6 Aplikasi Ini Akan Membantu Kita Menulis Artikel Lebih Maksimal

menulis artikel

“Bakat tidak akan berhasil jika tidak diiringi dengan kerja keras.”

Ungkapan tersebut tentu menjadi salah satu hal yang membuat kita mawas diri dan tekun belajar seumur hidup. Karena bakat yang kita miliki akan sia-sia bila tidak diasah dengan kerja keras dan semangat untuk terus belajar, termasuk bakat menulis yang tidak dimiliki semua orang.

Meskipun memiliki bakat menulis, tidak dapat dipungkiri kalau kita seringkali merasa kesulitan dalam menginterpretasikan ide-ide dan menulis artikel. Kadangkala kita merasa kesulitan untuk melakukan pemilihan kata, menggunakan teknik #SEO (Search Engine Optimization) atau mengalami sejumlah kesulitan lainnya.

Tapi sekarang kesulitan dalam menulis artikel konten tersebut bisa kita minimalkan jika kita bisa memanfaatkan keenam aplikasi ini dengan baik:

1. Unsplash

Biasanya saat menulis artikel, penulis membutuhkan gambar yang berkualitas untuk membuat nuansa yang ditimbulkan oleh tulisan menjadi lebih hidup. Nah, melalui #aplikasi Unsplash, para penulis konten bisa mendapatkan gambar dengan resolusi yang berkualitas secara gratis.




Dengan berlangganan aplikasi Unsplash, maka 10 gambar gratis akan dikirimkan setiap 10 hari sekali ke #email kita secara gratis. Mempercantik tampilan blog atau website jadi makin menyenangkan dengan ratusan gambar gratis dari database Unsplash.

Artikel lain: Tips Cara Menulis Artikel Yang Baik

2. The Readability Test Tool

Aplikasi ini memungkinkan kita untuk mengukur seberapa mudahnya tulisan kita untuk dibaca oleh seluruh kalangan umur setelah kita selesai menulis artikel. Berdasarkan jumlah kata dan kompleksitas jenis kata yang kita gunakan untuk membuat tulisan, maka Readability Test Tool akan membantu menghitung kompleksitas tulisan kita dengan menggunakan bantuan sistem algoritma.

Semakin sedikit jumlah suku kata per kata dan semakin rendah penggunaan kata-kata yang kompleks, maka suatu tulisan akan terasa semakin mudah dibaca dan bisa menjangkau para pembaca dengan rentang umur yang lebih luas.

3. Hemingway

Pada prinsipnya, Hemingway hampir sama dengan Readability Test Tool karena bisa mengukur kompleksitas suatu tulisan. Namun bedanya, Hemingway tidak menghitung jumlah suku kata per kata dan menganalisis penggunaan kata-kata yang kompleks.




Hemingway akan memberikan penanda dengan aneka warna untuk menandai kalimat yang terlalu panjang, penggunaan kata keterangan atau kesalahan kalimat pasif yang kita buat pada suatu tulisan. Bagi penulis yang tidak mahir merampingkan konten tulisan, Hemingway bisa menjadi salah satu solusi untuk membuat tulisan menjadi lebih ringkas dan nyaman untuk dibaca.

4. JetWriters

Pekerjaan yang menumpuk dan menuntut untuk cepat diselesaikan seringkali membuat penulis tidak sempat memeriksa kualitas tulisannya setelah selesai menulis artikel. Padahal kualitas tulisan adalah salah stau hal penting yang mendukung produktivitas pekerjaan.

Untuk mengatasi masalah ini, aplikasi JetWriters bisa membantu kita untuk melakukan koreksi tulisan. Dengan membantu menemukan kalimat yang tidak sinkron atau terlalu kompleks, penggunaan JetWriters membantu para penulis untuk mempertahankan kualitas tulisan sekaligus menyelesaikan pekerjaan secara efisien dan tepat waktu.

5. ZenPen

Banyak orang yang membutuhkan ketenangan untuk bisa menghasilkan karya-karya yang berkualitas. Misalnya musisi atau pelukis yang perlu menyendiri sebelum bisa menghasilkan karya-karya indah yang dikagumi banyak orang. Ternyata ada pula penulis yang membutuhkan hal yang sama agar bisa mempertahankan kualitas tulisannya secara konsisten.

Dengan alasan yang sederhana ini, ZenPen hadir sebagai aplikasi yang sangat sederhana berupa halaman kosong untuk mulai menulis artikel. Tidak ada pengaturan margin, pilihan jenis huruf atau menu toolbar lainnya yang harus diatur sebelum mulai menulis artikel. Yang perlu kita lakukan hanyalah fokus pada ide tulisan dan segera menuangkannya pada halaman kosong yang disediakan oleh ZenPen. Sangat simpel namun begitu bermanfaat.

Baca juga: 5 Kegiatan Untuk Mendapatkan Ide Menulis Postingan Blog

6. BrainyQuote

Menggunakan kutipan-kutipan dari tokoh terkenal atau kalimat ungkapan yang populer seringkali mendukung ketajaman suatu karya tulis. Kalau kita sedang bingung mencari kalimat ungkapan yang tepat, kita bisa segera mengakses BrainyQuote. Topik mengenai kutipan yang ingin kita cari bisa segera kita temukan dengan mudah melalui tema yang kita inginkan.

Database BrainyQuote akan membantu kita untuk segera menemukan kutipan atau kalimat ungkapan yang kita butuhkan.

Dunia menulis adalah dunia yang penuh imajinasi dan ide-ide kreatif tanpa batas. Bahkan dengan kehadiran 6 aplikasi ini, #teknologi semakin memudahkan kita untuk membuat tulisan yang berkualitas, simpel dan bermanfaat bagi banyak orang. Selamat mencari ide dan menuangkannya menjadi sebuah tulisan yang mengagumkan!



1 comment on this postSubmit yours
  1. Baru tahu saya kalau ada aplikasi seperti ini , terima kasih infornya blog maxmanroe

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2017 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud