5 Strategi Menaikkan Harga Tanpa Khawatir Kehilangan Pelanggan

5 Strategi Menaikkan Harga Tanpa Khawatir Kehilangan Pelanggan

Image dari Forbes.com
Image dari Forbes.com

Di dalam sebuah bisnis, menaikkan harga tanpa strategi akan menjadi suatu masalah. Salah satu dampak dari kenaikkan harga yaitu kehilangan pelanggan dan minimnya peminat. Dilihat dari perilaku konsumen Indonesia, sebagian besar mereka memilih untuk membeli produk yang harganya lebih murah dari produk lain, masalah kualitas justru menjadi nomor dua.

Ya itulah kenyataan dari perilaku konsumen kita. Lalu bagaimana tips menaikkan harga tanpa khawatir kehilangan pelanggan? Di dalam artikel singkat ini kami rangkum strategi untuk menaikkan harga, semoga dapat menjadi salah satu strategi Anda di dalam mensiasati kondisi ekonomi yang semakin sulit saat ini.

1. Mensosialisasikan Kepada Pelanggan Terkait Kenaikkan Harga

Strategi yang pertama yaitu dengan mensosialisasikan kepada pelanggan Anda mengenai rencana kenaikkan harga. Hal ini agar pelanggan Anda dapat memahami keputusan Anda. Jangan membuat keputusan penting tanpa melibatkan konsumen.

Konsumen adalah salah satu elemen penting di dalam sebuah bisnis jadi sebisa mungkin untuk melibatkan mereka, apalagi hal ini terkait kenaikkan harga. Dan langkah untuk mensosialisasikannya, untuk bisnis di ranah online bisa melalui e-mail, broadcast melalui blackberry messangger, akun #media sosial bahkan Anda bisa membuat sebuah banner yang bisa Anda posting di Twitter maupun Facebook yang berisi pengumuman mengenai kenaikkan harga tersebut.

Artikel lain: Mengenal Beberapa Teknik Penetapan Harga Produk

Jika Anda memiliki #toko online, maka bisa Anda manfaatkan dengan membuat banner tersebut. Perhitungkan juga jangka waktu kapan naiknya harga tersebut, hal ini agar pelanggan dapat menyesuaikan.

2. Memberikan Penjelasan Kepada Konsumen dengan Jujur

Strategi menaikkan harga yang kedua adalah dengan memberikan penjelasan sejelas-jelasnya kepada pelanggan Anda dengan jujur. Biasanya setelah pengumuman mengenai kenaikkan harga ini, pelanggan akan bertanya-tanya mengenai detil kenaikkan harga tersebut.

Oleh karena itu berikan penjelasan dengan jujur mengapa Anda menaikkan harga, bisa karena meningkatnya harga bahan pokok, naiknya biaya pengiriman dan lain hal. Sebaiknya berikan penjelasan dengan jujur agar pelanggan Anda dapat memahami situasi tersebut. Hal ini akan membuat pelanggan Anda tetap loyal dan memberikan value yang besar terhadap merek Anda.

Penjelasan Anda haruslah masuk akal dan tidak berkesan dibuat-buat. Karena mereka akan terus membandingkan harga Anda dengan pesaing, untuk itulah berikan pejelasan dengan sejujur-jujurnya.

3. Memberikan Bonus atau Gift

Kadang kala ketika pelanggan mengetahui kenaikkan terjadi pada produk Anda, mereka akan mengurungkan niatnya untuk membeli. Untuk mensiasati masalah tersebut Anda dapat memberikan bonus special berupa kupon undian atau sekedar gift. Hal ini dilakukan agar pelanggan berfikir walaupun ada sedikit kenaikkan, namun keuntungan yang didapatnya lebih banyak.

Pelanggan merasa senang ketika mereka mendapatkan hadiah kecil ketika membeli, hal ini juga dikarenakan mereka merasa di perhatikan oleh kita. Ini adalah salah satu poin yang membuat mereka loyal terhadap merek kita.

Hanya dengan sebuah hadiah sederhana akan memberikan dampak yang besar bagi penilaian pelanggan. Anda juga dapat menyiasatinya dengan memberikan bonus tertentu dengan minimal pembelian tertentu. Dengan strategi ini di harapkan dapat menjadikan pelanggan Anda tetap loyal.

4. Memberikan Berbagai Pilihan Harga

Strategi yang ketiga adalah dengan memberikan beberapa pilihan harga, Anda bisa menyiasatinya dengan membuat strategi bundling dengan lebih murah. Dengan begitu pelanggan Akan berasumsi bahwa kenaikkan harga tersebut tidak begitu besar dan membuat pelanggan Anda dapat menerima keputusan Anda untuk menaikkan harga. Selain itu strategi bundling juga dapat menjadi metode penjualan khusus untuk Anda, mereka dapat membeli dua produk sekaligus dengan harga yang lebih murah.

Baca juga: Produk Mahal Sulit Dijual? Ketahui Dulu Triknya!

5. Memberikan Touch Up Pada Produk

Strategi yang terakhir adalah memberikan sentuhan baru pada produk Anda. Contohnya dengan membuat kemasan baru yang lebih menarik, memperbaharui kualitas kemasan dan mempercantik packaging untuk pengiriman barang. Bahkan bisa juga dengan membuat tampilan baru pada toko online dan akun media sosial bisnis Anda.

Sehingga pelanggan merasa kenaikkan harga sesuai dengan peningkatan kualitas dan pelayanan Anda. Karena sifat konsumen adalah selalu ingin mendapatkan lebih dari apa yang dapat mereka berikan. Maka dari itu, menaikkan harga yang sebanding dengan peningkatan kualitas produk dan pelayanan akan membuat konsumen merasa tidak dirugikan.

TIDAK ADA KOMENTAR

Tinggalkan Balasan