5 Tips Meningkatkan Motivasi Untuk Seorang Freelancer

motivasi kerja freelance

Image dari Icsuk.com

Menjalani pekerjaan sebagai seorang freelancer saat ini termasuk pekerjaan yang sangat menguntungkan. Banyak sekali proyek yang bisa dikerjakan oleh seorang pekerja #freelance. Apalagi dengan makin maraknya perkembangan dunia bisnis online di Indonesia, maka semakin membuka peluang yang bagus bagi Anda yang memiliki keahlian pada bidang tertentu untuk terjun ke dunia freelancer. Menjadi seorang penulis pada sebuah blog, buka jasa desain logo, website, adalah beberapa jenis pekerjaan freelance yang bisa Anda kerjakan secara online.

Dengan banyaknya peluang dan kesempatan, terlihat mudah memang. Namun perlu Anda ketahui juga, bahwa dalam menjalankan pekerjaan menjadi seorang freelancer pasti ada suka dan dukanya. Dan tak jarang juga mengalami demotivasi dalam diri yang disebabkan oleh banyak hal.

Artikel lain: 7 Entrepreneur Sukses Ini Memulai Karir Sebagai Pekerja Freelance

Dan, ketika seorang pekerja lepas atau freelancer mengalami demotivasi atau kehilangan semangat dalam bekerja, itu sangat berbahaya. Karena pasti akan mempengaruhi hasil kerja Anda, dan itu tentu akan berpengaruh langsung terhadap kredibilitas Anda di mata klien. Nah, jika Anda termasuk seorang freelancer, ada baiknya perhatikan beberapa tips berikut ini untuk tetap bisa menjaga #motivasi dalam diri.

1. Berpikir Realistis, Jangan Berlebihan

Perlunya menjadi seorang yang realistis dalam segala hal, terlebih saat ini Anda sedang menjalani kehidupan sebagai seorang freelancer. Okelah, sekali waktu Anda perlu bermimpi menggapai sesuatu yang Anda impikan. Namun jangan sampai Anda larut dalam bayangan mimpi Anda, jangan sampai mimpi Anda justru akan membunuh karir Anda sendiri.




Lebih baik untuk saat ini adalah menjalankan pekerjaan yang ada dengan maksimal dan fokus saja. Untuk menggapai sebuah mimpi, tidak ada cara yang lebih baik kecuali dengan melangkah satu demi satu yang salah satunya tentu dengan fokus pada pekerjaan saat ini.

2. Nikmatilah Bekerja Di Rumah

Kebanyakan freelancer bekerja dari rumah, ini bisa menjadi kesulitan dan sekaligus juga kemudahan. Kesulitan ketika Anda sulit menikmati dan tidak bisa mengkondisikan rumah untuk dijadikan sebuah tempat bekerja yang ideal. Biasanya kesulitan ini timbul dari intern dalam rumah Anda sendiri, gangguan akan sering muncul dari anggota keluarga yang lain yang biasanya membuat sulit konsentrasi.

Namun akan menjadi lebih mudah ketika Anda mampu mengatur semuanya, Anda akan bisa menikmati bekerja dari rumah karena terbebas dari aturan-aturan formal. Untuk mengatur rumah agar lebih nyaman untuk bekerja, sebaiknya siapkan ruangan khusus untuk Anda bekerja. Dan berikan penjelasan kepada anggota keluarga lain bahwa Anda juga sedang bekerja meski di dalam rumah.

3. Berdamailah Dengan Diri Sendiri

Sebagai seorang freelancer, Anda harus pandai mengapresiasi diri Anda sendiri. Jangan tunggu orang lain memberikan apresiasi positif pada Anda, berdamailah dengan diri Anda. Jangan mengeluh pada pekerjaan yang sedang Anda tekuni saat ini, syukurilah dan nikmatilah.

Yakinlah masih ada banyak orang yang kebingungan dengan pekerjaan. Jadi, jangan siksa diri Anda dengan ketidakpuasan dengan pekerjaan. Mungkin saat ini masih belum bisa mendapatkan penghasilan yang besar, namun percayalah, suatu saat pasti akan ada perkembangan pada pekerjaan Anda.




4. Berbahagialah Dengan Orang Terdekat Anda

Salah satu kelebihan bekerja freelancer adalah Anda bisa mengatur waktu kapan menikmati waktu bersantai dengan orang terdekat Anda. Jadi nikmati waktu yang ada, berbahagialah dengan orang-orang terdekat Anda. Sering menghabiskan waktu bersama orang tua, saudara, ataupun teman bisa membuat Anda kembali bersemangat dengan pekerjaan. Jadi jangan sia-siakan kesempatan Anda berkumpul dengan mereka, nikmatilah.

Baca juga: Ingin Menjadi Freelancer? Begini Cara Memulainya

5. Tak Perlu Risau Dengan Kata Orang

Kata orang memang sering menyakitkan telinga, namun Anda tak perlu risau. Memang pekerjaan freelancer sering dipandang sebelah mata oleh masyarakat. Wajar memang, karena mereka belum mengetahui secara mendalam apa yang kita kerjakan sebenarnya.

Terlalu mendengarkan omongan negatif orang tidak akan membuat  Anda semakin maju, justru sebaliknya akan menghambat karir Anda sendiri. Jadi, jika ada orang berkomentar negatif tentang apa yang sedang Anda kerjakan, abaikan saja, tetap fokus pada pekerjaan agar pekerjaan Anda bisa maksimal hasilnya.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud