5 Strategi Pemasaran Online Lazada Yang Sebenarnya Bisa Anda Tiru

5 Strategi Pemasaran Online Lazada Yang Sebenarnya Bisa Anda Tiru

lazada

Bagi rekan-rekan yang sering berbelanja online, brand Lazada pasti masuk di dalam list toko online yang sering Anda kunjungi. Begitu terkenalnya Lazada, bahkan mereka yang belum pernah belanja online pun banyak yang sudah familiar dengan salah satu e-commerce terbesar di Indonesia ini.

Selama ini saya penasaran, bagaimana sih strategi pemasaran online yang dilakukan oleh Lazada sehingga bisa menjadi sangat terkenal seperti sekarang. Sebagai catatan, sampai saat ini Lazada masuk di dalam 5 besar situs ecommerce terbesar dan terpopuler di Indonesia.

Lalu apa saja strategi internet marketing yang dilakukan oleh Lazada hingga bisa menguasai sebagian besar pasar Indonesia? Dikutip dari beberapa sumber, berikut ini adalah beberapa strategi pemasaran online yang dilakukan oleh Lazada.co.id.

1. Lazada Promosi via Google Adwords

Para pebisnis online tentunya sudah tidak asing lagi dengan #Google Adwords ya. Layanan periklanan milik Google ini memang salah satu media pemasaran yang bisa diandalkan untuk promosi online. Iklan Google Adwords muncul di halaman hasil pencarian Google dan juga iklan di website/ blog publisher Google Adsense sesuai dengan kata kunci atau topik tertentu yang sedang dicari oleh pengguna internet.

Nah, inilah yang dimanfaatkan dengan baik oleh Lazada untuk menjangkau lebih banyak calon pelanggan yang tertarget. Beberapa waktu yang lalu saya mengetikan beberapa kata kunci yang cukup banyak dicari oleh pengguna Google, salah satunya adalah kata kunci “beli hape Samsung”. Dan situs Lazada.co.id ‘menguasai’ kata kunci tersebut. Ini baru satu kata kunci lho, saya yakin mereka juga beriklan via Google Adwords untuk ratusan bahkan ribuan kata kunci lainnya.

Lihat gambar,

lazada-promosi-via-google-adwords-2
Keyword: beli hape samsung

Kalau kita perhatikan image di atas, terlihat bahwa dari hasil pencarian organik sebenarnya situs Lazada.co.id sudah berada di posisi #1 dan #2. Tapi Lazada tetap memasang iklan Google Adwords, mungkin mereka tidak ingin posisi teratas yang biasanya diisi oleh iklan diambil oleh situs lain. Jadi, tidak heran kalau ecommerce ini bisa menguasai sebagian besar market Indonesia.

2. Situs Lazada Memiliki Kualitas SEO Yang Mumpuni

Kalau kita bicara tentang SEO (search engine optimization) untuk situs ecommerce, maka Lazada.co.id adalah salah satu pesaing yang sangat berat. Bagaimana tidak, berbagai kata kunci populer yang tingkat persaingannya sangat berat berhasil dimenangkan oleh situs ini di search engine Google.

Beberapa kata kunci populer yang dibidik oleh Lazada dan tingkat pencariannya cukup banyak diantaranya adalah toko online, belanja online, jual pakaian, pakaian wanita, pakaian pria, dan masih banyak lagi. Situs Lazada berhasil menempati posisi yang sangat strategis di Google. Bisa dibayangkan berapa banyak trafik gratis yang didapatkan oleh situs ecommerce ini dari search engine Google setiap harinya.

Lihat gambar,

seo-lazada-1
Keyword: toko online

3. Lazada Memanfaatkan Facebook Dengan Baik

Sekarang ini memang jamannya #media sosial. Bagi masyarakat urban, rasanya sangat aneh bila tidak punya akun media sosial ya.  Dan saat ini, boleh dibilang media sosial yang paling populer adalah Facebook karena jumlah penggunanya sangat banyak dan rata-rata aktif buka FB setiap hari.

Sebagian besar pebisnis memanfaatkan media sosial tersebut untuk pemasaran online, termasuk Lazada. Coba perhatikan Fan Page Lazada di sini. Saat artikel ini dibuat, jumlah likes fan page Lazada adalah lebih dari 15 juta orang di Facebook. Luar biasa! Dan fans ini adalah target market yang sangat potensial, para pengguna Facebook yang selalu terhubung dengan bisnis Lazada.

Lihat gambar,

lazada-memanfaatkan-facebook-1

Saya perhatikan keterlibatan audiens (audience engagement) Fan Page Lazada masih terbilang kecil ya bila dibandingkan dengan jumlah fans yang mencapai 15 juta lebih. Ini karena algoritma Facebook memang dibuat sedemikian rupa, sehingga seringkali pemilik Fan Page harus mem-boost konten mereka dengan Facebook Ads.

Berdasarkan pengalaman saya pribadi, membangun fan base dan beriklan di Facebook tidak ada ruginya dan sangat tepat bila ingin segera mendapatkan visitor website – kalau masalah konversi lain cerita ya. Saya yakin rata-rata internet marketer juga setuju dengan saya. Itulah yang dilakukan oleh Lazada, mereka juga memasang iklan di Facebook secara rutin untuk meningkatkan jumlah audiens mereka.

4. Lazada Menawarkan Program Afiliasi

Ini adalah salah satu strategi yang menurut saya benar-benar ampuh untuk meningkatkan penjualan, yaitu memberdayakan orang lain untuk menjual produk Anda dengan pembagian komisi yang sudah ditentukan. Sebenarnya tidak harus dengan program afiliasi, bisa juga dengan sistem reseller atau dropship.

Semakin banyak affiliate marketer yang bergabung dengan Lazada maka potensi penjualan akan semakin tinggi, dan sekaligus akan mem-boost brand Lazada itu sendiri. Ini namanya sambil menyelam minum air. Berbeda dengan sistem dropship atau reseller, si pengecer tidak wajib menyebutkan supplier mereka sehingga kemungkinan besar tidak ada proses branding ke end-consumer.

Namun, bagi Anda yang tidak bisa menerapkan program affiliasi karena keterbatasan, bisa menawarkan program reseller atau dropship. Memang dengan cara ini brand bisnis Anda tidak mendapat efek yang signifikan di mata end-consumer, tapi setidaknya bisa terkenal di mata pengecer dan sekaligus meningkatkan penjualan bisnis Anda.

lazada-menawarkan-program-afiliasi

5. Lazada Bekerjasama Dengan Blogger

Berkolaborasi dengan para blogger adalah salah satu strategi pemasaran yang rutin dilakukan oleh Lazada. Kerjasama ini bisa dalam bentuk artikel ulasan program dan event Lazada, artikel ulasan produk Lazada, dan lain-lain. Dan tidak jarang pihak Lazada rela mengeluarkan uang untuk sebuah artikel dari blogger.

Blogger memang punya tempat tersendiri di hati masyarakat karena tulisan-tulisan mereka banyak membantu pengguna internet yang membutuhkan informasi atau ulasan. Ketika kita ingin membeli sebuah produk, katakanlah itu sebuah Smartphone, biasanya kita akan mencari ulasan tentang produk tersebut di internet. Bener ga? Ulasan-ulasan dari blogger tersebut banyak kita temukan di internet. Dan seringkali artikel-artikel blogger tersebut mempengaruhi keputusan calon pembeli.

Bila Anda ingin meniru strategi Lazada yang satu ini, pastikan Anda berkolaborasi dengan blogger yang cukup terkenal di niche yang Anda bidik. Bila bisnis Anda berhubungan dengan traveling maka bekerjasamalah dengan travel blogger, bila bisnis Anda berhubungan dengan produk fashion maka bekerjasamalah dengan fashion blogger.

Baca juga: Pengertian Pemasaran Menurut Para Ahli

Nah, di atas tadi adalah beberapa strategi pemasaran online Lazada yang saya temukan di internet. Kemungkinan masih ada strategi lain, misalnya seperti email marketing, blogging, dan lain-lain. Bila Anda selama ini bingung bagaimana strategi pemasaran online yang efektif untuk bisnis Anda, maka salah satu atau beberapa strategi di atas bisa dicoba.

15 KOMENTAR

  1. mas mau nanya..saat kita klik salah satu product di LAZADA, nah nanti product yang kita klik itu suka nongol di web lain yang kita browsing, seperti kaskus gitu..

    caranya gimana ya..

  2. kira-kira dampak untuk olshop lokal seberapa buruk ya mas? karena sepertinya banyak sekali keyword yang sudah di kuasai lazada.

  3. sedikit menambahkan strategi lazada yang paling menunjang tingkat konversi adalah remarketing mereka sangat bagus sekali, trafik masuk lwt adwords, organik, email, facebook dan pada akhirnya yang sdh masuk terperangkap dengan strategi remarketing, sy lihat pakai criteo
    kemanapun browsing iklan lazada yg muncul hehe

  4. Pantesan Lazada semakin terkenal, bener juga dari segi Seo memang mumpuni dan patut diacungi jempol…

  5. Dan 1 lg om, promosi pake up harga dan diskon yg gak masuk akal wkwkwk kayak popok harga 100jt wkwkwk

    • Bisa jadi itu salah satu strategi mereka, negatif promotion. Terbukti kasus itu langsung heboh di internet dan banyak dishare. Walaupun awalnya tampaknya berdampak buruk bagi reputasi Lazada, tapi pada akhirnya membuat semakin banyak orang yang kenal brand Lazada.

      Tapi ini belum pasti ya, siapa tau memang human atau system error waktu itu. Popok bayi kog bisa seharga Rp 100juta hehehe

  6. ya lazada memang ngeri sekarang, pemasaran mulai dari promonya nyampe ke bbm malah, memang bener sih kalau mau cepet harus keluar modal, tapi untuk site sekelas lazada keluar modal dikit ya biasa aja, ga lama pasti balik lagi modalnya

  7. Sepertinya ngiklan (FB Ads & Google Ads) emang tinggi konversinya dan semakin mempercepat peningkatan reputasi sebuah situs.

    Saya lihat Maxmanroe juga sering ngiklan di FB, terutama untuk fan pagenya…

    Lazada sadar betul bahwa bisnis onlinenya emang butuh berbagai stategi marketing yang selalu di ujicoba, dan mereka pasti punya sumber saya yang luar biasa.

    Saya kira bung marikxon emang benar dan saya sangat setuju dengan ulasan diatas…patut di pelajri dan di coba

    • Kalau konversi sepertinya belum bisa dibilang bagus ya. Tapi kalau trafik dari Facebook Ads memang besar, bagus untuk branding.

  8. Ini review untuk lazada dari maxmanroe :-D hihi

  9. Apakah artikel 5 strategi pemasan online lazada yang dibuat oleh maxmanroe, termasuk dalam kategori lazada bekerja sama dengan blogger kah? :D

  10. mngkin Lazada juga memasang iklan admo ya bang,.. setiap aplikasi android sering atau banyak iklan muncul ttg Lazada

Tinggalkan Balasan