5 Tips Mencari Mentor Startup yang Tepat

Image dari Entrepreneur.com

Image dari Entrepreneur.com

Anak muda biasanya punya semangat yang luar biasa untuk memulai suatu #startup. Tapi rupanya ide, semangat dan uang saja tidak cukup lho untuk merintis startup yang sukses. Tak jarang sebuah startup yang baru dikembangkan membutuhkan dukungan dari mentor startup yang tepat supaya bisa bergerak maju ke arah yang lebih baik lagi.

Sungguh tidak mudah menemukan mentor yang tepat dan mau membimbing startup kita untuk menuju ke jalan kesuksesan. Meskipun sulit, bukan tak mungkin kita bisa menemukan sosok mentor startup tersebut jika kita mau memperhatikan hal-hal yang disampaikan oleh para pelaku startup dan bisnis berikut ini.

1. Menjadi Founder yang Baik untuk Mendapatkan Mentor yang Baik

Menurut Takeshi Ebihara selaku co-founder dan General partner Batavia Incubator, kita harus menjadi sosok founder yang baik agar bisa mendapatkan mentor yang baik. Pernyataan Takeshi tersebut juga diperkuat oleh pendapat Wilson Cuaca, co-founder dan managing partner East ventures.

Wilson menyatakan bahwa seorang mentor startup akan memilih untuk membimbing startup yang dianggap memiliki potensi dan etos kerja yang baik untuk maju. Di samping itu, visi yang kuat juga menjadi salah satu hal penting yang harus kita tampilkan sebagai founder dari suatu startup.

Artikel lain: 4 Tips Untuk Membawa Startup Online Go Internasional




2. Harus Menemukan Kecocokan

Banyak sekali mentor startup yang berkualitas yang bisa membimbing startup, namun tentu tidak semua mentor tersebut memiliki kecocokan dengan startup kita. Menurut Takeshi, keberadaan #teknologi memang membuat para perintis startup bisa berkomunikasi secara mudah dengan sejumlah perusahaan besar. Hal ini juga harus didukung dengan intuisi untuk memutuskan mentor mana yang memang paling cocok dengan jalan bisnis yang kita pilih.

Tidak perlu mengandalkan banyak mentor untuk mendukung startup jika ternyata satu atau dua mentor sudah cukup membantu perjalanan startup kita.

3. Mentor Startup Juga Harus Memenuhi Kualifikasi

Menjadi mentor startup memang bukan perkara mudah. Seseorang baru pantas disebut sebagai mentor jika sudah berhasil mengawal kesuksesan beberapa startup dan memiliki perusahaan yang terbilang sukses di bidangnya.

Bila diibaratkan sebagai dokter, mentor adalah pihak yang harus bisa membantu tumbuh kembang founder bersama startup-nya. Di masa-masa pertumbuhan startup, mentor akan mendampingi sebuah startup untuk berhubungan dengan banyak pihak termasuk pihak investor.

4. Alangkah Baiknya Jika Sang Mentor Berinvestasi

Investasi yang ditanamkan oleh sang mentor pada startup yang sedang dibimbingnya akan menjadi salah satu bukti keseriusan sang mentor. Pasti tidak ada kan orang yang mau merugi setelah menanamkan investasinya pada startup tertentu. Hal yang dirasakan oleh si mentor secara otomatis akan membuat ide dan gagasan mentor menjadi lebih brilian, futuristik dan berguna bagi perkembangan startup.




Hanifa Ambadar, co-founder Female Daily Network sempat menceritakan pengalaman sulitnya saat mencari mentor karena belum banyak mentor yang expert di bidang digital di Indonesia. Akhirnya Hanifa mengaku berhasil menemukan mentor yang tak hanya sekadar mau berinvestasi, tetapi juga mampu membantu Female Daily Network untuk memperbesar jaringan dan menambah pengetahuan.

5. Manfaatkan Media Sosial untuk Melakukan Investigasi

Pesatnya perkembangan media sosial juga bisa dimanfaatkan untuk menemukan mentor yang tepat. Hanifa juga menyatakan bahwa #media sosial bisa kita manfaatkan untuk mencari informasi bisnis yang serupa atau bisa mendukung startup kita. Melalui media sosial kita bisa melihat informasi mengenai sang pemilik bisnis atau startup sebelum memutuskan apakah sosok pemilik tersebut cocok menjadi mentor bagi startup kita.

Baca juga: 5 Langkah Cerdas Memikat Minat Investor Startup

Selanjutnya, kita tinggal menjalin komunikasi yang akrab dan interaktif dengan menghubungi pemilik bisnis tersebut. Pemilik bisnis yang berpikiran terbuka tentu tak akan keberatan meluangkan waktunya untuk bertukar ide dan saling berbagi pengalaman untuk mendapatkan banyak ilmu baru yang menakjubkan.

Kendati sulit dan harus melalui pencarian yang teliti, harapan untuk menemukan mentor yang cocok dengan startup kita pasti bisa terwujud seiring dengan perjalanan startup. Karena kita tak bisa menyelesaikan pekerjaan kita sendiri sehingga kita butuh dukungan dan saran dari pihak lain yang lebih berpengalaman. Segera temukan mentor yang tepat, untuk mendukung perkembangan startup secara maksimal!



1 comment on this postSubmit yours
  1. Informasi yang bermanfaat Mas, thank you..

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud