5 Tips Sukes Membuka Bisnis Co-Working Space

5 Tips Sukes Membuka Bisnis Co-Working Space

Membuka-Usaha-Co-Working-Space

Konsep kantor bersama (co-working space) kini memang sedang bertumbuh, terutama di kota-kota besar. Kesedian lahan yang semakin terbatas terutama di kota-kota besar jelas menjadi peluang besar untuk mengembangkan persewaan kantor.

Bisnis yang menawarkan tempat dan kantor yang nyaman dan menyenangkan tentu bisa menjadi pilihan buat Anda yang ingin membuka usaha. Namun untuk bisa sukses dalam bisnis Co-working space, kita tak bisa sembarangan menjalankannya. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait co-working space itu sendiri. Dan beberapa hal yang perlu diperhatikan tersebut antara lain:

Artikel lain: Co-working Space, Inovasi Konsep Ruang Kerja Modern

Mengetahui Konsep Co-Working Space Dengan Benar

Karena bisnis co-working space ini merupakan konsep bisnis yang baru, maka hal pertama yang perlu kita perhatikan untuk bisa sukses dalam usaha ini adalah dengan mengetahui konsep co-working space itu sendiri dengan baik dan benar. Tanpa pengetahuan awal yang baik co-working space sangat kecil kemungkinan usaha ini akan sukses. Lalu apa co-working space itu sendiri?

Co-working space adalah sebuah tempat atau ruang untuk bekerja (kantor) yang digunakan secara bersama-sama dengan berbagai  akomodasi yang ada untuk memenuhi kebutuhan para penggunanya. Berbeda dengan virtual office yang lebih bersifat individu, co-working space ini lebih bersifat terbuka. Dengan sifatnya yang terbuka ini maka pengguna yang sedang mengerjakan pekerjaannya bisa saja duduk bersebelahan dengan orang dari perusahaan yang berbeda dengan project yang berbeda pula. Dan menariknya, diantara para pengguna yang berbeda ini dapat melakukan interaksi untuk membuka jaringan diantara mereka.

Satu hal lagi yang perlu dipahami tentang co-working space adalah bahwa co-working space bukanlah sekedar ruang yang menyediakan internet kencang atau fasilitas lainnya. namun lebih dari itu co-working space haruslah bisa menciptkan suasana yang hidup layaknya sebuah komunitas. Jadi, siapa saja yang menjadi member atau ada di ruang itu serta susana yang tercipta di co-working space itu, akan turut menyumbang sukses tidaknya usaha ini.

Memilih Lokasi dan Bangunan Yang Tepat

Setelah kita mengenal dan memahami konsep bisnis co-working space ini dengan baik, maka langkah berikutnya yang perlu diperhatikan adalah pemilihan lokasi dan bangunan yang tepat. Menurut Aditya, pemilik co-working space Conclave, pilihan usaha ini akan memiliki prospek besar jika berlokasi mendekati daerah bisnis.

Sedangkan untuk bangunannya sendiri, kita harus bisa memilih bangunan ruko, bangunan kantor ataupun rumah. Apabila Anda memilih rumah, sebaiknya Anda meminta izin dari lingkungan sekitar, supaya tak mendatangkan masalah di kemudian hari.

Jangan Lupakan Desain Interior

Karena co-working space ini adalah tempat yang berkonsep casual, modern dan fleksibel maka bangunan yang telah ditetapkan haruslah memiliki desain interior yang sesuai dengan konsep co-working space itu sendiri. Untuk mencipatakan desain interior yang casual tersebut, kita harus melakukan renovasi disudut-sudut ruangan yang ada.

Satu hal lagi yang perlu diperhatikan adalah bahwa desain interior dan furnitur yang ada haruslah bisa mendatangkan kenyamanan bagi penghuninya. Selain ruang kantor bersama, ada baiknya sebuah co-working space ini juga menyediakan ruang-ruang yang lebih privat untuk memenuhi kebutuhan beberapa member yang mungkin ingin bekerja dalam suasana tenang tanpa adanya gangguan.

Jangan Lupakan Layanan dan Fasilitas

Meski co-working space bukan sekedar konsep ruang, namun layanan dan fasilitas tetap menjadi salah satu yang perlu dicermati. Beberapa co-working space malah melengkapi tempatnya dengan berbagai layanan dan fasilitas seperti co-working space Conclave yang juga menyediakan auditorium dan ruang rapat. Auditorium seperti ini bisa dipakai untuk aktifitas komunitas, seperti peluncuran produk, seminar, talk show, atau presentasi dengan investor.

Baca juga: Butuh Working Space yang Nyaman di Jakarta? Ini Pilihannya

Ketahui Profil dan Kebutuhan Penyewa Co-Working Space

Rahasia terakhir dan cukup menentukan dalam kesuksesan bisnis co-working space adalah mengetahui profil penyewa co-working space Anda. Pebisnis ruang kantor bersama disini harus dengan sepenuh hati mengetahui identitas para penyewanya, dan apa saja keinginan mereka. Apa gunanya? Dengan mengetahui profil dan kebutuhan konsumen tentu kita akan lebih mengerti dan melayani dengan baik.

Selain itu, dalam konsep co-working space yang bernunasa kolaborasi dan membuka jaringan tentu dengan mengetahui profil dan kebutuhan para penyewa, Anda bisa mengarahkan dan menawarkan kepada beberapa pengguna yang ada untuk mendapatkan teman, mitra dan jaringan bisnis yang sesuai. Dan hal ini akan menambah kredibilitas co-working space Anda dimata konsumen.

5 KOMENTAR

  1. konsep yang ditawarkan cocok sekali dengan freelance yang punya ruang kerja sempit namun ingin menyatukan ide. ulasannya keren mas

  2. Lagi booming bang di Indonesia. Bahkan ada yg kasi gratis tapi harus belanja makanan dan minuman, dan ada batasan waktu. Keren ya bisnis jaman sekarang

    • Lagi booming, sepertinya tahun 2020 dan seterusnya semakin banyak freelance di Indonesia dan pasti butuh co-workingspace

  3. Terima kasih untuk tipsnya kang. Semoga di kota saya tumbuh yang namanya co-working space :D

  4. Co-Working space memang alternatif yang menarik untuk startup atau enterpreneur yang belum bisa punya gedung kantor sendiri. Yang saya tahu baru di daerah Bandung dan Jakarta sih, semoga nanti bisa lebih luas ke banyak kota.

Tinggalkan Balasan