6 Alasan Untuk Tetap Bersyukur Meski Kegagalan Melanda

bangkit dari kegagalan

Menjadi seorang yang sukses memang sesuatu yang kadang sangat sulit untuk dicapai. Meskipun sering kali kita sudah berusaha sekuat tenaga untuk menggapainya, justru kegagalan yang sering kita dapatkan. Kegagalan demi kegagalan sering membuat seseorang patah semangat dan bahkan mungkin membuatnya depresi.

Dalam bidang apa saja, kegagalan adalah momok yang dibenci oleh setiap orang, terlebih dalam dunia bisnis. Kegagalan seakan membuat kita menyesali semua yang telah kita perbuat sebelumnya, waktu, uang dan semuanya seperti menjadi sia-sia.

Pandangan pesimis seperti di atas adalah cara pandang mayoritas orang dalam menyikapi kegagalan. Namun cara memandang kegagalan dengan mindset yang pesimis tidak akan merubah apapun kecuali hanya akan menghabiskan energi Anda. Anda harusnya bisa bersyukur ketika mengalami kegagalan, berat memang. Namun ada nilai-nilai yang sebenarnya sangat penuh dengan #motivasi jika Anda mau menggalinya. Perhatikan ulasan di bawah ini.

1. Kegagalan Menunjukkan Kamu Bukanlah Pecundang

Jangan kecewa pada diri Anda sendiri ketika Anda mengalami kegagalan. Tidak ada yang perlu dikecewakan di sini. Kegagalan bukanlah akhir dari segalanya, gagal justru adalah waktu yang tepat untuk segera memulainya kembali.

Kegagalan sebenarnya adalah cara Tuhan untuk menunjukkan bahwa Anda bukanlah seorang pecundang. Karena pecundang adalah mereka yang tidak pernah melakukan sesuatu karena takut gagal. Jadi, bersyukurlah karena Anda masih diberi kegagalan, artinya Anda masih diberi kesempatan untuk menjadi pemenang bukan pecundang.

Artikel lain:

2. Gagal Itu Manusiawi

Dalam hal apapun, gagal adalah hal yang lumrah. Itu biasa terjadi, terlebih dalam dunia bisnis, menjadi tidak lumrah ketika Anda mengalami kegagalan lalu membuat Anda putus asa. Gagal adalah hal alami yang sangat manusiawi, selama Anda sudah mencobanya dengan penuh semangat.

Jangan pernah meratapi kegagalan Anda, karena bukan Anda saja yang mengalami kegagalan dalam hidup ini. Bahkan tokoh sekelas Thomas Alfa Edison pun pernah mengalami kegagalan.

3. Gagal, Berarti Tambah Pengalaman

Kegagalan akan membawa Anda kepada pengalaman yang semakin bertambah. Pengalaman sangat penting dalam segala lini kehidupan. Dalam bisnis apalagi, tentu saja dengan kegagalan yang pernah Anda lakukan akan menambah ilmu sendiri bagi Anda.

Jadikan kegagalan sebagai pelajaran yang sangat berharga untuk langkah Anda ke depan. Selalu mensyukuri apa yang Anda alami akan membawa Anda kepada keadaan yang lebih baik dari pada hanya meratapinya saja.




4. Kegagalan Menunjukkan Keberanian

Anda patut bersyukur ketika Anda pernah mengalami kegagalan. Kegagalan menunjukkan bahwa Anda adalah seorang pemberani, berani mencoba dan melakukan hal baru bisa jadi merupakan modal Anda yang paling berharga.

Tidak banyak orang yang memiliki mental seperti ini, kebanyakan orang takut mencoba sesuatu karena mereka lebih dulu takut dengan kegagalan. Jadi, jangan menyesalinya ketika Anda sedang mengalami kegagalan, percayalah, itu adalah satu langkah yang akan mendekatkan Anda dengan kesuksesan.

5. Kegagalan Mengajarkan Anda Tentang Menerima Kenyataan

Kegagalan bisa jadi adalah cara Tuhan untuk mengajarkan kepada Anda tentang kenyataan. Bahwa kenyataan tidak selalu sesuai dengan rencana yang kita buat. Seindah apapun rencana yang kita buat, namun sering kali kenyataan jauh dari apa yang kita rencanakan. Setiap kali Anda mengalami kegagalan, anggap bahwa itu semua adalah pelajaran berharga bagi Anda dalam melihat kenyataan.

Baca juga: Cara Mengubah Kegagalan Menjadi Kesuksesan Dalam Bisnis

6. Kegagalan Menjadikan Tahan Pukul

Menjalani profesi sebagai seorang pengusaha pasti tidak bisa dipisahkan dari risiko. Karena dalam setiap langkah yang Anda buat pasti akan mengandung berbagai macam risiko. Tidak semua yang Anda kerjakan akan menghasilkan sesuatu yang menyenangkan, hal-hal yang menyedihkan tentu juga akan Anda alami entah kapan.

Salah satu yang menyedihkan adalah kegagalan, ketika Anda sama sekali tidak pernah mengalami kegagalan sebelumnya, maka ketika suatu saat Anda gagal, tentu akan menyakitkan. Namun, jika Anda pernah mengalami sebelumnya, maka itu bukan hal baru lagi untuk Anda.

Kegagalan memang sangat menyakitkan, tapi ketika Anda menghadapinya dengan penuh rasa syukur, maka Anda akan menemukan banyak hikmah di dalamnya. Semua orang tentu pernah mengalami kegagalan, hanya bagaimana cara menghadapinya yang membedakan hasil akhirnya.



4 total comments on this postSubmit yours
  1. Menurut ane 1 lagi gan, meski gagal dalam melakukan sesuatu, kita mesti bersyukur jika kita masih diberi kehidupan, dengan adanya kehidupan kita masih bisa untuk mencoba lagi….

    • setuju sekali gan, gagal bukanlah akhir kehidupan, selama kita masih hidup artinya masih ada kesempatan yang lain untuk mencoba lagi

  2. mas max saya mau tanya. saya mempunya website jual beli laptop. berbasis wordpress. gmn caranya postingan baru di letakkan di belakang ?apa ada caranya? selama ini saya cm menggunakan sticky. kalau barang saya laku,yg postingan lama belum laku saya sticky. apa ada cara lain mas?agar tidak sticky satu2 :D

    trims

    DokterLaptop

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud