5 Pelajaran Penting Dari Raksasa Ecommerce China Alibaba

5 Pelajaran Penting Dari Raksasa Ecommerce China Alibaba

Alibaba

Dulu Alibaba mungkin belum dikenal di industri #ecommerce global, namun saat ini Alibaba menjadi salah satu ecommerce yang patut diperhitungkan. Perjalanannya yang begitu berat menjadikan banyak pelajaran yang dapat diambil dalam usahanya menembus pasar global. Kali ini Tim Maxmanroe akan memberikan beberapa pelajaran penting yang dapat kita ambil dari usaha alibababa menuju ecommerce  tingkat global yang sukses.

1. Jangan Biarkan Kegagalan Mengahadangmu

Mungkin Anda tahu sekarang bahwa Alibaba adalah salah satu ecommerce yang sukses yang didirikan oleh JackMa. Namun apakah Anda tahu bahwa JackMa pernah gagal. Ya, JackMa pernah mengalami kegagalan pada saat ia mendirikan startup yang bernama ChinaPages.

Jadi intinya adalah jika Anda ingin menjadi besar, maka Anda jangan pernah takut untuk gagal. Kegagalan adalah hal biasa dalam dunia bisnis, namun jangan jadikan kegagalan tersebut sebagai alasan untuk Anda menyerah. Jadikan kegagalan tersebut sebagai pelajaran dan pengalaman berharga untuk Anda supaya menjadi lebih bijak lagi.

Artikel lain: Jack Ma ~ Sosok Bersahaja Dibalik Kesuksesan Alibaba.com

2. Persiapkan Kondisi Anda untuk Keadaan Terburuk

JackMa mengambil sebuah keputusan besar yang terjadi pada tahun 2000, Alibaba tidak membutuhkan uang tambahan pada saat itu. Alibaba telah mendapatkan sebuah pendanaan, dan saham perusahaan #internet saat itu sedang dalam kondisi terbaiknya. Meski memiliki kondisi keuangan yang baik Jack Ma tetap mengambil keputusan untuk menggalang dana dari Softbank, hal tersebut dilakukan untuk memastikan bahwa perusahaan yang ia dirikan tetap beroperasi.

Dari hal diatas dapat kita ambil pelajaran, intinya Anda harus mempersiapkan segala sesuatu untuk menghadapi kemungkinan terburuk yang nanti akan muncul menerpa bisnis Anda meski kondisi bisnis Anda masih sangat baik. Orang yang sukses adalah orang yang mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik.

3. Gunakan Kelebihan Pesaing Anda Menjadi Kelemahan Mereka

Saat pertama kali Alibaba muncul kepermukaan, mereka sudah bersitegang dengan eBay. Tidak ada alasan untuk Alibaba dapat mengalahkan ebay. Namun alibaba tidak habis ide, Alibaba menjadi besar dengan menggunakann kelebihan yang dimiliki eBay.

Jadi ketika eBay mengatakan hal buruk mengenai Alibaba, justru mareka tengah mempromosikan Alibaba secara tidak langsung ke publik dan tentu saja dengan hal tersebut Alibaba menjadi lebih dikenal lagi. Selain memanfaatkan kelebihan dari kompetitor untuk dijadikan senjata marketingnya, Alibaba juga mengimbanginya dengan peningkatan kualitas dan performa.

4. Alibaba Selalu Memilih Partner yang Tepat

JackMa dalam buku yang berjudul Alibaba’s World mengatakan bahwa Alibaba menjadi besar bukanlah karena memiliki orang – orang pintar. Jack Ma tidak pernah merekrut orang orang dengan sebuah gelar yang tinggi ataupun memiliki #pendidikan tinggi. Jack Ma mengatakan carilah seorang partner atau sumber daya yang memiliki kemauan dan memiliki kecocokan dengan budaya kerja yang perusahaan Anda miliki.

Budaya kerja merupakan sebuah hal paling penting dalam sebuah #startup. Singkirkan orang – orang yang memiliki kemampuan namun tidak cocok dengan budaya kerja Anda, karena mereka nantinya akan menjadi penghambat untuk Anda.

Memilih orang yang berkualitas adalah hal yang sangat penting. Orang yang memiliki pendidikan rendah namun mempunyai kemauan dan budaya kerja yang baik jauh lebih menguntungkan dibandingkan orang – orang berpendidikan tinggi namun tidak punya kemauan dan budaya kerja yang cocok dengan perusahaan anda.

Baca juga: Salip Kompetitor, Alibaba Bakal Gunakan Drone Sbg Kurir Barang

5. Berbagi Harta Kekayaan

Meskipun Alibaba saat ini menjadi salah satu ecommerce besar namun Alibaba juga dulunya adalah sebuah perusahaan kecil sebelum menjadi seperti sekarang. Jack Ma yang pernah merasakan masa sulit dengan sangat murah hati memberikan saham perusahaannya kepada pegawainya karena ia paham bahwa apabila pegawai berjuang untuk saham mereka, maka pegawai tersebut akan bekerja lebih keras.

Dan saat alibaba mencapai puncak kesuksesannya para pegawainya pun ikut menjadi kaya, sikap yang diambil Jack Ma ini adalah salah satu sikap yang patut dicontoh. Bukannya menjadikan ia miskin, malah hal tersebut menjadikannya sesorang yang lebih kaya dari sebelumnya.

Semoga poin – poin diatas bermanfaat buat Anda yang ingin terjun ke dunia bisnis digital dengan skala global. Anda harus bisa membangun sesuatu di tengah persaingan yang ketat, kerahkan seluruh kemampuan Anda untuk meraih hasil yang terbaik.

1 KOMENTAR

  1. ini patut dicontoh dan ditiru langkah2nya .dan juga adabnya setelah sukses

Tinggalkan Balasan