5 Tips Sukses Menjadi Seorang Admin Media Sosial

Image dari Newbieauthorsguide.com

Image dari Newbieauthorsguide.com

Pertumbuhan teknologi, #internet dan media sosial saat ini memang telah banyak memunculkan fenomena-fenomena baru. Salah satu fenomena baru di dunia digital tersebut adalah munculnya profesi anyar dengan pekerjaan-pekerjaan yang berkaitan dengan media sosial.

Salah satu profesi tersebut adalah admin #media sosial yang kemudian penyebutanya berkembang menjadi media sosial marketer dan media sosial specialist. Saya sendiri mengetahui profesi ini dari beberapa lowongan pekerjaan yang telah tersebar di beberapa media cetak, elektonik dan online.

Mengenal Fungsi Media Sosial Specialist

Siapakah mereka para media sosial specialist tersebut? Dalam sebuah sumber dinyatakan bahwa mereka adalah seorang admin media sosial yang bertanggung jawab terhadap performa media sosial sebuah instansi atau perusahaan. Selain meningkatkan performa, para admin media sosial ini juga sering di beri tanggung jawab mendongkrak nilai jual perusahaan di mata para pengguna media sosial.

Media sosial kini memang menjadi sebuah sarana yang efektif bagi perusahaan untuk menjaring lebih banyak konsumen. Maka tak ayal bila kemudian perusahaan ingin media sosialnya dikelola secara serius dan profesional dengan melibatkan para admin media sosial. Bagi Anda yang ingin menjadi admin media sosial  yang sukses tentu Anda perlu memahami seluk beluk profesi ini.

Artikel lain: Mengelola Media Sosial Untuk Bisnis, Anda Membutuhkan Kemampuan Ini

Menjadi admin media sosial memang tidak melulu hanya di depan komputer menelusuri #Facebook dan Twitter. Ada banyak hal lain yang harus Anda dipenuhi sebagai seorang admin media sosial. Berikut beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk bisa menjadi admin media sosial yang baik dan sukses.

1. Kenali Profil Perusahaan 

Tips pertama untuk sukses menjadi admin media sosial adalah mengenali dengan baik perusahaan yang Anda kelola media sosialnya. Pelajari sejarahnya, profil secara umumnya, struktur perusahaan, visi dan misi, dan lain-lainnya secara mendalam dan menyeluruh. Dengan pemahaman ini Anda akan lebih mudah untuk mengembangkan konten-konten Anda saat memposting sesuatu atau berkomunikasi dengan pengguna di media sosial.

2. Pahami Produk dan Merek Perusahaan dengan Baik

Dalam kaitannya dengan produk dan merk/brand bisnis, seorang admin media sosial memang dituntut lebih untuk menguasai seluk beluknya. Hal ini dikarenakan, perusahaan sebagai penggerak bisnis tentu ingin bahwa strategi apapun yang dijalankan, termasuk dalam strategi media sosial akhirnya bisa mendongkrak penjualan dan omzet. Maka dari itu penguasaan seorang admin media sosial terhadap brand produk sangatlah krusial dan penting.

3. Ketahui Target Market Perusahaan 

Setelah profil perusahaan dan produk sudah Anda pelajari dengan baik, maka Anda perlu mempejari target pasar dari produk perusahaan tersebut. Hal ini penting untuk Anda karena dengan memahami target pasar, Anda sebagai admin media sosial bisa menyesuaikan diri saat berkomunikasi dan berinteraksi dengan para konsumen dan member di jejaring sosial.

4. Ciptakan Sapaan Unik Bagi Followers

Salah satu kunci sukses menjalin komunikasi dan interaksi dengan para pengguna media sosial, terutama dengan para fans perusahaan adalah mengetahui sebutan khas dari para member atau fans tersebut. Sebuah produk dan perusahaan memang seringkali memiliki fans yang memiliki sebuatan tersendiri. Maka ketika Anda sebagai Admin media sosial, seharusnya menggunakan sebutan atau panggilan khas ini sebagai cara sukses mendekatkan Anda dengan para fans.




Baca juga: Menjaga Reputasi Bisnis Online Itu Penting Lho

5. Prioritaskan Akun Media Sosial Perusahaan

Terakhir, tips untuk bisa sukses menjadi seorang admin media sosial adalah mampu mendahulukan tugas mengelola akun media sosial perusahaan daripada akun dirinya sendiri. Seorang admin media sosial memang memiliki akses yang sangat besar pada media sosial. Hal yang kemungkinan besar tak bisa dimiliki oleh pekerja lain di kantor atau perusahaan tersebut.

Akses yang sangat besar pada media sosial inilah yang seringkali membuat para admin media sosial terlena dan akhirnya terjebak dengan keasyikan memainkan akun media sosial miliknya sendiri. Untuk bisa sukses, tentu saja Anda tak bisa mencampuradukkan kepentingan pekerjaan dengan diri sendiri. Anda harus profesional dengan profesi Anda untuk lebih memprioritaskan untuk mengelola akun media sosial perusahaan atau instansi yang mempekerjakan Anda.



4 total comments on this postSubmit yours
  1. hemm, gan untuk mendapatkan pekerjaan kayak gini, kita harus update informasi apa biar engga ketinggalan? terima kasih telah berbagi :)

  2. – Saya baru dengan istilah admin media sosial ini, apakah ada istilah lainnya?
    – Apakah ada “TRIK” cara khusus untuk menjadi admin medsos ini, misal menggunakan bot ?

    Artikelnya sangat memberi pencerahan dan menambah pengetahuan tentunya. Thanks ya

  3. Apakah ada perbedaan admin sosial media untuk personal dan perusahaan ya?
    terima kasih

    • Pasti beda mas, cara berkomunikasi dengan komunitas online tentu tidak sembarangan apalagi kalau membawa nama perusahaan. Biasanya akun media sosial perusahaan berbentuk fans page yang ditangani oleh orang tertentu, tentu isi postingan dan cara membalas komentar tidak boleh seperti akun pribadi.

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud