5 Tweet Yang Perlu Dihindari Pebisnis, Maksimalkan Twitter Anda

Tweet-Yang-Perlu-Dihindari-Pebisnis

Media sosial kini telah menjadi bagian besar dari kehidupan semua orang. Mulai dari para pejabat, artis, pebisnis hingga masyarakat biasa, semua melibatkan dirinya di dunia media sosial. Media yang sangat nyaman untuk berbagi dan menunjukkan eksistensi ini memang telah menjadi pilihan utama masyarakat modern dengan pertumbuhan yang sangat pesat. Diantara #media sosial yang memiliki pengguna yang besar adalah Twitter.

Media sosial 140 karakter ini adalah pilihan banyak orang, tak terkecuali para artis, pejabat dan para pebisnis atau pengusaha. Meski bukan media sosial berkonsep jaringan professional layaknya LinkedIn, #Twitter masih menjadi media sosial pilihan favorit pilihan para pebisnis atau pengusaha. Namun sayang dari bayaknya tweet yang di-share oleh para pebisnis ini, tidak sedikit tweet yang tidak semestinya dibagi atau diposting.

Tweet bagi seorang entrepreneur memang bukan sesuatu yang tidak bisa dianggap biasa. Hal ini disebabkan karena pebisnis yang merupakan salah satu orang yang akan disorot publik dari pelanggan hingga masyarakat umum. Maka dari itu, jika Anda seorang pebisnis, maka Anda harus berhati-hati saat Anda akan melakukan posting di Twitter agar nama baik Anda tetap terjaga.

Lalu seperti apakah tweet yang baik dan layak bagi seorang pebisnis tersebut? Berikut 5 Tweet yang perlu dihindari oleh para pebisnis.

Artikel lain: Cara Membuat Akun Twitter Baru Dengan Cepat

1. Tweet Kegiatan Sehari-hari

Tweet pertama yang sebaiknya dihindari oleh para pebisnis adalah tweet tentang kehidupannya sehari-hari, seperti “sedang makan” atau “akan istirahat” atau “sedang perjalanan pulang” dan lain sebagainya. Tweet-tweet semacam ini jelas akan menggambarkan diri Anda sebagai orang yang kurang berbobot dan tidak efektif.

Sebagai seorang pebisnis Anda akan dikenal publik sebagai orang yang efektif dan tidak buang-buang waktu dalam seluruh kegiatan Anda. Maka cobalah Anda hindari tweet seperti ini agar reputasi Anda tetap terjaga dengan baik dan Anda tidak dikenal sebagai orang yang katrok atau latah sebagai pengguna media sosial.

2. Tweet Mengeluh

Media sosial memang sarana yang efektif untuk berbagi kisah suka dan duka. Kehidupan manusia yang tidak luput dari cerita duka ini seringkali dibagi atau dishare di media sosial termasuk Twitter.

Namun bagi Anda seorang pebisnis, cobalah sebisa mungkin untuk tidak membagi keluh kesah Anda di twitter. Pebisnis yang dikenal sebagai orang yang tangguh menghadapi berbagai persoalan akan dianggap bukan lagi pebisnis jika selalu mengeluh di media sosial termasuk Twitter.

Artikel lain: Hati-hati Dgn Konten Seperti Ini di Facebook atau Twitter

3. Tweet Eksistensi

Sebagai pebisnis Anda akan dikenal sebagai orang yang punya banyak ilmu, baik secara teori maupun pengalaman. Namun hal ini akan seketika runtuh jika Anda seringkali melakukan tweet yang tidak berbobot yang terlalu mengedepankan eksistensi (keberadaan diri) Anda.




Beberapa tweet seperti “hai semua” atau “selamat pagi dunia” atau mungkin juga “apa kabar semua” ini mungkin biasa saja, namun bagi seorang pebisnis alangkah baiknya jika Anda membag tweet yang berbobot dan berkualitas. Tweet-tweet yang berkualitas seperti ini jelas akan meningkatkan kompetensi Anda sebagai seorang pebisnis handal.

4. Tweet Fanatisme

Dalam hidup seorang manusia memang tak akan lepas dari sebuah pilihan dan keberpihakan pada suatu golongan atau kelompok tertentu. Hal ini juga tak terlepas dari kehidupan seorang pebisnis. Maka jika demikian, janganlah Anda terlalu menunjukkan bahwa Anda berpihak pada salah satu golongan atau kelompok tertentu dalam tweet Anda. Ini akan berakibat buruk pada nama baik dan bisnis Anda.

Anda harus ingat bahwa para klien atau pelanggan Anda juga seorang manusia yang memiliki keberpihakan tertentu pula. Jika Anda melakukan tweet yang seperti ini bukan tidak mungkin para pelanggan Anda yang tidak satu golongan dengan Anda kabur dari Anda dan berpindah ke yang lain. Maka dari itu usahakan sebisa mungkin bersikap netral untuk urusan terkait fanatisme seperti ini.

Baca juga: Cara Menambah Followers Twitter Dengan Cepat

5. Tweet Pamer Kesuksesan

Tweet berikutnya yang harus dihindari pebisnis adalah tweet yang berkisah hanya seputar tentang kesuksesan Anda. Memang sangat menyenangkan membagi kisah sukses di media sosial. Namun perlu Anda ketahui bahwa tak selamanya kisah sukses yang di-share memiliki timbal balik yang baik.

Jangankan berkali-kali, tweet pamer sukses satu-dua kali saja bisa membuat kesan sombong muncul dari publik kepada  Anda. Kesan sombong yang muncul ini tentu saja akan membuat nama baik Anda menjadi buruk. Bagaimana menurut Anda?



8 total comments on this postSubmit yours
  1. mas, kalo kita nge-twit lalu ada comment yang kurang bagus.

    misalnya saya berbagi tips futsal nih. karena saya melihat ada peluang saya untuk nge-twit tips.

    tapi saya di balas “sorry sudah jago”.
    apakah saya balas atau tidak yah?

    baru belajar Mr

    • Ada dua pilihannya, dibalas dan tidak hehehe. Kalau mau membalas tweet yang kurang bagus, tweet kata-kata bernada datar saja, misalnya “OK terimakasih” “Ok, Semoga sukses” “Ok, bagi tipsnya dong” dan lain-lain. Tweet bernada bersahabat akan membawa dampak positif untuk jangka panjang :)

  2. Mulai sekarang mari kita hindari hal tersebut :/

  3. Terima kasih ini artikelnya. Panduan ini sangat membantu untuk mem-filter apa yang sebaiknya boleh atau tidak boleh di akun twitter bisnis. Saya melihat, ada juga yang bikin nama akun twit untuk humor, tapi sebetulnya dia akun jualan barang.

    Saya ada twitter dan juga website pribadi.
    Terima kasih.

  4. Kalau tweet pakai hastag #savehajilulung apa perlu dihindari juga ghan buat pebisnis ?

  5. wajar lah sekali kali mah :D, lagian juga mereka tahu kok kalau seorang pebisnis itu kebanyakan penjahat ;) wkakwkwk! kalau menurut ane sih, wajar wajar aja! tapi yah jangan keseringan juga! tapi kalo kita ngetweet atau ngeblog kaya situs2 bisnis besar! kalo menurut gw, malah gak ada unsur manusiawinya :)

  6. Tweet Pamer Kesuksesan <—— NOTED mas hahahaha

  7. hahaha,, enak mlihat percakpan burungny mas,
    mkash mas infonya

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud