Beranda Blogging 5 Sebab Yang Membuat Traffic Blog Turun Drastis dan Cara Mengatasinya

5 Sebab Yang Membuat Traffic Blog Turun Drastis dan Cara Mengatasinya

traffic blog

Blog juga sama seperti bisnis, ada kalanya naik dan turun. Jadi traffic blog yang naik turun itu sebenarnya hal yang wajar. Namun bagaimana jika traffic blog menurun dengan sangat drastis? Jika memang blog Anda menurun dengan drastis tentu saja hal ini di luar kewajaran.

Anda harus segera mencari penyebabnya dan segera bertindak agar blog Anda tak jatuh terjerembab dan terhempas ke jurang yang lebih dalam dan segera bangkit dari pesakitan traffic yang rendah. Lalu apa saja penyebab blog mengalami traffic yang turun drastis ini? Berikut ulasan dan cara mengatasi traffic yang turun drastis tersebut.

1. Blog Trending (Musiman)

Penyebab pertama blog mengalami penurunan traffic yang drastis adalah tipe blog yang mengusung tema trending (musiman). Ya, layaknya bisnis musiman, blog musiman pun ada dan membuat traffic anjlok menguat di beberapa waktu dan turun drastis juga di waktu tertentu.

Blog dengan tema trending (musiman) ini misalnya blog niche berita dan blog personal. Kedua jenis blog ini memang seringkali akan akan mendapatkan pengunjung yang sifatnya musiman, karena tema yang diangkat bersifat musiman.

Cara Mengatasinya :

Pilihlah dan kelola blog yang bersifat non-musiman, dalam hal ini adalah blog niche long term seperti niche tutorial atau tips. Dengan blog khusus jangka panjang tersebut, Anda akan memperoleh pengunjung tetap dan tak tergantung musim. Namun jika Anda masih bersikukuh dengan blog musiman Anda, maka Anda harus memposting lebih banyak artikel dalam rentang waktu yang singkat jika ingin traffic blog tetap terjaga dan tidak turun drastis.

Artikel lain: Cara Meningkatkan Traffic Pengunjung Blog / Website Dengan Cepat

2. Volume Persaingan Meningkat

Dunia blogging yang semakin pesat akan membuat persaingan menjadi sangat ketat. Ya, peluang blog yang mampu menghasilkan pundi-pundi rupiah memang telah membuat banyak orang tertarik menggeluti blogging. Maka dari itu meningkatnya persaingan blog juga berpotensi untuk menggeser posisi blog Anda di SERPs, dan secara teknis kondisi ini akan membuat blog Anda kehilangan trafik dalam jumlah yang signifikan.

Cara Mengatasinya :

Untuk mengatasi hal ini, Anda mau tak mau harus melakukan posting lebih banyak artikel berkualitas secara teratur. Jangan lupa juga untuk memperbanyak backlink berkualitas serta meningkatkan popularitas blog Anda di #media sosial.

3. Kualitas Artikel Berdampak pada Traffic Blog

Kualitas sebuah postingan atau artikel memang tak bisa diremehkan. Hal ini dikarenakan #search engine yang kini memiliki banyak indikator untuk menilai sebuah kualitas artikel. Maka dari itu memposting artikel berkualitas sangat penting dan bermanfaat untuk menjaga peringkat artikel di index hasil pencarian mesin pencari. Blog yang memiliki postingan artikel yang asal-asalan jelas kan membuat trafficnya menurun secara drastis.

Cara Mengatasinya :

Pastinya Anda harus mulai membangun blog Anda dengan artikel yang berkualitas. Artikel berkualitas bisa ditandai pada banyak hal seperti orisinalitas, kepadatan kata (tidak kurang dari 300 kata) serta memiliki kebermanfaatan pada banyak orang atau pengunjung.

4. Terlalu Sering Mengganti Template

Bagi Anda yang seringkali otak-atik template, maka kali ini Anda harus berpikir ulang. Ini karena kegiatan penggantian template yang berulang-ulang dapat mempengaruhi peringkat suatu blog di SERPs. Sebuah template memang akan memberi banyak peran ketika proses crawling yang dilakukan oleh spider bot search engines, hingga pada akhirnya terlalu seringnya penggantian template akan membuat blog yang bersangkutan akan mengalami penurunan peringkat blog yang drastis.

Cara Mengatasinya :

Pilih template blog yang #SEO dan mobile friendly yang cocok dan Anda senangi setelah melalui proses preview terlebih dahulu tentunya. Setelah diinstall, Anda harus mendaftarkannya ke #Google Webmaster Tools dengan cara masuk ke layanan tersebut dan memilih menu Fetch As Google. Hal ini dilakukan agar spider bot Google bisa merayapi blog Anda pada saat itu juga.

Baca juga: 6 Teknik Membangun Otoritas Blog Mulai Dari Nol

5. Melakukan Optimasi Secara Berlebihan

Sesuatu yang berlebihan memang berujung hal yang tidak baik. Termasuk dalam optimasi, yang sebenarnya merupakan usaha untuk meningkatkan pengunjung blog. Optimasi yang berlebihan ternyata akan memberikan dampak buruk pada blog karena Search Engines menganggap hal ini sebagai bentuk kegiatan ilegal. Apabila kegiatan over optimasi ini dilanggar, maka blog Anda akan mengalami penurunan peringkat atau bahkan dihilangkan dari index.

Cara Mengatasi :

Lakukan optimasi sewajarnya sepeti membangun blog baru dengan jumlah backlink yang wajar dan masuk akal. Optimasi blog yang dilakukan secara terukur akan membuat blog terhindar dari ancaman blog spam dari mesin pencari.

41 KOMENTAR

  1. saya menemukan artikel ini karena tiba-tiba traffic blog saya turun terjun bebas, sepertinya ada yang janggal, setelah baca artikel ini sepertinya lebih mengarah pada yang nomor terahir, optimasi secara berlebihan, terimakasih petunjuknya.

  2. Artikel menarik dan bermanfaat

  3. Artikelnya bagus mas, tapi entah mengapa saya masih bingung kenapa traffic saya suka naik turun sendiri…

  4. blog saya terkena poin no,1 dan 2 kayaknya, dari trafik ribuan per hari sekarang anjlok jadi ratusan… Terimakasih mas atas informasinya

  5. Nah ini yang sedang blog saya alami, cari-cari info dapet pencerahan juga.. Sepertinya perlu ada yang ditingkatin nih, rutin posting lagi misalnya

  6. kami sangat bertrimakasih atas artikel agan kami memahami berulang ulang tapi hasil nya sangat amat memuaskan website banyak pengunjung dan terindex oleh goole semoga bermanfa’at bagi yang melajari artikel ini

  7. Ass maaf gan apakah jumlah artikel, lalu umur blog, kemudian ganti domain itu mempengaruhi pada trafik blog? rata berapa lama ya supaya trafik nya naik lagi? ttrims

  8. Untuk point no.5, parameternya apa Om, agar kita tidak over optimasinya?

  9. makasih informasinya gan, tapi saya masih bingung kenapa traffic blog saya sangat miris sekali, tambah lagi disaat saya submit url google jarang di erima padahal artikel itu hasil dari saya sendiri

  10. dr pengalaman kami penyebab terbesar dari pengunjung blog turun adalah kulitas artikel yang asal asalan..jika artikel pas pas san, baik konten, kepadatan kata, lebih baik jangan di posting.

  11. sangat membangun artikelnya, terutama poin nomor lima itu yang selalu menjadi penasaran. alih alih ingin trafiknya tinggi malah jadi merosot

  12. Terima kasih pencerahannya Gan. saya akan coba terapkan di blog saya.

  13. Ulasan yang begitu menarik.. sepertinya benar yang di bahas di atas blog saya turun drastis

  14. Mas saya baru ganti template yang lebih seo, tapi kenapa blog saya trafiknya turun drastis ya??? Mohon sharing nya

  15. google sanbox pengaruh nggak min
    ane coba google sandbox checker, blog ane kena
    tp setelah ane cek blog lain yg populer, ternyata banyak jg yg kena sandbox

    • Tools checker sering salah menilai sebuah website pak Wildanarya. Jangan berpatokan pada tools tersebut :)

  16. blog saya di sini mengisi tentang lagu mp3, dan di sini saya mau bertanya kepada bapak, apakah optimasi pada blog lagu ini harus bagus ya pak, saya agak sedikit merasa bingung tentang masalah seo, jika saya bertanya pada teman-teman saya yang lain, blog tentang lagu ini tidak perlu optimasi yang sangat kuat, dan yang di perlukan hanyalah link download yang mudah dan usia blog harus tua, apakah itu benar apa tidak ya pak?

  17. saya prefer punya budget kecil, ke PPC namun di optimasi agar dengan budget kecil hasilnya bisa melimpah.

  18. blog saya termasuk kategori blog musiman, jadi untuk menjaga agar taffik blog tetap stabil, harus konsisten update tiap hari ya..

  19. yang ane rasakan memang persaingan makin ketat…jadi harus rajin2 optimasi

  20. pada saat saya membangun web saya, karena bnyak pilihan template, saya ganti2 template, ternyata content nya malah ngaco. setelah launching web saya, pernah ganti template, ternyata berpengaruh jg ke traffic visit

  21. yg ganti2 template ane pernah alemin jg… terjun payung visitor dailynya gara2 seringan ganti2 template.

    yuk coba kunjungin portal streaming ane. ty2

  22. Jam Tangan Murah

    sudah 2 minggu ganti template, pngunjung yang tadinya +- 900 sejak gnti template mnurun jadi 100 an.. :(.. yang mau ganti template berpikir ulang 1000x deh…

  23. Benny Ramadhan Fardian

    Mas Marikxon saya baru saja mengalami hal seperti ini . trafik blog saya turun dan tak kunjung meningkat sampai saat ini apa solusi yang tepat mas ?

  24. Kalo saya malah mengalami peningkatan visitor tepatnya jum’at lalu, tepatnya 3 hari sejak komentar ini ditulis. Peningkatan sampai 300% hanya berlangsung hari itu saja. Kemudian, setelah itu kembali normal. Itu fenomena apa ya bang? Mohon pencerahan..

  25. makasih infonya mas.
    ada satu pertanyaan mas,, kalau artikel kita di copas sama kompetitor apakah bisa berpengaruh pada blog kita

    • Sebenarnya berpengaruh, tapi kalau kita konsisten membangun konten maka blog kita yang akan lebih baik posisinya di search engine dibanding blog yg copas

  26. infonya sangat bermanfaat, terimaksih banyak sudah berbagi

  27. duhhh aku malah pusing sendiri bacanya… Coz aku baru beberapa minggu update

  28. Saya malah mau ganti template web biar lebih menarik pengunjung plus mobile friendly, tapi belum ada yang cocok.. :( Template blogspot nggak sebanyak n secantik wordpress ya..
    Jadi belum ganti2 deh dari dulu..

  29. Mas … Bisa kasi tau nggak bagaimana cara meningkatkan pagerank suatu blog secara cepat dan aman … Soalnya saya banyak membaca di internet cara2 instan yg ditawarkan .. Tetapi sm sekali tdk ada pengaruhnya trhadap blog saya … Mogon pencerahannya mas…

  30. Tour Bali Lombok

    Saya kira theme yang tidak suport dengan mobile friendly juga berpengaruh mas, mengingat di google webmaster tool juga ada optimize dengan mobile friendly.

  31. Kampung Inggris

    Mas, apasaja batasan/kriteria optimasi blog yang masih dianggap legal oleh google??

  32. Ternyata melakuan optimasi yang berlebihan juga berdampak buruk bagi traffik blog ya mas. Berkat artikel ini saya jadi tau dampak buruk yang membuat blog kita jadi turun drastis trafficnya dan juga cara mengatasinya. Terimakasih mas

  33. Waah makasih atas pencerahannya mas, bukannya traffic blog turun drastis sih..tapi blog baru yang ingin naik drastis trafficnya..

  34. Mas kalau dari segi hosting gratis misalnya di blogger dengan yang self hosted, apakah itu berpengaruh atau tidak ya? Mungkin dari sisi search engine atau apa gitu.

  35. Pertanyaan saya sama kaya komentar yang pertama, apakah hosting juga berpengaruh?

    • Tentu berpengaruh mas Malik, kalau server nya sering down ya otomatis trafik akan turun dan berpengaruh ke peringkat di search engine.

  36. afrid fransisco

    bagaimana dengan hosting mas, apakah juga mempengaruhi ya

  37. Wowwww Ini artikel yang mantap dan berkualitas tinggi…..untung saya cepat baca jadi dapat pencerahan. O iya, bagaimana mengatasi blog gado2 yang traficnya turun drastis?

  38. entah kenapa kalau blog saya tiap weekend atau libur nasional pasti trafficnya turunnya lumayan

Tinggalkan Balasan