5 Tips Menghadapi Rotasi Kerja Bagi Karyawan

menghadapi rotasi kerja

Image dari Google.com

Menjadi seorang karyawan pada perusahaan tentu harus patuh terhadap segala peraturan yang berlaku di perusahaan tersebut. Meskipun tak jarang peraturan dari perusahaan tersebut menjadi momok yang menakutkan bagi karyawan. Termasuk salah satunya adalah kebijakan rotasi terhadap karyawan, kebijakan ini sering membuat karyawan menjadi khawatir. Ini karena dengan adanya rotasi, sedikit banyak pasti akan berpengaruh terhadap kinerja karyawan, termasuk juga pada masalah adaptasi di posisi kerja baru.

Namun bagi perusahaan, kebijakan rotasi kerja ini diharapkan bisa mengatrol produktivitas karyawan dalam bekerja. Sehingga tentu saja perusahaan berharap dengan adanya rotasi bisa membuat perusahaan lebih maju dan berkembang. Untuk Anda sebagai karyawan, tidak perlu takut menghadapi kebijakan rotasi ini, perhatikan beberapa tips berikut ini untuk menghadapinya.

1. Perbanyak Informasi Tentang Posisi Lain Di Tempat Kerja Anda

Anda harus mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik, karena kebijakan rotasi biasanya akan selalu ada di setiap perusahaan. Salah satu yang bisa Anda lakukan sebagai persiapan adalah dengan memperbanyak informasi mengenai posisi lain di tempat Anda bekerja.



Pelajari sedikit-sedikit, paling tidak cara ini bisa sedikit memberikan gambaran pada Anda tentang pekerjaan baru Anda nantinya jika benar-benar terjadi rotasi. Sehingga Anda tidak kaget dan sudah sedikit tahu mengenai apa yang harus Anda lakukan pada pekerjaan baru Anda. Jadi Anda akan bisa langsung mengikuti ritme kerja pada posisi baru Anda.

Artikel lain: Ingin Menjadi Profesional Di Kantor? Tinggalkan Kebiasaan Buruk Ini

2. Sering Diskusi Dengan Rekan Kerja Lain yang Lebih Berpengalaman

Ini bisa Anda lakukan sebelum adanya kebijakan rotasi ataupun ketika tengah menghadapi rotasi. Anda perbanyak diskusi dan sharing dengan rekan kerja Anda di posisi lain. Selain akan memperbanyak informasi mengenai pekerjaan lain, ini juga bisa menguatkan Anda sehingga Anda tidak cemas lagi.

Orang-orang yang sudah berpengalaman di dunia kerja, biasanya menganggap rotasi adalah suatu hal yang wajar. Jadi dengan berdiskusi dengan mereka akan membuat Anda jauh lebih tenang dalam menghadapi situasi rotasi kerja di perusahaan. Namun pastikan juga Anda mengajak orang yang tepat dalam berdiskusi, karena jika salah, justru akan menambah beban pikiran Anda dalam menghadapi rotasi kerja di kantor.

3. Tingkatkan Kemampuan Kerja Dan Kepercayaan Diri

Tidak perlu takut dalam menghadapi setiap kebijakan rotasi yang akan muncul, yang perlu Anda lakukan adalah selalu meningkatkan kemampuan dalam bekerja. Selain kemampuan kerja, kepercayaan diri Anda juga perlu dipupuk dalam menghadapi posisi dan pekerjaan baru nantinya.

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk senantiasa memiliki kepercayaan diri yang tinggi adalah dengan meningkatkan kemampuan Anda dalam berbagai bidang. Dengan ketrampilan dan kemampuan yang semakin banyak Anda kuasai, maka rasa khawatir tentu akan terkikis dengan sendirinya. Jadi, jangan pernah berhenti untuk belajar hal baru dalam lingkungan kerja.

4. Anggap Rotasi Kerja Sebagai Peluang Untuk Mengembangkan Karir

Anda harus memiliki pikiran yang positif terhadap rotasi kerja, anggap saja rotasi sebagai salah satu jalan yang harus Anda lalui untuk mengembangkan karir Anda. Dari pada Anda memandang rotasi sebagai sesuatu yang negatif, lebih baik jadikan rotasi pekerjaan sebagai ruang untuk mengembangkan potensi yang ada pada diri Anda.

Keluar dari zona nyaman pada suatu posisi tertentu dalam pekerjaan kadang sangat diperlukan sebagai pemantik kreasi dan potensi Anda. Sehingga hal ini bisa meningkatkan peluang karir Anda menjadi lebih berkembang dan semakin tinggi.

Baca juga: Meski Anda Sedang Di Tempat Kerja, Jangan Lupa Bahagia Yah

5. Rotasi Juga Bisa Menurunkan Tingkat Kejenuhan Dalam Bekerja

Jika mungkin Anda mulai merasa ada penurunan dalam kinerja, ini mungkin salah satunya karena Anda mulai jenuh dan bosan terhadap pekerjaan. Faktor-faktor seperti ini yang sering menjadi pertimbangan dari perusahaan untuk membuat kebijakan rotasi pada pekerjaan. Jadi rotasi berkala yang direncanakan dengan baik, sangat memungkinkan bisa menurunkan tingkat kejenuhan dalam bekerja.

Jadi, Anda tidak perlu risau dengan adanya rotasi, rotasi yang tepat bisa membuat Anda kembali fresh atau justru akan membuat Anda lebih tertantang lagi dalam bekerja. Dan, tentu saja keadaan ini akan membuat kinerja Anda semakin maksimal.





Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud