5 Tips Jitu Menjaga Kekompakan Tim dalam Sebuah Startup

menjaga kekompakan tim bisnis

Image dari Attitudes4innovation.com

Dalam menjalankan bisnis rintisan berbasis digital (startup) seorang founder pasti akan membutuhkan orang lain sebagai tim yang membantu dirinya. Sebuah tim dalam bisnis apapun termasuk #startup memang sangat memiliki peran penting bagi tumbuh kembangnya perusahaan. Maka dari itu dalam membangun startup, seorang pemimipin harus mampu membuat tim yang dimilikinya selalu kompak untuk mendukung seluruh rencana bisnis yang Anda targetkan.

Namun sayangnya tak semua leader dan founder bisa menjalankan dan menjaga kekompakan tim di perusahaan rintisannya tersebut. Akibatnya banyak dari mereka yang akhirnya mengalami keterpurukan hingga kemudian gulung tikar. Untuk Anda yang sedang menjalankan bisnis startup, Anda harus mengetahui beberapa teknik berikut ini untuk menjaga kekompakan dalam tim Anda.

1. Ciptakan Kultur Berkelas

Tips pertama untuk menjaga kekompakan tim dalam startup adalah dengan menciptakan budaya atau kultur yang berkelas. Siapa sih yang tidak suka bekerja di sebuah perusahaan yang #profesional dan berkelas? Hampir semua pekerja akan betah dan lebih bersemagat jika mereka berada di lingkungan kerja yang berkelas dan profesional.

Maka sebagai founder startup sudah seharusnya Anda membangun kultur kerja yang kuat, menyenangkan, dan penuh motivasi dapat membangkitkan semangat kerja para tim di dalamnya. Pentingnya budaya berkelas ini disampaikan pula oleh Daniel Floyd dari SpeechMasterPro yang menyatakan bahwa suasana kerja dengan kultur kuat dan menyenangkan bagi seluruh tim akan menjaga motivasi, produktivitas serta yang terpenting adalah kekompakan tim.

Artikel lain: 7 Tips Agar Mendapatkan Kepercayaan Dari Tim Bisnis Anda

2. Rapat dan Diskusi Secara Rutin

Helen Tyler dari PocketPoppet mengatakan bahwa dalam perusahaan rintisannya yang bergerak di #e-commerce, komunikasi selalu dijadikan poin viral dengan timnya dalam membangun pertumbuhan bisnisnya.

Komunikasi ini sendiri dilaksanakan Helen bersama tim secara rutin di penghujung minggu dalam bentuk diskusi dan evaluasi. Sesudah acara diskusi itu baru mereka menikmati makan malam dan menghabiskan waktu bersama. Dari sini maka komunkasi dalam wujud rapat dan dan diskusi memang hal yang penting dilakukan oleh seorang founder untuk selalu menjaga kekompakan timnya.

Selain menjaga kekompakan, dengan komunikasi rutin dalam wujud rapat ini dapat menunjukkan perhatian bahwa Anda pemimpin yang peduli pada tim, baik dari segi kesejahteraan tim, perasaan di lingkungan kerja serta masalah yang dapat diselesaikan bersama.

3. Jadwalkan Makan Siang Bersama Tim Secara Reguler

Jangan ragu untuk mengajak tim Anda makan siang bersama. Anda tidak harus menggelar acara makan siang bersama ini setiap hari, namun seminggu atau dua minggu sekali sudah cukup untuk membuat dan membangun kekompakan tim.

Bahkan Educa Studio, developer #aplikasi dan game edukasi anak asal Salatiga menerapkan jadwal makan siang dan beribadah bersama secara reguler setiap hari. Meski sang founder Andi Taru mengatakan bahwa meski menu yang disajikan sederhana, hal ini dapat meningkatkan ikatan antar tim dan membawa perasaan kekeluargaan yang kuat.




4. Libatkan Tim Dalam Segala Hal Terkait Bisnis

Meski Anda adalah pemimpin dan founder dalam perusahaan startup, bukan berarti Anda arogan dengan tidak menyediakan ruang pada tim untuk terlibat dalam bisnis perusahaan. Hal-hal seperti memberikan update perkembangan perusahaan kepada seluruh tim dapat meningkatkan rasa memiliki dalam perusahaan yang kian kuat.

Hal ini juga menunjukkan bahwa Anda sebagai pemimpin memiliki kepercayaan kepada tim bahwa masing-masing individu memberikan pengaruh kuat dalam membangun perusahaan. Dengan perasaan tersebut, maka motivasi, produktivitas serta kekompakan tim pun akan menguat dan akan membuat perusahaan rintisan Anda tumbuh dengan lebih cepat menuju jalan kesuksesan.

Baca juga: Pentingnya Kekompakan di Dalam Tim Media Sosial Sebuah Bisnis

5. Bersama Melangkah Maju

Terakhir, tips untuk menjaga kekompakan dalam sebuah startup adalah dengan selalu berjalan beriringan dan sama-sama melangkah maju. Jika perusahaan rintisan Anda mengalami kemajuan maka sudah selayaknyalah tim juga mendapat kompensasi dari buah pertumbuhan bisnis perusahaan tersebut.

Namun jika perusahaan startup sedang mengalami kesulitan, maka tim pun harus menyadari keadaan ini. Sebagai pemimpin yang baik, Anda memang bukan orang yang hanya bisa memberi perintah, namun lebih dari itu Anda juga harus berjalan bersama dan memotivasi tim untuk mencapai kesuksesan yang bisa dirasakan bersama-sama.



2 total comments on this postSubmit yours
  1. OOT nih, bang. Kalau bikin link maxmanroe.com/ goto/ link-website-lain gimana caranya? Terima kasih.

    • Itu pakai plugin WordPress, namanya Pretty Link. Ada versi gratis dan versi berbayar. Kita bisa setting URL sesuai keinginan.

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud