5 Tips Untuk Menunjang Kualitas Inovasi Dalam Bisnis

Inovasi-Dalam-Bisnis

Bisnis adalah kegiatan yang membutuhkan usaha keras dan kreativitas tinggi. Apalagi di zaman sekarang, dengan semakin banyaknya jenis usaha yang dijalankan orang semakin membuat tingkat persaingan di dunia bisnis semakin ketat. Kreativititas yang dijalankan dengan cara berinovasi ini mutlak dilakukan untuk semua perusahaan, baik perusahaan baru atau perusahan besar sekalipun. Hal ini dikarenakan dunia bisnis yang sangat dinamis tak menjamin siapapun dapat bertahan dan sukses menjalankan bisnisnya dalam waktu yang lama.

Inovasi yang merupakan senjata utama untuk menjalankan roda bisnis kini menjadi sesuatu yang amat berharga. Bagaimana tidak, hampir disemua perusahaan saat ini ada tim khusus dalam menciptakan kreasi dan inovasi. Tim yang dibeberapa tempat disebut dengan tim kreatif ini akan bekerja menciptakan inovasi-inovasi untuk bisa menembus pasar.

Namun dalam banyak kasus sayangnya inovasi tak selalu membuahkan hasil. Hal ini disebabkan karena inovasi yang dijalankan tidak memiliki kualitas. Karena itu, dalam bisnis kualitas inovasi ini sangat penting. Lalu seperti apakah hal-hal yang bisa menunjang kualita inovasi dalam bisnis ini? Berikut ada lima tips yang bisa Anda lakukan untuk mewujudkannya.

Artikel lain: 6 Tips Mengatasi Stagnasi Dalam Bisnis, Lakukan Sekarang!

1. Jangan Terjebak Mitos Inovasi

Yang seringkali terjadi pada tim inovasi atau tim kreativitas adalah terjebak konsep atau mitos bahwa mereka harus menghasilkan sesuatu yang baru. Inilah hal yang sebenarnya konsep yang kurang tepat dan harus diubah. Inovasi dalam bisnis bukan berarti Anda harus menghasilkan sesuatu yang baru.

Berinovasi bisa juga dilakukan dengan melakukan hal sama yang pernah dilakukan sebelumnya asal dilakukan dengan tepat dan terarah. Namun jika bisa berikan sentuhan dan hal yang unik pada sesuatu yang Anda inovasikan. Sesuatu yang unik ini akan membuat inovasi Anda dinilai sebagai sesuatu yang bernilai dan menarik pasar.




2. Dengarkan Semua Pendapat

Meski Anda sendiri sebagai pemilik bisnis (owner), Anda harus mau mendengarkan pendapat dari siapapun, termasuk karyawan Anda sebelum mengeksekusi sebuah inovasi. Seorang inovator harus memiliki sikap terbuka pada semua saran dan kritik. Bila perlu Sebelum memutuskan sebuah inovasi yang akan digunakan, Anda melakukan survey pasar.

Dengarkan semua hal yang diinginkan oleh pasar dan konsumen Anda. Dengan  banyaknya data dan informasi yang ada, Anda akan bisa menetapkan inovasi yang pas dan tepat untuk kemajuan bisnis dan perusahaan Anda.

3. Rencanakan Dengan Cermat

Setelah Anda telah memiliki sebuah inovasi untuk dieksekusi, maka langkah berikutnya Anda harus merencanakannya dengan cermat. Anda tak boleh terburu-buru untuk mengeksekusi ide inovasi tersebut. Tentukan waktu dan momentum yang tepat untuk mengeksekusi inovasi itu. Inovasi memang sangat penting karena inovasi akan berpengaruh besar dalam perjalanan bisnis Anda kedepan. Maka dari itulah Anda harus cermat dalam mengeksekusi ide inovasi Anda ini.

Pilih tim eksekutor yang handal dan memiliki keahlian pada bidangnya. Selain itu, Anda juga harus punya rencana perhitungan pengeluaran dan penghasilan yang didapat serta agenda untuk mengevaluasi hasil inovasi tersebut.

4. Awasi Dan Terlibatlah

Saat inovasi sudah memasuki tahap eksekusi, Anda sebagai pemilik bisnis yang juga sebagai bagian tim inovasi tak boleh lepas tangan. Anda harus melakukan pengawasan terhadap tim eksekutor Anda dalam menjalankan inovasi ini.




Jika memungkinkan, Anda bisa ikut terjun ke lapangan menjalankan eksekusi inovasi yang ada. Dengan pengawasan dan keterlibatan ini Anda akan mengetahui dengan detail dan secara langsung perjalanan eksekusi inovasi Anda dengan segala kendala dan tantangan-tantangannya.

Baca juga: 10 Etika Dalam Berbisnis, Sudahkah Anda Memilikinya?

5. Evaluasi Dan Tindaklanjuti

Setelah tahapan demi tahapan proses eksekusi inovasi di lapangan telah dijalankan, Anda perlu melalukan evaluasi.  Agendakan kegiatan evaluasi ini secara rutin sesuai keinginan Anda. Jika bisa, jangan terlalu lama jarak waktu untuk agenda evalusia ini.

Kegiatan evaluasi ini sangat bermanfaat dan berguna bagi Anda dan bisnis Anda tentunya, karena dengan evaluasi, Anda akan memperoleh hal-hal yang perlu diperbaiki agar inovasi semakin tepat sasaran dan efektif. Setelah evaluasi dilakukan jangan lupa untuk memberikan tindak lanjut terhadap hasil evaluasi yang ada. Ini akan membuat konsep inovasi Anda terarah dengan baik dan benar.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud