5 Peran Strategis Komunitas Bisnis Dalam Dunia Usaha

5 Peran Strategis Komunitas Bisnis Dalam Dunia Usaha

Peran-Strategis-Komunitas-Bisnis-Dalam-Dunia-Usaha
Image: bc-club.org.ua

Menjalankan dan mengelola sebuah usaha tidak bisa teman-teman lakukan sendirian tanpa melibatkan orang lain. Mungkin masih bisa sih dengan melibatkan sedikit orang dalam mengelola intern bisnis sobat. Namun untuk menunjang perkembangan dan eksistensi bisnis, teman-teman tidak bisa hanya mengandalkan diri sendiri saja. Ide bisnis yang brilian akan tidak maksimal jika hanya dilakukan sobat sendiri saja. Apalagi ketika bisnis yang teman-teman kerjakan saat ini sedang dalam tahapan pengembangan.

Saya ingin menyampaikan kepada teman-teman pebisnis bahwa dalam menjalankan usaha juga sangat penting peran dari sebuah komunitas bisnis. Komunitas bisnis sendiri adalah sekumpulan orang yang mempunyai kesamaan cara pandang bisnis dalam kehidupannya. Dulu ketika teknologi internet belum ada seperti saat ini, sebuah #komunitas bisnis sering mengadakan pertemuan secara offline dengan berbagai misi. Kini, saya kira semakin mudah membangun sebuah komunitas bisnis melalui kecanggihan internet, misalnya dengan memanfaatkan media sosial sebagai sarana.

Lalu bagaimana sih sebenarnya peran komunitas bisnis untuk bisnis kita sendiri? Mari kita simak ulasan di bawah ini.

1. Komunitas Bisnis Memperkaya Wawasan

Dengan adanya sebuah komunitas bisnis, sedikit banyak tentu akan menambah wawasan teman-teman dalam dunia bisnis. Baik untuk bisnis yang sama dengan yang teman kerjakan atau mungkin bisnis yang sama sekali berbeda. Dengan bergabung dengan komunitas bisnis, teman-teman akan memperoleh wawasan yang banyak dan juga bermacam-macam.

Dengan wawasan yang beraneka ragam inilah yang nantinya ke depan akan menambah pengalaman pada cara berpikir Anda. Anda juga akan semakin tahu bagaimana cara menghadapi suatu masalah, bagaimana memecahkannya dan bagaimana harus mengambil langkah yang tepat terhadapnya.

Artikel lain: Danny Wirianto, ‘Bocah Nakal’ yang Sukses Menggawangi Kaskus dan Mindtalk

2. Komunitas Bisnis Menambah Informasi

Tentu saja hal ini sangat mudah teman-teman dapatkan ketika bergabung dengan sebuah komunitas bisnis. Informasi yang menjadi salah satu faktor kesuksesan sebuah bisnis akan mudah Anda peroleh ketika bergabung dengan komunitas. Apalagi didukung dengan canggihnya dunia informasi saat ini, saya yakin jauh akan lebih mudah mendapatkan informasi yang berharga.

Info-info seputar bisnis saat ini begitu mudah menyebar melalui internet, baik dengan media sosial, blog ataupun melalui email. Nah, kecepatan dan keakuratan informasi juga sangat membantu pada percepatan bisnis teman-teman.

3. Komunitas Bisnis Memungkinkan Saling Bertukar Informasi

Dengan begitu terbukanya akses informasi dan mengalir begitu cepat, maka dalam sebuah komunitas yang dibangun memungkinkan untuk saling bertukar informasi. Saling memberi informasi terbaru mengenai ide bisnis sangat mudah dilakukan. Pertukaran informasi seperti ini memungkinkan teman-teman untuk mendapatkan ide-ide kreatif dalam menjalankan sebuah bisnis.

Sederhananya, kadang kita kan berada dalam posisi yang stagnan dan buntu dalam menggali ide, nah dengan adanya berbagai informasi dari komunitas bisnis, tentu akan memudahkan kita dalam menggali inovasi dan kreasi.

4. Komunitas Bisnis Mningkatkan Rasa Persaudaraan

Dengan membangun sebuah wadah komunitas, rasa persaudaraan akan semakin tumbuh dan semakin kuat. Apa keuntungan dari tumbuhnya rasa persaudaraan ini pada bisnis kita, tentu ada banyak sekali. Karena dalam dunia bisnis tentu saja kita tidak selalu berada pada kondisi yang aman dan nyaman, maka kehadiran teman yang memberikan motivasi adalah sangat penting.

Ketika kita berada dalam kondisi terpuruk misalnya, atau terkena musibah, maka peran sebuah persaudaraan dalam komunitas bisnis sangat membantu sekali. Baik membantu secara moral dengan memberikan support maupun membantu secara finansial.

Baca juga: Cara Beretika Menghadapi Perdebatan di Media Sosial

5. Komunitas Bisnis Sekaligus Relasi Bisnis

Komunitas bisnis juga bisa saling memberi manfaat sebagai relasi dan partner bisnis. Dalam sebuah komunitas bisnis tentu ada salaing keterbutuhan terhadap sesuatu, nah manfaatkan peluang bisnis itu. Di sini akan semakin memperluas jaringan dan rekan bisnis Semakin besar sebuah komunitas bisnis, maka kemungkinan terhadap munculnya peluang bisnis baru juga akan semakin bertambah. Anda dan tentu saja akan meningkatkan potensi perkembangan bisnis yang sedang teman-teman kelola.

So, jangan ragu lagi untuk ikut dalam sebuah komunitas bisnis. Atau barangkali teman-teman sendiri sebagai penggagas sebuah komunitas. Karena sebuah komunitas bisnis sanagt bagus dan bisa memberikan begitu banyak manfaat terhadap bisnis teman-teman.

TIDAK ADA KOMENTAR

Tinggalkan Balasan