5 Teknik Jitu Langgengkan Hubungan Dengan Rekan Bisnis 

Image dari Huffingtonpost.com

Image dari Huffingtonpost.com

Dalam menjalankan bisnis, Anda memang tak akan bisa bergerak sendirian. Anda butuh orang-orang untuk menjalankan roda bisnis ini. Salah satu orang yang akan membantu Anda menjalankan roda bisnis adalah partner. Partner merupakan orang-orang penting bagi Anda untuk bisa menjadikan bisnis Anda semakin sukses. Posisi dan kedudukan partner dalam bisnis memang sangat strategis. Hal ini dikarenakan partner akan sangat mempengaruhi Anda dalam mengambil kebijakan atau keputusan bisnis.

Sebagai pebisnis, Anda memang harus mampu menjalin hubungan atau relasi yang baik dengan banyak orang, termasuk rekan bisnis. Dalam menjalin hubungan dengan rekan bisnis ini, Anda tentu harus bisa bekerjasama dengan baik untuk bisa mencapai kesuksesan. Lalu seperti apakah cara atau langkah untuk melakukan kerjasama yang bisa menciptakan kesuksesan berasama dengan para rekan bisnis ini? Berikut ulasannya.

1. Saling Mengenali Kelemahan dan Kekuatan Rekan Bisnis

Tips pertama untuk sukses dalam bekerjasama dengan partner adalah dengan saling mengenali kelamahan dan kekuatan yang dimiliki masing-masing dari Anda dan parter Anda. Dengan mengetahui kelemahan dan kekuatan masing-masing, Anda dan partner akan bisa saling melengkapi. Dengan sikap saling melengkapi ini Anda akan mampu menutup celah yang bisa membuat bisnis Anda jatuh.

Dalam hal kolaborasi ini, antara Anda dan partner tak boleh saling mengungguli atau mendominasi. Anda dan partner harus terus melangkah bersama untuk memperjuangkan bisnis ini. Jika Anda saling menjatuhkan satu sama lain, maka bukan kesuksesan yang akan didapat, justru kegagalan lah yang datang kepada Anda.

Artikel lain: Mencari Partner Dalam Bisnis, Simak 10 Ciri Orang Tulus Ini

2. Diskusikan Target Jangka Panjang Anda

Dalam bisnis tentu Anda memiliki beberapa target seperti target jangka pendek, jangka menengah dan target jangka panjang. Maka saat Anda sedang menjalin kerjasama dengan partner, Anda harus mendiskusikan beberapa target dan rencana Anda kepada partner Anda.

Terutama untuk jangka panjang yang umumnya menjadi landasan utama visi dan misi perusahaan, Anda harus bisa membicarakannya lebih serius dengan partner. Dengan membahas target jangka panjang ini, Anda akan mampu menyamakan persepsi dengan partner dalam satu pandangan dan satu tujuan.

Saat pembahasan target jangka panjang ini telah membuahkan hasil dengan satu pandangan dan persepsi yang sama, Anda akan lebih mudah untuk melangkah bersama menjalankan strategi dan rencana bisnis bersama partner. Dan saat sudah tercipta sebuah sinergi yang baik antara Anda dan partner Anda, maka peluang menciptakan kesuksesan pun akan semakin besar.

3. Temukan dan Jalankan Peran Masing-Masing

Semua manusia yang hidup di dunia ini pasti memiliki perannya masing-masing dari ketetapan Sang pencipta. Maka dari itu Anda harus terus mencari dan menemukan peran itu untuk kemudian menjalankannya.

Dalam menjalalin kerjasama dengan partner bisnis, Anda berdua juga harus menemukan peran yang  akan diemban dan dijalankan. Setelah Anda dan partner masing-masing telah mengetahui sisi kelemahan dan kekuatan, maka pembagian tugas dan tanggung jawab adalah wujud konkrit dari pelaksanaan peran ini.




Saat menjalanka peran ini, Anda dan rekan bisnis tidak boleh saling mengganggu atau saling menerobos koridor  taggung jawab masing-masing. Dengan adanya pembagian peran dan tanggung jawab ini, maka Anda dan partner akan mampu menjalankan dan menggerakkan roda bisnis dengan nyaman dan efektif hingga membawa pada kesuksesan.

4. Komunikasi Secara Teratur dan Saling Respect

Sama halnya dengan berumah tangga, Anda dan rekan bisnis harus saling terbuka dan berkomunikasi secara teratur. Komunikasi dalam menjalankan relasi bisnis ini memang sangat penting. Hal ini dikarenakan dengan adanya komunikasi yang lancar dan  terbuka maka kemungkinan perpecahan atau konflik bisa cepat diredam sedini mungkin sebelum meledak menjadi permusuhan dan pemutusan hubungan.

Selain komunikasi, Anda dan partner juga harus mampu saling respect atau saling menghargai dan menghormati kedudukan dan posisi masing-masing. Hubungan yang dilandasi rasa respect yang besar dan ditambah dengan komunikasi yang lancar dan terbuka akan membuka peluang besar pada kesuksesan bisnis.

Baca juga: Mantan Bos Jadi Rekan Bisnis? Mengapa Tidak

5. Saling Support Satu Sama Lain

Terakhir, teknik untuk sukses menjalin kerjasama dengan rekan bisnis adalah dengan saling mensupport satu sama lain. Sebagai manusia tentu Anda dan partner tidak akan luput dari kekhilafan, kesalahan dan kekurangan lainnya.

Saat hal ini terjadi, maka diantara Anda tidak boleh saling menghujat dan mencela. Sebaliknya, Anda dan partner harus saling mengingatkan dan mensupport satu sam lain. Dengan adanya support atau dukungan dari masing-masing Anda dan partner, maka Anda dan partner bisa segera bangkit dari kekurangan itu tanpa berlarut-larut untuk menjalankan bisnis yang sukses.



2 total comments on this postSubmit yours
  1. Mantabss, ini baru postingan berkualitas untuk mepererat hubungan dengan rekan bisnis. Satu lagi mungkin kalau bisa Saya tambahkan yaitu Saling percaya satu sama lain. Karena kalau sudah tidak ada rasa saling percaya satu sama lain, itu tanda hubungan dengan rekan bisnis kita buruk dan tidak sehat.

  2. komunikasi yang teratur mungkin menjadi teknik paling jitu, karena dengan komunikasi yang baik maka hubungan akan semakin erat dan saling mengerti satu sama lain.

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud