5 Tips Aman dan Lancar Melakukan Foto Selfie

5 Tips Aman dan Lancar Melakukan Foto Selfie

foto selfie

#Teknologi yang semakin berkembang pesat telah membuat munculnya beberapa fenomena baru di era modern saat ini. Salah satu fenomena dari pertumbuhan teknologi tersebut adalah selfie. Selfie atau aktivitas memotret diri sendiri ini kini telah menjadi sebuah kegiatan yang populer dan ramai dilakukan.

Dalam perkembangannya, fenomena selfie ini pun memunculkan beragam tema selfie yang beberapa diantaranya memicu kontroversial. Selain memicu kontroversial pada beberapa jenis selfie, aktivitas memotret diri ini ternyata menyimpan resiko yang membahayakan pelakunya.

Beberapa kasus selfie yang pernah ada telah mengakibatkan kecelakaan yang membuat pelakunya luka bahkan mengakibatkan kematian. Kasus terbaru sendiri terjadi pada hari Minggu (17 Mei 2015) di Malang, Jawa Timur dimana seorang wanita yang tengah ber-selfie di pantai Bajulmati akhirnya tewas terseret ombak.

Peristiwa ini memberikan pelajaran bagi kita semua, bahwa kegiatan selfie ini memiliki resiko-resiko berbahaya jika tidak dilakukan dengan hati-hati. Meskipun ternyata selfie memiliki resiko berbahaya, namun bukan berarti Anda tidak mau dan menjauhi selfie. Dengan beberapa trik dan teknik, selfie bisa kita jalankan dengan baik dan aman.

Artikel lain: Mengenal 6 Travel Blogger Indonesia Terpopuler di Instagram

1. Perhatikan Lokasi Selfie

Hal pertama yang perlu diperhatikan untuk menjadikan aktivitas selfie ini aman adalah lokasi. Dalam beberapa kasus selfie yang berujung pada kecelakaan memang terjadi atau berada pada lokasi yang membahayakan, seperti tebing, puncak gedung, dan tempat berbahaya lainnya. Foto selfie yang mengharuskan kita untuk tetap fokus pada kamera yang dipegang membuat lokasi yang kita jadikan tempat selfie bisa mengancam kita jika kita tak waspada.

Maka untuk membuat aktivitas selfie ini menjamin keamanan bagi diri Anda maka sebaiknya hindari lokasi-lokasi yang berbahaya tadi. Selain memilih tempat yang aman, Anda juga harus memperhatikan lingkungan disekitar Anda, jangan sampai aktivitas selfie Anda justru mengganggu orang di sekeliling Anda.

2. Pastikan Perangkat Telah Diatur dan Dipegang Dengan Benar

Aktivitas selfie yang menjadikan kamera sebagai senjata utama harus telah diatur dan diset sedemikian rupa untuk menjamin keamanan saat Anda selfie. Beberapa kasus kecelakaan yang terjadi saat selfie terjadi karena pelaku melakukan pengaturan yang justru membahayakan dirinya saat posisi selfienya siap namun tak mendukung tangan mereka melakukan pengaturan ulang kamera atau #smartphone.

Maka dari itu sebelum selfie, atur dan pastikan dulu bahwa pegangan Anda pada smartphone atau kamera telah kuat dan mencengkram. Jangan sampai karena Anda tak kuat memegang kamera, Anda dibuat panik saat perangkat jatuh dan justru membahayakan Anda sendiri.

3. Gunakan Aksesori Pendukung Selfie yang Orisinil

Selfie yang kemudian berkembang dengan munculnya aksesoris pendukung seperti tongsis atau drone misalnya juga bisa mempengaruhi keamanan Anda. Kenapa? Ini karena asesori pendukung selfie yang ada kini banyak yang dipalsukan, terutama pada perangkat tongsis. Beberapa kasus kecelakaan selfie yang ada telah membuktikan bahwa penggunaan tongsis yang tidak memenuhi standar bisa mencelakai penggunanya.

Maka dari itu Anda harus berhati-hati saat membeli tongsis. Belilah tongsis dari produsen ternama dan penjual yang terpercaya. Belilah tongsis dengan bahan yang kokoh, serta memiliki pegangan dan pengait yang kuat agar Anda dan perangkat Anda tidak mengalami kecelakaan.

4. Lakukan Selfie Dengan Cepat Tanpa Pose Ekstrem

Selain lokasi, perangkat dan asesori, teknik dan cara pengambilan gambar juga mempengaruhi tingkat keamanan pelakunya. Lakukan pengambilan gambar yang tidak ekstrem dengan posisi yang tepat dan cepat. Pengambilan gambar selfie dengan teknik dan posisi yang salah dan terlalu lama memiliki resiko yang buruk.

Beberapa kasus kecelakaan selfie yang ada seringkali terjadi karena pelaku melakukan teknik pengambilan gambar yang ekstrem. Dengan posisi tubuh yang tidak mendukung, sudah pasti teknik pengambilan ini sangat berbahaya.

Maka dari itu lakukan sefie dengan hal-hal yang sederhana saja, jangan berlebihan dan over acting. Ini akan membantu Anda lebih aman dari mara bahaya yang bisa menimpa siapa saja.

Baca juga: Menjalankan Hobi Dapat Melatih Beberapa Softskill Berikut ini

5. Unggah Foto Selfie di Tempat yang Aman

Terakhir, tips untuk menjalankan foto selfie adalah mengunggah foto selfie ditempat yang aman. Setelah selfie selesai dilakukan, maka umumnya kita akan mengunggah foto tersebut ke media sosial.

Nah banyak kasus kecelakaan terjadi saat proses pengunggahan ini karena pelakunya tak beranjak dari lokasi selfie. Maka seharusnya setelah selfie, Anda harus segera pindah dan mencari tempat yang aman untuk mengunggah foto selfie tersebut agar proses foto selfie Anda lancar dari awal sampai akhir.

1 KOMENTAR

Tinggalkan Balasan