5 Teknik Fotografi yang Perlu Anda Ketahui untuk Meningkatkan Penjualan Produk

Meningkatkan Penjualan Produk

Image dari Wix.com

Dalam menjalankan #bisnis online tentu kita tidak bisa melepaskan diri dari kegiatan dokumentasi produk. Penggunaan foto memang diyakini akan mampu meningkatkan rasa ketertarikan pengunjung untuk selanjutnya melakukan pembelian.

Namun untuk mendapatkan respon yang baik dari pengunjung tentu foto yang dipajang haruslah baik dan berkarakter. Maka saat melakukan pengambilan foto produk ini Anda tidak bisa melakukannya secara sembarangan. Anda harus serius melakukan kegiatan pengambilan foto ini dengan teknik fotografi untuk menghasilkan kualitas yang baik.

Fotografi produk hingga saat ini memang dianggap sebagai salah satu cara terbaik untuk bisa meningkatkan daya tarik sebuah website atau blog berjualan. Gambar besar dan berkualitas tinggi yang dihasilkan dari teknik fotografi ini diyakini akan banyak membantu pengunjung untuk membayangkan lebih jelas sebuah produk. Teknik fotografi dalam kegiatan pengambilan gambar foto produk online ini sendiri ada beberapa macam kategori.

Artikel lain: Mencermati Tehnik Dasar Fotografi untuk Produk Toko Online

Semua kategori dalam teknik fotografi ini harus Anda pahami dan praktikkan agar produk online Anda semakin laris manis. Lalu apa saja teknik fotografi tersebut? Berikut adalah 5 jenis fotografi produk berdasarkan teknik pengambilan gambarnya untuk memaksimalkan jualan online.

1. Foto Individu

Teknik #fotografi pertama untuk meningkatkan penjualan produk online adalah foto individu. Foto individu sendiri adalah jenis foto yang paling umum digunakan dalam fotografi produk. Teknik ini biasanya menekankan pada produk individu dan biasanya menggunakan latar belakang berwarna putih atau hitam.

Kita dapat mengetahui teknik foto ini di halaman kategori dan produk. Foto individu ini memiliki kegunaan yang bersifat sederhana dan manis dan muncul disetiap produk. Untuk Anda yang akan menerapkan teknik ini Anda bisa menciptakannya sendiri. Anda tidak harus bergantung pada foto produk individu dari produsen, tapi dengan membuat foto produk individu sendiri sendir Anda akan memberikan perbedaan pada situs dan brand yang Anda miliki.

2. Foto Grup

Namanya juga foto grup, maka teknik fotografinya akan sangat berguna untuk untuk menampilkan item dalam lini produk yang sama. Foto Grup yang secara konsep berkebalikan dengan foto individu ini biasanya juga digunakan untuk produk yang dikemas dalam jumlah yang berbeda.

Dengan menggunakan teknik fotogarfi foto grup ini Anda akan mampu menampilkan jajaran produk yang tersedia serta juga menunjukkan aksesoris visual. Untuk menjalankan fotografi foto grup ini Anda harus mengatur produk ke dalam bentuk yang berbeda, bukan hanya seperti baris dan kolom, dan mintalah masukan dari teman orang lain.

3. Foto Detail

Berikutnya teknik fotografi untuk bisa meningkatkan penjualan produk adalah fotografi foto detail. Jenis fotogarfi ini seringkali dinilai tepat jika dipakai untuk penjualan produk-produk teknologi. Dengan foto ini maka pengunjung bisa melihat detail bagian produk secara closeup.




Kita bisa menemukan foto ini di area tepi foto, ketika disorot atau diklik foto ini akan tampil untuk menunjukkan detail yang lebih jelas. Dengan menggunakan foto ini maka kualitas produk pun akan semakin bisa tersampaikan.

Untuk menghasilkan foto detail produk yang bagus Anda harus menggunakan pencahayaan foto yang baik. Dan idealnya, sinar matahari dianggap merupakan sumber pencahayaan yang baik untuk digunakan pada foto detail ini.

4. Foto Komponen

Pada produk online Anda yang terdiri dari beberapa bagian seperti 3-in-1 mixer dengan pisau, mangkuk, dan pembuat adonan, maka gunakanlah teknik foto komponen. Karena dengan foto komponen Anda akan mempunyai kesempatan untuk menambahkan penekanan serta variasi komposisi antar produk yang terpisah tersebut.

Untuk memaksimalkan foto komponen ini Anda harus meletakkan bagian-bagian foto produk ini di di tepi luar gambar. Hal ini diyakini akan mampu menarik perhatian pengunjung.

Baca juga: Fotografi ~ Hobi Yang Bisa Jadi Peluang Bisnis Yang Menguntungkan

5. Foto Teaser

Terkahir, teknik fotografi untuk bisa meningkatkan penjualan produk adalah foto teaser. Dengan foto teaser ini Anda akan mampu meningkatkan minat pembeli dengan menampilkan daya tarik yang artistik.

Foto ini biasanya digunakan pada halaman header atau splash dan kategori untuk menampilkan foto candid produk dalam kehidupan sehari-hari sebagai background. Namun yang harus Anda ingat jenis foto ini bisa jadi tidak akan cocok untuk setiap produk atau bahkan setiap toko, jadi Anda harus menelitinya terlebih dahulu.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud