5 Jenis Teknologi Inilah yang Mendorong Tren Startup Berkembang Pesat

Image dari Ivemint.com

Image dari Ivemint.com

Bisnis rintisan berbasis digital atau startup sekarang ini memang sudah tumbuh dengan sangat pesat. Perkembangan bisnis startup ini memang dinilai sangat menguntungkan karena bisa mengembangkan bisnis dengan lebih mudah dan efektif. Meski banyak dinilai menguntungkan, namun untuk membuat bisnis startup benar-benar maksimal, Anda perlu memperhitungkan berbagai hal, terutama teknologi.

Ya, namanya perusahaan digital tentunya akan langsung berhubungan dengan teknologi. Meski teknologi saat ini juga bertumbuh dan akan membuat pelaku #startup bebas memilih sesuai keinginannya. Namun tanpa seleksi atau pemilihan yang tepat, maka bisnis startup Anda bisa saja mengalami kegagalan.

Lalu #teknologi seperti apakah yang tepat untuk membangun dan mengembangkan bisnis startup ini? Berikut ulasannya.

1. Go mobile

Teknologi pertama yang penting untuk membangun startup adalah teknologi go mobile. Ya, kini hampir semua hal memang telah terkoneksi secara online. Dari belanja hinga pesan ojek kini sudah bisa dilakukan secara online.

Bagaimana dengan startup Anda? apakah akan meninggalkan cara ini? tentu saja akan sangat aneh dan terlalu nekat jika Anda melakukan cara yang berbeda. Teknologi online dengan perangkat mobile (go mobile) saat ini memang sudah tak bisa lagi dielakkan lagi. Ingat ini adalah teknologi mobile online, bukan hanya sekedar online belaka.




Artikel lain: Inilah 4 Keutamaan Perlunya Memiliki Blog pada Bisnis Startup Anda

Jadi bila startup Anda masih hanya bisa diakses dari PC atau #komputer, maka Anda harus segera bergerak mengubahnya menjadi go mobile yang bisa dinikmati oleh pengguna mobile atau seluler yang semakin bertbah jumlahnya dari tahun ke tahun.

2. Kemudahan Pembayaran 

Bayar uang dengan cash atau tunai mungkin saja akan sah-sah saja dilakukan. Tapi saat ini banyak orang yang sudah tak lagi memakai cara tersebut untuk melakukan pembayaran. Pasalnya, beberapa  metode pembayaran berbasis digital saat ini mulai marak digunakan oleh banyak orang. Teknik pembayaran ini memang dianggap mudah dan praktis karena bisa dilakukan secara jarak jauh dan di mana saja.

Maka dari itu Anda yang akan membuka startup alangkah baiknya juga memperhatikan dan mementingkan penggunaan teknologi pembayaran yang modern seperti ini agar para konsumen Anda terpuaskan dan akhirnya menjadi pelanggan setia Anda.

3. Keamanan Cyber

Seiring dengan perkembagan dunia digital, muncul beberapa oknum yang tidak bertanggungjawab memanfaatkan peluang untuk melakukan penipuan dan pembobolan akun. Karena hal inilah maka sebuah bisnis berbasis digital (startup) harus memiliki teknologi #keamanan cyber yang mumpuni.




Teknologi ini dimaksudkan tentunya dengan tujuan untuk mengamankan para pengguna dan konsumen Anda. Apalagi saat ini teknologi hack yang tergolong semakin canggih tentunya harus membuat Anda sebagai pemilik bisnis startup perlu memiliki teknologi keamanan yang lebih canggih.

4. Teknologi Media Sosial

Media sosial saat ini memang telah menjadi fenomena baru bagi manusia modern. Bagaimana tidak, setiap manusia sekarang telah terbiasa menggunakan komunikasi dan interaksi dunia maya ini. Pengguna #media sosial yang terus meningkat setiap harinya menjadi bukti nyata bahwa media sosial adalah hal yang penting untuk dicermati.

Dari sini Anda sebagai pelaku bisnis startup sudah selayaknya lah memiliki teknologi media sosial yang handal. Dalam hal ini Anda tak perlu berinvestasi pada semua jenis media sosial secara bersamaan. Namun, dengan beberapa media sosial saja yang bisa Anda kelola dengan teknologi yang baik, maka pelung sukses bisnis Anda pun akan semakin besar.

Baca juga: Beberapa Alasan Seseorang Merintis Startup Teknologi

5. Penyimpanan Data

Terakhir, teknologi yang patut dimiliki oleh pebisnis startup adalah teknologi penyimpanan data. Kebutuhan akan penyimpanan data saat ini memang terus bertumbuh. Maka startup yang akan memiliki segudang informasi dari produk dan layanan tentu saja akan membutuhkan sebuah tempat digital yang bisa menyimpan data informasi tersebut.

Bagaimana degan harganya? Bukankah teknologi ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit? Dengan sedikit trik dan strategi, Anda bisa memilih sebuah infrastruktur pusat penyimpanan data terpusat yang murah. Setidaknya ada tiga hal penting dalam teknologi penyimpanan data yang harus Anda dapatkan yaitu luas tempat penyimpanan, kebutuhan pendinginan dan daya, juga keamanan. Dengan ketiga hal ini saja Anda akan memiliki teknologi startup yang mumpuni untuk menjalankan bisnis.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud