5 Tips Menjaga Kualitas Bisnis Jasa Penerjemah Menuju Kesuksesan

jasa penerjemah

Image dari Perfect-translators.com

Di era komunikasi dan #teknologi saat ini, beragam profesi memang bisa kita pilih untuk mendapatkan penghasilan. Dan salah satu pekerjaan atau profesi yang bisa Anda pilih dan jalankan tersebut adalah bisnis jasa penerjemah. Ya dengan mulai terbukanya batas-batas wilayah antar negara, orang yang menawarkan jasa penerjemah pun semakin banyak dibutuhkan dan banyak diminta.

Maka dari itu profesi penerjemah ini cukup memiliki potensi besar untuk dijalankan. Setidaknya sudah ada sosok sukses yang telah membuktikan bahwa profesi penerjemah ini memiliki potensi besar. Adalah Andina Margaretha Rorimpandey dan Rizki Apriansyah sosok penerjemah sukses tersebut. Dari sinilah mereka kemudian menjelaskan dan memberikan tips-tips sukses untuk siapapun yang sedang menjalani atau akan terjun ke dunia penerjemah.

Lalu apa saja tips yang berwujud kualitas ini untuk bisa menjadi penerjemah yang sukses? Berikut ulasannya.

1. Bergaul

Tips dan kualitas pertama yang harus dijaga untuk bisa menjadi pengusaha sukses adalah banyak bergaul dengan baik. Menurut Andina yang sering menerjemahkan bahasa Perancis ini dengan bergaul bersama orang-orang dari beberapa kalangan maka kita akan mendapat banyak ilmu dan kosakata baru. Sewaktu Andina berada di Paris ia tak pilih-pilih orang untuk dijadikan teman.

Karena itu di Paris wanita lulusan S1 Sastra Prancis UGM ini berteman dengan gelandangan, supir truk, tukang sampah dan ada juga dari kalangan atas. Dari pertemanan itu Andina mendapatkan banyak kosakata dan istilah yang khas dari masing-masing kalangan masyarakat di Prancis.

Artikel lain: 5 Tips Sukses Membuka Bisnis Kursus Mengemudi Mobil

2. Banyak Membaca

Hal lain selain bergaul, pemilik jasa penerjemah yang ingin sukses juga harus tetap mau untuk terus menjaga tradisi membaca. Menurut Andina seorang penerjemah memang harus banyak membaca buku apapun. Mengapa harus membaca? Sebab selain akan mendapatkan banyak kosa kata baru, dengan membaca seorang penerjemah akan selalu siap dengan materi-materi yang diberikan oleh klien.

Kebiasaan membaca ini juga disetujui oleh oleh Tanti Susilawati, seorang penerjemah bahasa Italia. Menurutnya dengan banyak membaca, penerjemah akan mampu menerjemahkan berbagai tema dan topik bahasan yang biasanya memiliki gaya bahasa dan kata-kata yang berbeda. Kebanyakan penerjemah yang gagal memang banyak disebabkan oleh kurangnya diri mempersiapkan kosa kata yang baik untuk klien.

Dari sinilah kemudian klien lebih menerima portofolio penerjemah lain yang memiliki kosa kata yang baik dan banyak serta sesuai. Tentunya banyaknya kosa kata ini akan sangat mungkin diperoleh dengan cara banyak membaca.

3. Pemilik Jasa Penejemah Wajib Terus Belajar

Banyaknya bidang atau tema yang bisa didapat oleh seorang penerjemah dari klien membuat para penerjemah seharusnya mau terus belajar tanpa henti. Walaupun Anda telah banyak dipercaya oleh klien dan sukses di dunia penerjemahan, namun untuk mencapai sukses yang sejati ada baiknya Anda terus belajar tanpa henti. Terlebih lagi saat ini seorang penerjemah juga sering dituntut untuk bisa menerjemahkan baik secara lisan maupun tulisan.




Maka tak ada cara lain selain dengan terus belajar agar bisa mencapai sukses yang sejati. Andina sendiri mengaku selalu terus belajar dengan media apa pun yang ditemuinya, termasuk melalui video dan lagu-lagu. Tak jarang ia juga belajar dari #Youtube, dengan melihat penyanyi Prancis.

4. Tidak Menutup Diri

Berikutnya, tips dan kualitas untuk bisa membuka jasa penerjemah yang sukses adalah dengan tidak menutup diri. Mengapa demikian? Sebab menurut Andina untuk menjadi pengusaha sukses ia harus memiliki pengetahuan yang luas.

Nah untuk mendapatkan pengetahuan yang luas itu, selain dengan membaca dan banyak bergaul seorang penerjemah haruslah memiliki sifat yang terbuka terhadap apapun. Seorang penerjemah tidak boleh menutup diri dari hal-hal apapun, termasuk hal-hal yang tidak ia sukai atau mungkin yang dianggap tabu oleh orang-orang kebanyakan.

Baca juga: Tips Sukses Promosikan Bisnis Pangkas Rambut

5. Ikhlas dan Pantang Menyerah

Terakhir, tips dan kualitas untuk menjadi penerjemah yang sukses adalah dengan ikhlas dan pantang menyerah. Menurut Rizki Apriansyah, seorang penerjemah sukses bahasa Turki selalu mempunyai hati yang ikhlas dan pantang menyerah agar bisa terus mengobarkan semangat menerjemah. Pada suatu saat memang adakalanya klien merasa kecewa dengan pekerjaan kita, namun kita harus ikhlas menerimanya dan pantang menyerah untuk terus membuat terjemahan yang baik.



1 comment on this postSubmit yours
  1. Mantap kang tips nya sangat sangatlah mengasyikan, mudah mudahan saya bisa konsisten terus dalam menghafal kosa kata bahasa Inggris. Tapi kang saya ada refrensi cara menghafal kosakata bahasa Inggris dengan otak kanan. Menurut saya artikelnya sangat bermanfaat dan mungkin bisa kita jadikan refrensi.

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud