5 Tips Sukses Membuka Bisnis Kursus Mengemudi Mobil

5 Tips Sukses Membuka Bisnis Kursus Mengemudi Mobil

bisnis kursus mengemudi

Harga mobil yang semakin bersaing dan pembayaran secara kredit yang juga menyertainya, membuat keberadaan mobil semakin meningkat karena pembelian yang tinggi. Dalam situasi seperti ini, beragam usaha yang berkaitan dengan kendaraan beroda empat ini pun juga akan ikut terkena imbasnya.

Salah satu usaha yang berhubungan dengan keberadaan mobil adalah bisnis jasa pelatihan atau kursus mengemudi mobil. Peluang mendapatkan keuntungan dari bisnis ini sangat terbuka lebar karena banyaknya kasus pembeli mobil yang ternyata masih belum bisa mengemudikannya dengan baik.

Namun untuk menjadi sukses, usaha jasa pelatihan atau kursus pelatihan mobil ini tetap membutuhkan pengelolaan dan strategi bisnis yang cemerlang. Bagi Anda yang tertarik membuka jasa kursus mengemudi mobil, Anda bisa mempraktikkan beberapa tips dalam menjalankan usaha ini berikut ini.

Artikel lain: Peluang Bisnis Musim Mudik Lebaran Yang Patut Anda Coba

1. Persiapkan Mobil Dengan Cermat

Tips pertama dalam membuka bisnis kursus mengemudi mobil adalah dengan mempersiapkan komponen utamanya yaitu mobil. Untuk bisa sukses dalam usaha ini, Anda juga perlu cermat dalam pemilihan mobil yang akan Anda gunakan.

Belilah mobil yang sesuai kegunaan usaha dan bukan untuk keperluan pribadi. Ingat yang Anda lakukan adalah berbisnis, bukan tamasya bersama keluarga atau pergi ke kantor. Maka belilah mobil yang tepat, nyaman dan jika bisa yang berkapasitas banyak. Paling tidak dalam sekali mengajar, Anda bisa membawa maksimal tiga orang.

Dalam pengadaan kendaraan beroda empat ini, Anda juga tak harus membeli yang baru. Anda bisa lebih berhemat dengan cara membeli mobil bekas yang kondisinya masih bagus. Cara lain untuk berhemat adalah membelinya dengan pembayaran secara kredit. Jangan lupa juga untuk melakukan memodifikasi mobil dengan menambahkan pedal kopling dan rem bagi instruktur mengemudi.

Hal ini dimaksudkan sebagai usaha untuk membuat para konsumen yang sedang kursus merasa Aman saat berlatih dan juga untuk menyelamatkan mobil Anda dari hal-hal yang tidak diinginkan saat dipakai untuk menjalankan latihan.

2. Asuransikan Mobil Anda

Meskipun Anda telah memodifikasi sedemikian rupa mobil Anda untuk penunjang keselamatan, namun hal ini tak akan menjamin 100% keselamatan Anda saat berkendara. Maka dari itu Anda membutuhkan #asuransi.

Belilah asuransi yang memiliki tipe All Risk dengan perluasan perlindungan penumpang. Asuransi jenis All Risk ini juga berdampak pada kepercayaan konsumen. Dengan adanya asuransi, Anda akan merasa tenang dan nyaman untuk menjalankan bisnis pelatihan mengemudi ini.

3. Cari Guru Pengemudi yang Profesional

Setelah komponen utama telah siap dan komplit beserta asuransinya. Maka langkah berikutnya adalah mencari guru pengemudi. Anda tentu tak akan mampu untuk mengurus semua pelanggan yang ada. Maka untuk itu carilah guru pengemudi yang telah mahir dan tersertifikasi untuk membantu Anda dalam bisnis kursus mengemudi mobil ini.

Selain mahir dan tersertifikasi, jangan lupakan juga untuk mencari guru yang sabar dan tekun. Untuk kebutuhan guru pengemudi ini, Anda bisa menyesuaikannya dengan jumlah mobil yang Anda miliki.

4. Pilih Lokasi yang Tepat

Tips berikutnya untuk membuka bisnis kursus mengemudi mobil dengan sukses adalah memilih lokasi usaha yang tepat dan strategis. Tentu saja dengan keberadaan beberapa mobil yang Anda miliki perlu space dan akses menuju jalan besar secara langsung. Maka lokasi tepat di depan jalan besar dan perkotaan adalah area yang pas untuk menjadikan usaha ini berjalan lancar.

Selain untuk kelancaran usaha, lokasi yang strategis ini akan memudahkan Anda dalam urusan promosi secara langsung guna menjaring konsumen. Hal ini disebabkan akses jalan besar akan seringkali terlihat oleh banyak orang saat berlalu-lalang di depan tempat Anda.

Baca juga: Bisnis Agen Tiket Pesawat ~ Melesat Bersama Peluang yang Menjanjikan

5. Berikan Standar Kursus Mengemudi yang baik

Tips terakhir untuk sukses membuka usaha pelatihan mengemudi mobil adalah dengan memberikan standar latihan yang baik. Standar latihan memang sangat penting untuk Anda miliki agar konsumen merasa yakin bahwa tempat Anda adalah tempat yang bagus untuk belajar mengemudi.

Terkait standar ini, Anda harus membekali dahulu para calon peserta dengan teori dasar dalam mengemudi serta pengetahuan mengenai rambu-rambu lalu lintas sebelum terjun ke lapangan. Saat praktik mengemudi dilakukan, Anda juga harus mengawalinya di tempat-tempat yang aman seperti di lapangan luas atau jalan raya yang sepi.

Barulah setelah dirasa sudah mulai lancar, Anda bisa membawa konsumen ke jalan raya yang agak padat. Ajarkan semua tahapan teknik dasar mengemudi yang ada secara berurutan dan dengan jelas.

TIDAK ADA KOMENTAR

Tinggalkan Balasan