5 Tips Menambah Subscribers Email Pada Bisnis Anda

Tips-Menambah-Subscribers-Email

Dalam bisnis, marketing atau pemasaran merupakan hal yang penting untuk meningkatkan penjualan. Maka dari itu pebisnis kemudian belomba-lomba untuk terus berinovasi mencari celah agar dapat mendapatkan teknik pemasaran yang efekstif dan efisien. Dengan munculnya jaringan internet, kini marketing pun menjadi lebih bervariasi.

Selain marketing offline seperti Word of Mouth (WOM), membagi brosur, dan memasang banner, sekarang pemasaran melalui media online atau internet marketing juga sangat efektif menarik banyak konsumen. Salah satu bentuk internet marketing yang ada dan sering digunakan para pebisnis adalah email marketing.

Email marketing yang dilakukan dengan berpromosi melalui email (elektronik mail) ini biasanya akan semakin sukses jika Anda memilki subscriber yang banyak. Subscriber adalah para pelanggan yang telah mencantumkan atau mendaftarkan email mereka pada website Anda. Para pebisnis yang serius pada internet marketing memang seringkali merangcang website-nya dengan layanan email subscribers.




Hal ini digunakan untuk memfasilitasi bilamana ada pengunjung websitenya yang kemudian tertarik pada website Anda dan ingin terus mendapatkan info terbaru dari website Anda. Meski hal ini penting, namun banyak orang belum mengerti dan belum bisa memaksimalkan jumlah subscriber mereka. Artikel ini akan sedikit menjelaskan 6 tips guna menambah subscribers email pada bisnis Anda. Berikut 6 tips tersebut.

1. Posisi Kotak ‘Signup’ Di Tempat Yang Tepat

Posisi menentukan prestasi, itulah pepatah yang sering kita dengar saat berada di lingkungan sekolah. Dalam penempatan kotak “signup” hal ini juga berlaku. Untuk memaksimalkan kotak “signup” disarankan agar Anda meletakkan kotak pendaftaran ini pada posisi yang berbeda pada tiap halaman website.

Ini artinya Anda bisa menempatkan dari mulai atas, bawah, tengah atau dari samping halaman website. Yang pasti Anda harus membuat variasi untuk mengetahui seberapa besar orang yang mendaftarkan emailnya. Lihat contoh penerapannya berikut ini.

Hunterboots.com

Posisi-Kotak-Signup-Ditempat-Yang-Tepat

Posisi-Kotak-Signup-Ditempat-Yang-Tepat-2

 

Startupbisnis.com
Posisi-Kotak-Signup-Ditempat-Yang-Tepat-3

2. Waspadalah Menggunakan Email Signup Pop-up

Untuk menghindari rasa bosan dan kecewa para konsumen pada website Bisnis Anda, sebaiknya Anda perlu membuat kebijakan pada email signup pop-up Anda. Email signup pop-up memang seringkali mengesalkan bagi beberapa konsumen, apalagi bila muncul terlalu sering atau bahkan tidak bisa ditutup.




Permintaan email signup berbentuk Pop-up yang terlalu sering muncul atau tidak bisa ditutup adalah sebuah usaha yang ‘berlebihan’ dan tidak efektif dalam mencari subscriber karena terkesan memaksa dan membuat pengunjung website Anda merasa tidak nyaman. Seperti contoh gambar berikut ini.

Jokosusilo.com

Menggunakan-Email-Signup-Pop-up

 

Tidak semua orang mau menerima informasi yang ingin Anda berikan melalui email, terutama pengunjung yang belum pernah membeli, orang yang baru mengunjungi website Anda, dan pengunjung yang belum pernah mengklik link dari email yang Anda kirimkan. Sangat disarankan untuk memunculkan email signup pop-up ini sekali saja, dan berikan opsi pada mereka untuk menutupnya.

3. Giring Subscriber Untuk Meneruskan Email Pada Teman-temannya

Untuk membuat subscriber Anda meneruskan email yang Anda bagi memang bukanlah hal yang mudah. Ini membutuhkan sebuah keseriusan dalam membuat konten atau isi email yang sangat menarik. Jika konten email Anda memang sangat menarik, ada kemungkinan subscriber Anda akan membaginya pada teman-temannya.

Jika hal ini terjadi maka peluang besar untuk mendapatkan konsumen baru akan semakin terbuka. Hal lain yang bisa Anda lakukan adalah mencantumkan link berbagi/share dalam setiap newsletter yang Anda kirim. Karena dengan adanya link ini, subsciber Anda akan semakin dimudahkan untuk membagi email-email dari Anda tersebut kepada teman-temannya.

 

Giring-Subscriber-Untuk-Meneruskan-Email

 

4. Promosikan Newsleter Secara Offline

Bagi Anda yang menjalankan bisnis offline-online, maka tak ada salahnya jika mempromosikan newsletter pada jaringan offline. Jangan lupakan bahwa jaringan offline juga penting untuk juga Anda garap. Siapa tahu ada dari beberapa dari mereka yang kemudian tertarik dan kemudian ingin berlangganan via offline ataupun online. Kita tidak ada yang tahu sebelum kita benar-benar menjalankannya bukan.

5. Gunakan Media Iklan Berbayar

Terakhir bagi Anda yang memiliki dana lebih, Anda bisa mencoba beriklan pada media sosial seperti #Facebook dan #Twitter untuk menambah subscribers email. Salah satu layanan yang saat ini banyak digunakan adalah Twitter Signup Cards. Dengan layanan ini Anda bisa terbantu untuk meningkatkan mailing list. Facebook Ads juga sering digunakan para pebisnis online untuk meningkatkan jumlah subscribers mereka, ini layak untuk dicoba.

Tapi sekali lagi yang harus dicatat adalah karena ini layanan berbayar maka Anda harus memilki tujuan dan target yang jelas. Anda juga harus selalu memantau perkembangan subscriber dari hasil iklan Anda. Jangan sampai biaya yang telah Anda keluarkan untuk iklan ini berujung pada kesia-siaan. Semoga tips ini bermanfaat.



1 comment on this postSubmit yours
  1. Pas banget artikelnya…kebeneran saya punya toko online…dan sepertinya harus di coba tips maxmanroe :)

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2017 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud