5 Tips Efektif Menghidarkan Diri Dari Lowongan Kerja Palsu

lowongan kerja palsu

Karir sebagai pekerja memang masih menjadi andalan banyak orang untuk bisa menapaki kehidupan yang lebih baik lagi. Dengan sebuah kepastian pendapatan dan adanya jejang karir yang ada mereka berusaha mencari pekerjaan yang tepat dan terpandang. Akhirnya lowongan pekerjaan akan selalu jadi incaran agar harapan dan keinginannya tersebut dapat terpenuhi.

Namun sayang kini tidak semua lowongan pekerjaan yang ada dapat memenuhi ekspektasi, sebab tak jarang dari beberapa lowongan tersebut justru membuat kecewa dan malah membuat lebih terpuruk. Banyaknya beredar lowongan kerja palsu memang sebuah fenomena yang tak bisa dipungkiri. Fakta dan kenyataannya adalah hal yang perlu selalu diwaspadai oleh para pencari kerja.

Apalagi kini lowongan kerja sangat beragam dan informasinya sangat mudah didapat dan diakses. Adanya perkembangan teknologi dan #internet saat ini memang membuat munculnya beberapa situs lowongan kerja online. Dengan sekali klik dan klik, siapapun sudah bisa mendapatkan beragam informasi pekerjaan dan langsung melamarnya saat itu juga.

Namun sekali lagi, dengan semakin banyaknya lowongan kerja fiktif tentu Anda harus selalu waspada dan hati-hati untuk tidak segera mempercayai lowongan pekerjaan yang ada. Untuk menghindari diri dari jebakan lowongan kerja fiktif, Anda bisa menerapkan beberapa tips teruji berikut ini.

1. Perhatikan Informasi Perusahaan

Tips pertama untuk terhindar dari lowongan kerja palsu adalah dengan memastikan informasi perusahaan dengan baik dan benar. Ya, informasi perusahaan memang sangat penting dan menjadi dasar pertimbangan untuk melamar pekerjaan. Guna memastikan dan meyakinkan Anda terkait informasi perusahaan ini, Anda bisa melakukan penyelidikan pada alamat dan nomor telepon perusahaan yang diberikan.




Cari alamat resmi perusahaan tersebut serta sesuaikan dengan nomor teleponnya. Jika ternyata perusahaan yang bersangkutan memiliki alamat berbeda dengan informasi asli yang dicantumkan, maka iklan lowongan tersebut patut dicurigai. Maka dari itu jangan lupa untuk selalu memeriksa informasi perusahaan dengan baik sebelum Anda melamar pekerjaan tersebut.

Artikel lain: Tips Mencari Lowongan Kerja di Media Sosial Twitter, Mudah Lho!

2. Perhatikan Alamat Email Perusahaan

Jika lowongan kerja yang Anda dapatkan berasal dari situs online atau #media online, maka yang perlu Anda cermati dalam lowongan kerja tersebut adalah email perusahaan. Email perusahaan yang biasanya dicantumkan pada lowongan kerja via online adalah email resmi perusahaan.

Nah, jika Anda mendapati lowongan pekerjaan dari media online dengan mencantumkan #email web based seperti Yahoo dan Gmail, maka Anda patut mencurigainya, karena bisa jadi lowongan kerja tersebut adalah lowongan kerja fiktif alias palsu.

3. Waspadai SMS Panggilan Interview

Hal berikutnya yang patut diwaspadai dari sebuah lowongan pekerjaan adalah panggilan interview dengan menggunakan SMS. Memang adakalanya perusahaan resmi menggunakan SMS untuk memanggil Anda guna keperluan interview. Namun sebelum mereka melakukannya, biasanya mereka (pihak perusahaan) akan memberitahukannya dulu via email, info lowongan atau kontak terlebih dahulu kepada Anda.




Tapi apabila Anda tiba-tiba langsung mendapatkan SMS pangilan interview pada kontak pertama Anda, maka hal ini harus dicurigai. Karena umumnya perusahaan resmi akan lebih memilih untuk menelepon Anda secara langsung pada kontak pertamanya dengan Anda untuk menghindari adanya pemalsuan informasi lowongan dan interview.

4. Lowongan Kerja Palsu Kerap Meminta Uang

Hal yang paling kentara atau terlihat pada sebuah lowongan kerja fiktif adalah adanya permintaan uang untuk mendapatkan pekerjaan tersebut. Tentu sangat tidak masuk akal jika kita sebagai calon pekerja yang ingin bekerja guna mendapatkan uang, justru dipungut biaya.

Beberapa perusahaan gadungan memang menyuruh calon korbannya untuk mengeluarkan dana dengan beragam alasan seperti dana transportasi, uang registrasi, dan masih banyak lagi yang dapat merugikan Anda. Maka dari itu untuk terhindar dari lowongan kerja palsu, Anda harus selalu pastikan bahwa perusahaan pada lowongan kerja yang Anda lamar tersebut tidak memungut biaya apapun dari Anda.

Baca juga: 6 Tips Mengelola Email Lamaran Kerja 

5. Cari Media Lowongan Kerja yang Terpercaya

Terakhir, tips agar terhindar dari lowongan kerja fiktif adalah selalu mencari media atau tempat info lowongan kerja terpercaya. Cobalah cari tempat lowongan pekerjaan yang menyediakan informasi lowongan kerja yang mempunyai kredibilitas tinggi nama yang cukup populer.

Hindari tempat-tempat yang menyediakan info lowongan kerja dengan informasi yang kurang jelas dan meragukan. Empat hal diatas bisa Anda dijadikan acuan resmi atau fiktifnya sebuah lowongan kerja.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud