste dan lain sebagainya. Akibatnya, pembaca acapkali mengalami kebingungan saat ingin mendapatkan referensi blog yang paling baik dan terpercaya untuk dirinya. Untuk mendapatkan jawaban atas permasalahan ini, maka disarankan Anda untuk berlangganan RSS Feed pada blog yang tepat daripada sekedar mencarinya dengan mesin pencari.

Namun pertanyaanya blog mana yang harus diikuti untuk berlangganan. Berikut beberapa blog terbaik yang bisa Anda jadikan referensi untuk penulisan fiksi dan penerbitan buku tersebut.

Artikel lain: 7 Komponen Penting Untuk Mendukung Kesuksesan Blog

1. Aliventures (www.aliventures.com)

Blog pertama yang bisa Anda jadikan rujukan adalah blog Aliventures. Blog ini telah memiliki tingkat kredibilitas yang tinggi karena pemiliknya adalah seorang penulis novel Lycopolis dan trainer menulis yaitu Ali Lukas. Beberapa blog seperti problogger dan copyblogger seringkali mempublikasikan tulisannya.

Beberapa blogger menyukai konten-konten yang ada di Aliventures karena alasan kegiatan teknis penulisannya mudah dipahami dan bisa lansung diterapkan. Kini, blogger dan penulis yang bermukim di Inggris dan telah dikenal luas di blogosphere ini banyak memposting cara memanfaatkan internet dalam menunjang karir menulis.




2. Daily Writing Tips (www.dailywritingtips.com)

Sesuai dengan namanya, blog Daily Writing Tips (DWT) ini akan terus memposting setidaknya satu tips tentang penulisan pada setiap harinya. Bersama tim editorialnya yang memiliki kapabilitas di dunia tulis-menulis, sang pendiri DWT yaitu Daniel Scocco akan terus berusaha menjadikan blognya sebagai tempat referensi menulis fiksi dan penerbitan buku yang baik. Pada blog ini, tersedia beberapa kategori menulis yang terbilang lengkap seperti dasar-dasar menulis, tata bahasa, ejaan, penggunaan tanda baca, kosa kata, sampai gaya penulisan.

3. Lindsay Buroker (www.lindsayburoker.com)

Selain nama sebuah blog, Lindsay Buroker ternayata adalah seorang penulis cerita pendek dan novel fantasy. Wanita yang telah menerbitkan beberapa novel dalam format ebook ini juga aktif di blog yang memberikan banyak informasi tentang dunia penulisan dan penerbitan. Dalam banyak kesempatan Lindsay sering memposting tulisan yang memberikan pandangan tentang sebuah penulisan format e-book.

4. The Write Practice (thewritepractice.com)

Sebuah blog yang unik berikut ini juga bisa Anda jadikan langganan RSS Feed. Blog yang bernama The Write Practice (TWP) ini dikelola oleh Joe Bunting & Liz Bureman dengan pendekatan yang unik. Selain memberikan tips-tips diseputar kepenulisan dan penerbitan, diakhir setiap postingan, TWP seringkali memberikan tugas praktek menulis kepada pembacanya.  Menurut mereka, praktek menulis adalah hal yang mendasar bagi siapapun yang ingin bisa menulis.

5. The Book Designer (www.thebookdesigner.com)

Jika Anda seringkali sulit menembus penerbit reguler, maka tak ada salahnya untuk menerbitkan naskah Anda di jalur indie (self publishing). Salah satu referensi blog penerbitan Indie yang bisa Anda coba adalah The Book Designer (TBD) milik Joe Friedlander. Joe Friedlander sendiri adalah seorang designer buku handal yang berpengalaman sejak tahun ’70-an di industri penerbitan.

Melalui blog ini Anda akan diajarkan bagaimana cara yang baik dan benar untuk menerbitkan buku dan ebook. Panduannya sendiri cukup detail mulai dari tahap pra produksi, mendesain interior buku, cara membuat cover, pemilihan huruf,  pemakaian format cetak dan digital, hingga trik pemasaran buku.




Baca juga: Hypnotic Writing, Menghipnotis Pembaca Melalui Teknik Penulisan yang Persuasif

6. The Creative Penn (www.thecreativepenn.com)

Blog berikutnya sebagai tempat rujukan Anda adalah The Creative Penn (TCP). TCP sendiri dikelola oleh Joanna Penn, seorang penulis, blogger, pembicara dan trainer kursur menulis novel. Sebuah novel thriller-nya yang berjudul Pentecost pernah masuk daftar terlaris Amazon. Blognya sendiri pernah menjadi pemenang sebagai Top Ten Blogs For Writers 2011 – 2012. Melalui blognya ini, Joanna banyak memberikan panduan mengenai cara menerbitkan dan mempromosikan buku fiksi secara online.



8 total comments on this postSubmit yours
  1. Referensi ini menjadi penting buat saya belajar. Makasih.

  2. Membutuhkan usaha lebih untuk memahami isi konten blog-blog di atas… sangat bagus dan menginspirasi

  3. kalau untuk blog yang berbahasa Indonesia ada tidak Mas ????

  4. Artikelnya menarik. Ulas tema blogger-blogger yang sukses menjadi penulis buku juga dong… Terima kasih

  5. mas mau nanya, blog indonesia yang terbaik untuk dijadikan referensi ada gak ?

  6. bisa untuk menambah pengetahuan nih. mator nuwon Min

    adakah situs seperti diatas yg asli dari Indonesia ?

  7. Wah jadi terinspirasi membuat blog fiksi nih, thanks Max

  8. wah keren banget nie mas artikelnya menambah informasi tentang blogger

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2017 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud