5 Tips Sukses Jalankan Bisnis Bahan Bangunan

Image dari nxgen.com

Image dari nxgen.com

Bangunan rumah adalah sebuah kebutuhan dasar manusia yang kini mengalami permintaan yang begitu tinggi. Tidak hanya hunian, beberapa bangunan lain seperti ruko, gedung dan infrastrukstur pendukung juga terus mengalami pertumbuhan yang pesat dan signifikan.

Dari sini permintaan akan bahan bangunan untuk mendirikan bangunan tersebut juga akan ikut terdongkrak karena pembangunan yang pesat tersebut. Maka tidak salah jika dikatakan bahwa bisnis bahan bangunan merupakan salah satu bisnis yang memiliki prospek yang potensial besar dan menguntungkan kedepannya.

Beberapa pelaku bisnis bahan bangunan sendiri mengakui bahwa kondisi sekarang sangat menguntungkan mereka karena para pelaku produk mereka laris manis oleh banyaknya permintaan yang datang dari konsumen. Berbisnis bahan bangunan memang merupakan pilihan tepat bagi Anda yang masih binggung untuk memilih bidang bisnis.

Artikel lain: Bisakah Membangun Bisnis Properti dengan Modal Minim?

Meskipun bukan merupakan binsis baru dan telah memunculkan persaingan yang cukup ketat, namun melihat potensi pasar yang cukup besar membuat  bisnis ini sangat berpeluang mendatangkan untung besar. Jika Anda tertarik dengan bisnis bahan bangunan ini, Anda bisa mulai bergerak dengan mengaplikasikan bebarapa tips suksesnya berikut ini.




1. Lokasi Usaha yang Strategis

Tips pertama untuk sukses menjalankan bisnis bahan bangunan adalah dengan menempatkan lokasi usaha di tempat yang strategis. Lokasi strategis memang sangat penting untuk Anda bisa mendapatkan konsumen sebanyak mungkin.

Maka dari itu pilihlah tempat atau lokasi yang benar-benar tepat dan strategis misalkan di jalan besar, dekat pemukiman atau perumahan atau dekat dengan proyek pembangunan. Dengan lokasi yang strategis, Anda akan dapat dengan mudah mendapatkan pembeli dan keuntungan pun akan segera menghampiri Anda.

2. Lakukan Promosi dan Adakan Promo

Ketika Anda baru saja membuka toko bahan bangunan Anda, tentu Anda tak bisa berdiam diri menunggu pembeli datang. Anda harus bergerak jemput bola untuk menjaring pembeli Anda. Maka dari itu kegiatan promosi atau memperkenalkan diri ke publik adalah sesuatu yang mutlak Anda lakukan untuk bisa mengawali langkah bisnis dengan sukses.

Anda bisa melakukan kegiatan promosi ini dengan berbagai cara seperti memasang banner, baliho, spanduk atau mengundang warga untuk meresmikan toko Anda. Dengan adanya hal-hal itu, toko bahan bangunan Anda akan segera dikenal dan mendapat respon yang lebih besar.

Pada tahapan berikutnya setelah toko Anda dikenal, maka Anda bisa mengadakan kegiatan promo seperti memberikan potongan harga atau voucher belanja untuk pembelian di atas harga tertentu. Selain itu, kegiatan promo juga bisa Anda lakukan dengan memberikan bonus berupa kalender atau jam dinding pada tiap periode tertentu.




3. Perhatikan Kebutuhan Pasar

Kebutuhan pasar pada waktu atau periode tertentu bisa saja mengalami perubahan. Seperti jika musim penghujan, maka akan datang banyak pemintaan pasar akan genting, pipa dan cat penutup bocor. Namun jika musim panas, maka bahan bangunan tadi akan menurun dan beralih pada bahan bangunan lain seperti cat, semen, pasir, batu bata, serta besi dan lainnya karena akan banyak orang memanfaatkan momen ini untuk membangun rumah dan bangunan lainnya.

Maka dari itu sebagai pebisnis, Anda harus mampu mengamati kondisi dan kebutuhan pasar setiap waktu agar Anda bisa melakukan persediaan barang yang lebih banyak untuk produk yang sedang banyak dibutuhkan tersebut.

4. Berikan Pelayanan yang Ramah dan Memuaskan

Berikutnya, tips untuk membuat bisnis bahan bangunan Anda mendapatkan untung besar adalah dengan memberikan pelayanan yang ramah dan memuaskan konsumen. Jangan terlalu membeda-bedakan konsumen yang datang ke toko Anda.

Meskipun mereka yang datang hanya sekedar melihat-lihat dan bertanya saja, Anda juga harus melayaninya dengan baik. Layani mereka semua dengan sepenuh hati dan dengan sebaik-baiknya. Dengan pelayanan yang baik ini, konsumen akan puas dan tak akan kapok untuk terus belanja bahan bangunan ke toko Anda.

Baca juga: Menguak Potensi Industri Ride Sharing Di Indonesia

5. Sediakan Produk Berkualitas

Terakhir, tips untuk sukses dan mendatangkan untung besar pada bisnis bahan bangunan adalah dengan menyediakan produk yang baik dan berkualitas. Jangan hanya ingin mengeruk keuntungan besar yang sesaat, Anda lantas menjual produk yang kualitas rendah dan menjualnya dengan harga mahal. Bisnis yang dijalankan dengan konsep yang demikian biasanya tak akan bertahan lama dan cepat gulung tikar.

Maka dari itu untuk menjamin bisnis bahan bangunan Anda bertahan langgeng, Anda tak boleh ragu untuk menghadirkan produk-produk yang baik dan berkualitas. Memang akan ada produk yang memiliki kualitas yang kurang, namun dalam bisnis ini Anda harus jujur dan tak boleh menipu konsumen dengan menjualnya dengan harga mahal.



1 comment on this postSubmit yours
  1. Bisa dijadikan ide untuk pemula yang ingin berbisnis,, makasih

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud