5 Perlengkapan Wajib Para Travel Blogger

travel blogger

Menjadi seorang travel blogger artinya Anda harus siap berpetualang jauh dari rumah guna mendapatkan sebanyak mungkin bahan untuk konten blog Anda. Terkadang seorang travel blogger mau tak mau harus melakukan backpacker dalam aktivitas traveling-nya karena sebuah kondisi dan situasi yang sulit.

Dalam kegiatan traveling sendiri memang akan banyak tantangan yang  mungkin dihadapi blogger, karena beberapa faktor, terutama faktor diluar kuasa kita. Suasana indah dan menyenangkan saat melihat objek wisata yang akan kita jadikan tujuan traveling seringkali harus kita tempuh dengan banyak pengorbanan, dari tenaga yang terkuras, waktu yang tersita banyak hingga biaya besar yang harus kita keluarkan.

Dan yang pasti perjalanan menuju lokasi bisa saja berbanding jauh dari gambar atau video wisata yang kita lihat di #media sosial atau media internet lain. Aktivitas traveling yang akan sering dilakukan para travel blogger dengan penuh tantangan, rintangan serta pengorbanan ini tentu akan membutuhkan kegigihan dan ketabahan dari diri blogger tersebut. Namun blogger yang juga seorang manusia, pada akhirnya akan membutuhkan hal-hal pendukung agar kegiatan travelingnya berjalan lancar dan sukses dan lancar.

Selain dukungan dan pertolongan orang lain, perlengkapan dan peralatan juga memiliki peranan yang sangat krusial yang wajib dilengkapi dan dibawa para travel blogger sebelum benar-benar berangkat menuju lokasi. Lalu apa saja barang dan perlengkapan yang harus dipersiapkan dan dibawa oleh para travel blogger dalam kegiatan traveling-nya ini? Berikut ulasannya.

Artikel lain: 3 Tips Sukses Jadi Travel Blogger, Sederhana Namun Efektif

1. Smartphone

Perlengkapan pertama yang tak boleh tertinggal adalah smartphone. #Smartphone yang memiliki banyak kegunaan ini tentu akan membatu para travel blogger dalam kegiatan traveling-nya. Banyak hal yang bisa dilakukan dengan smartphone ini dari meminta pertolongan saat kondisi darurat hingga mengusir kejenuhan saat menunggu pesawat, bus atau kereta api tiba.

Smartphone yang semakin tahun semakin canggih dengan beragam aplikasinya ini tentu saja akan semakin memudahkan para travel blogger dalam traveling hingga blogging itu sendiri. Dengan smartphone, Anda bisa memesan tiket perjalanan dan hotel untuk penginapan. Dengan ponsel pintar ini Anda juga bisa mendokumentasikan perjalanan dan objek yang Anda kunjungi serta bersosial media.

2. Uang Tunai

Meski Anda telah prepare atau mempersiapkan segala sesuatunya seperti tiket, penginapan dan stock makanan dan minuman, Anda tetap harus membawa sejumlah uang tunai. Besarannya sendiri bisa Anda sesuaikan berdasarkan kebutuhan akan jarak, akses lokasi serta lamanya waktu yang akan Anda habiskan di lokasi. Meski Anda memiliki kartu ATM, uang tunai juga tetap harus Anda sediakan sebagai dana darurat serta persiapan jika ditempat yang Anda kunjungi ternyata tidak ditemukan mesin ATM.

3. Air Putih

Air putih adalah perlengkapan berikutnya yang tidak boleh Anda lewatkan. Air putih yang berfungsi sebagai pelepas dahaga ini akan menjadi sesuatu yang penting bagi para travel blogger saat beraktivitas diluar ruangan yang tentunya sangat rentan haus dan dehidrasi. Apalagi jika Anda traveling saat musim kemarau dan ke tempat yang jauh dari perkotaan, tentu air putih yang harus Anda sediakan harus lebih banyak.

Air putih yang Anda bawa ini akan menjadi penolong Anda saat Anda mengalami sesuatu hal yang darurat seperti tersesat, kehabisan bekal atau mungkin pingsan. Air putih ini merupakan barang yang penting untuk dibawa dan bahkan bersifat wajib bagi para travel blogger yang akan melakukan traveling ke tempat-tempat seperti gunung, laut atau tempat lain yang jauh dari penduduk.




4. Power Bank

Power Bank atau portabel charger merupakan perangkat yang berfungsi menyimpan menyimpan daya yang nantinya digunakan untuk mengisi ulang #gadget kita yang sedang lowbatt. Power Bank yang praktis dan mudah dibawa kemana-mana ini tentu akan membantu para travel blogger yang sedang bepergian jauh yang mungkin saja ke tempat yang belum ada fasilitas listriknya.

Meski tujuan blogger adalah perkotaan yang notabene memiliki layanan listrik yang memadai, namun beberapa faktor lain seperti terjadinya pemadaman listrik yang tak bisa dihindari, bisa saja menjadikan Anda kelimpungan karena tak bisa men-charger perangkat lain yang urgent untuk segera digunakan.

Baca juga: Mengenal 6 Travel Blogger Indonesia Terpopuler di Instagram

5. Kamera

Perangkat terakhir yang penting dan wajib dibawa seorang travel blogger adalah kamera. Meski smartphone telah memiliki fungsi ganda untuk berfoto, namun keberadaan kamera juga tak kalah pentingnya untuk dibawa. Kenapa? Ini dikarenakan smartphone yang memiliki keterbatasan pada baterai dan resolusinya, membuat kamera selalu tak tergantikan untuk menghasilkan foto-foto yang terbaik dan berkualitas. Dengan foto-foto yang berkualitas ini tentu akan semakin menambah baik citra blog Anda saat dilihat oleh visitor blog Anda.



3 total comments on this postSubmit yours
  1. Satu lagi.. Seseorang dengan perasaan yang sama sangat penting mas ^_^

  2. Penuh petualangan, blog travel yang di sungai amazone, untuk menulis konten tentang ular anaconda, tapi ya harus butuh banyak dolar Mas,.. Kalo aku cukup di Soloraya aja,.. Terutama di Boyolali,..

  3. artikel yang sangat bermanfaat terutama bagi traveler.. terimakasih :)

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud