5 Software Pengganti Microsoft Office yang Bisa Digunakan Secara Gratis 

Image dari Extremetech.com

Image dari Extremetech.com

Microsoft Office memang telah menjadi banyak pilihan orang untuk menuliskan data dan informasi untuk nantinya disimpan menjadi file. Namun semakin berkembangnya zaman kini seseorang memiliki banyak pilihan untuk bisa menuliskan segala apa yang ingin dituliskannya secara digital tanpa harus dengan software Microsoft office.

Dengan menghadirkan beragam fitur yang ada, beberapa aplikasi dan software pengganti #Microsoft Office ini bisa menjadi pilihan Anda untuk mengerjakan tugas-tugas Anda di kantor dan di pendidikan Anda. Lalu apa saja alternatif pengganti Microsoft Office tersebut? Berikut ulasannya.

1. Google Docs

Alternatif pertama #software pengganti Microsoft Office adalah Google Docs. Program ini cukup lengkap untuk menggantikan peran dari Microsoft Office. Pasalnya, hampir semua fungsi dasar Microsoft Office ini dapat diakomodasi oleh Google Docs.

Program besutan perusahaan milik Sergey Brin dan Larry page ini dihadirkan dalam tiga macam lini, yaitu Docs yang bisa menggantikan Microsoft Word, Sheets yang bisa mengantikan Microsoft Excel, dan Slides yang bisa menggantikan peran Microsoft PowerPoint. Untuk bisa mengakses Google Docs, syaratnya Anda harus sudah memiliki akun Google. Jika belum memilikinya, maka Anda dianjurkan untuk mendaftarkan diri terlebih dahulu.

Artikel lain: Microsoft Office 2016 Resmi Dirilis, Inilah Karakteristik Dan Fitur Lengkapnya

Saat Anda mengerjakan tugas-tugas Anda di Googel Docs, maka semua pekerjaan Anda akan tersimpan di Google Drive. Melihat tampilan antarmukanya, Google Docs terbilang mirip dengan Microsoft Office. Oleh sebab itu, tidak salah jika Google Docs bertengger di urutan pertama program alternatif gratis pengganti Microsof Office.

2. LibreOffice

Posisi kedua sebagai program alternatif gratis pengganti Microsoft Office adalah LibreOffice. Berbeda dengan Google Docs, LibreOffice merupakan program atau software yang dipasang di #komputer atau laptop, sehingga bisa diakes tanpa peramban.

Beberapa fitur yang dimiliki LibreOffice dianggap sudah bisa memainkan peran sebagai program default untuk semua dokumen Office, spreadsheet dan presentasi, serta memiliki berbagai peralatan lain yang membuatnya lebih dari sekadar ‘program alternatif’ biasa. Bahkan banyak orang yang menyadari saat mereka menggunakan LibreOffice mereka mendapati bahwa LibreOffice sangat mirip dengan versi ‘jadul’ Microsoft Office.




Selain fitur Microsoft Office, LibreOffice juga memiliki fitur lainnya tersendiri yaitu fitur menggambar yang sudah tertanam (built-in), bagian rumus matematika, dan basis data yang melengkapi fitur-fitur utama.

3. OpenOffice

Meski diangga sebagai versi ringan dari LibreOffice, OpenOffice tetap menjadi pilihan favorit sebagai software pengganti Microsoft Office . OpenOffice dan LibreOffice memang lahir dari proyek yang sama, namun meski demikian mereka memiliki perbedaan pada sidebar yang berisi banyak pilihan format yang berbeda. Di LibreOffice, sidebar tersebut harus diaktifkan secara manual.

Adapun fitur OpenOffice yang benar-benar dipangkas dari LibreOffice adalah peralatan untuk menyematkan kata (word embedding tool). Terlepas dari hal-hal kecil ini, OpenOffice dan LibreOffice ini memang terbilang sangat mirip dengan menawarkan cara mudah untuk mengelola dokumen Office.

4. Atlantis Word Processor

Selanjutnya, alternatif software pengganti Microsoft Office adalah Atlantis Word Processor. Dari segi interface (tampilan) akan sangat terlihat jelas bahwa Atlantis Word Processor ini merupakan salinan utuh dari versi Microsoft Word ‘jadul’. Meski demikian, Atlantis Word Processor sendiri merupakan program pengolah kata saja, bukan paket program Office seperti ketiga program sebelumnya.

Sebagai program pengolah kata, Atlantis Word Processor akan berfungsi untuk mengelola semua format dengan sangat baik. Atlantis Word Processor juga akan mampu mengatur dokumen-dokumen baru ke tab di bagian bawah program yang bisa menjadi cara yang bagus untuk menghemat ruang. Selain itu Atlantis Word Processor ini juga dilengkapi dengan fitur power type yang akan bekerja seperti predictive text dan menebak kata berikutnya, sebelum kata itu diketik.

Baca juga: Send ~ Aplikasi Email Terbaru Besutan Microsoft 

5. WPS Office

Terkahir, program alternatif Microsoft Office adalah WPS Office. WPS Office sendiri terbagi menjadi tiga program yang berbeda, yaitu writer,presentation, dan spreadsheet dimana ketiganya dapat menggantikan peran Word, PowerPoint, dan Excel.

Tampilan WPS sendiri tampak mirip seperti versi Office yang lebih baru. Dengan terintegrasi secara online, WPS Office menjadi fitur penting. Dan dengan adanya berbagai template, pengguna akan dimudahkan untuk membuat pekerjaan menjadi lebih mudah.

Dokumen yang disetel ke dalam beberapa tab akan sangat memudahkan pengelolaan dokumen dan setiap kali membuka dokumen baru. Dokumen sendiri akan ditempatkan di samping dokumen-dokumen sebelumnya dan hanya akan menghilang, setelah telah disimpan atau ditutup.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2017 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud