5 Tips Kembangkan Sistem Bisnis Waralaba

bisnis waralaba

Sebuah bisnis yang dikelola dengan matang pasti akan menghasilkan potensi keuntungan yang luar biasa. Untuk mengelola sebuah bisnis agar bisa bersaing dan bertahan tentunya bukan pekerjaan yang mudah. Saat ini yang sedang digemari oleh pelaku bisnis adalah dengan menjadikan sebuah bisnis menjadi sebuah bisnis waralaba.

Menjadikan sebuah bisnis menjadi waralaba saat ini dipandang sebagai salah satu cara untuk meningkatkan percepatan perkembangan sebuah bisnis. Banyak bisnis waralaba yang gencar melakukan promo baik secara online maupun offline. Sejauh ini menjadikan bisnis menjadi sebuah franchise bisa diandalkan dalam mendongkrak penjualan.




Namun jangan lupa juga bahwa bisnis franchise juga tidak semudah ketika membangun bisnis kita sendiri. Berikut ini adalah beberapa tips mewaralabakan sebuah usaha yang perlu Anda ketahui.

1. Siapkan Konsep dan Rencana Bisnis Yang Jelas

Pertama kali yang harus Anda lakukan sebagai franchisor adalah dengan membuat sebuah konsep yang bagus dan jelas untuk calon franchisee bisnis Anda. Karena tentu saja sebagai waralaba yang baru harus mampu memberikan penjelasan yang cukup tentang tujuan maupun target yang ingin Anda kembangkan.

Selain itu, konsep bisnis yang bagus dan jelas tentu lebih menarik bagi calon mitra bisnis Anda untuk turut serta dalam rencana kerja Anda. Maka dari itu, persiapkan  dengan benar bisnis plan Anda yang nantinya bisa Anda tawarkan pada calon mitra waralaba Anda. Jika dipandang perlu, Anda juga bisa memanfaatkan tim ahli untuk membuat master plan bisnis dalam persiapan perusahaan Anda menuju menjadi sebuah waralaba.

Artikel lain: Bisnis Waralaba Modal Kecil – Beberapa Peluang Usaha Waralaba Murah

2. Pilihlah Franchisee Dengan Selektif

Merekrut franchisee yang tepat adalah salah satu aspek yang paling penting dari waralaba perusahaan Anda. Lakukan pemilihan yang benar – benar tepat, pelajari selalu calon mitra waralaba Anda. Tidak perlu tergesa – gesa dalam menentukan calon franchesee Anda. lihat juga track record mereka dalam berwirausaha.




Dalami juga sikap, attitude nya, apa benar mereka bisa dipercaya atau malah sebaliknya. Karena ke depan franchesee adalah ujung tombak dalam perjalanan bisnis yang Anda waralabakan. Jika Anda salah memilih franchesee tentu akan sangat merugikan bagi Anda sendiri dan juga bisnis yang Anda kelola.

Seleksi bisa juga Anda lakukan dengan menuangkan peraturan dalam kontrak kerja Anda, misalnya dengan memberikan target yang harus tercapai dalam tiga atau enam bulan setelah kerja dimulai. Jika tidak bisa memenuhi target tersebut tentu franchisee yang Anda pilih patut dievaluasi.

3. Berikan Pelatihan Yang Memadai

Pelatihan yang solid akan menguntungkan bagi kedua belah pihak baik franchisee maupun franchisor. Pada tingkat yang paling dasar, pelatihan yang solid membantu franchisee memahami komponen dasar yang mereka butuhkan untuk menjalankan operasional sehari-hari. Ini juga bisa menjadi jaminan awal lancar dan sukses nya waralaba Anda.

Pelatihan juga sangat membantu Anda sebagai franchisor dalam memastikan karyawan memiliki keterampilan yang cukup. Berikan pelatihan marketing, manajemen diri dan apapun yang bisa mendukung keberlangsungan bisnis waralaba Anda ke depan.

4. Tetap Lakukan Kontrol Yang Ketat

Kontrol sangat diperlukan dalam sebuah bisnis waralaba, apalagi jika Anda adalah seorang franchisor. Kualitas produk tetap jadikan prioritas, jangan sampai ada perbedaan kualitas antara franchesee satu dengan yang lainnya. Ketika kualitas produk tidak terjaga, akan membuat image bisnis waralaba yang sedang Anda bangun menjadi hancur.

Selain kualitas, faktor pelayanan yang prima juga menjadi faktor utama keberhasilan waralaba Anda. Buatlah standar – standar baku baik kualitas produk maupun standar pelayanan dalam waralaba yang Anda kelola. Dengan memiliki standar yang sudah Anda buat, maka kontrol terhadap fanchisee akan semakin mudah.

Baca juga: 6 Bisnis UKM / Usaha Kecil Menengah Yang Menjanjikan

5. Buat Dokumen Dari Sistem Waralaba Anda

Dokumentasi di sini bukan berarti membuat foto dari waralaba Anda, meskipun itu juga diperlukan. Namun dokumentasi di sini berkait dengan dokumen – dokumen yang harus Anda sampaikan kepada setiap franchisee Anda. Anda harus menghabiskan waktu yang signifikan mempelajari dan mendokumentasikan sistem yang telah Anda buat lalu sampaikan kepada franchisee Anda.

Tanpa langkah penting ini, kesuksesan tidak akan pernah menyapa perusahaan Anda. Sangatlah penting bahwa pemilik waralaba perlu mengetahui bahwa mereka tidak hanya menjual produk atau jasa, mereka juga menjual sistem mereka untuk mencapai kesuksesan.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2017 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud