5 Langkah Penting Menjalankan Proyek Crowdfunding yang Sukses

Image dari Thenextweb.com

Image dari Thenextweb.com

Saat ini Anda sebagai entrepreneur, terutama yang bergerak di bidang digital memiliki peluang yang besar untuk bisa mewujudkan impian sukses berbisnis meski dengan modal tipis. Pasalnya pebisnis yang umumnya memiliki keterbatasan pada modal, sekarang bisa diatasi dengan teknik crowdfunding. Dengan teknik crowdfunding, Anda akan mampu memperoleh dana dari komunitas online yang berfokus memberikan pinjaman modal untuk mengembangkan sebuah produk.

Meski telah dimudahkan dalam mencari dana, namun sayangnya tak semua pengusaha bisa memanfaatkan teknik pendanaan bisnis yang berasal dari lebih dari 1 pihak ini dengan baik. Hasilnya, tidak sedikit proyek bisnis dari pendanaan yang familiar dengan istilah “patungan” ini berakhir dengan kegagalan.

Bahkan nama besar perusahaan bukanlah jaminan seseorang bisa sukses menarik banyak dukungan pendanaan dari situs crowdfunding. Hal ini sendiri sudah banyak terjadi pada kasus Canonical yang beberapa bulan kemarin meluncurkan proyek Ubuntu Edge.

Artikel lain: Teliti Berinvestasi dan Berbisnis dengan Konsep Crowdfunding




Maka dari itu, untuk sukses menarik banyak dukungan dari investor atau pemodal (backers), Anda harus mengetahui strategi dan tips agar bisa suskes menarik para pemodal (backers) untuk proyek crowdfunding Anda. Lalu seperti apakah tips yang bisa digunakan untuk bisa sukses dalam proyek crowdfunding ini? Berikut ulasannya.

1. Produk yang Benar-benar Menyelesaikan Permasalahan

Tips sukses pertama untuk menjalankan proyek crowdfunding adalah dengan menciptakan produk yang benar-benar menyelesaikan permasalahan. Produk yang benar-benar menyelesaikan masalah dalam kehidupan akan selalu diinginkan dan menarik minat para pemodal (backers) untuk mau mendanai proyek Anda.

Hal ini dikarenakan berangkat dari permasalahan, biasanya produk yang dihasilkan akan banyak diminati dan laris dibeli oleh konsumen. Namun meski begitu, produk yang bisa menyelesaikan permasalahan ini juga harus ditambah dengan dukungan tren yang sedang berkembang. Karena dengan didukung dengan tren yang ada maka ide Anda akan lebih berpeluang lagi untuk didukung oleh pemodal.

2. Berikan Cerita Menarik Untuk Proyek Crowdfunding Anda

Inti sukses dari crowdfunding adalah menarik minat para pemodal agar mau menyuntikkan dananya kepada Anda. Untuk bisa menarik pemodal, Anda bisa membuat sebuah cerita tentang bagaimana proyek tersebut nantinya bisa berdampak kepada masyarakat.

Dalam hal menarik investor ini Anda tidak bisa hanya terpaku pada fitur-fitur yang dimiliki oleh sebuah produk, namun lebih dari itu Anda harus fokus pada cerita human interest.




3. Apresiasi Penuh Kepada Para Pendukung Proyek

Para pemodal adalah manusia yang juga butuh perhatian dan apresiasi. Anda bisa melakukan tips melalui teknik psikologi ini untuk menarik para investor tersebut. Untuk menjalankan teknik ini Anda bisa menjalankan upaya apresiasi dengan cukup sederhana yaitu dengan menjawab setiap komentar ataupun pertanyaan mengenai proyek yang tengah Anda jalankan.

Anda juga bisa menjalankan teknik ini dengan mengirimkan hadiah kecil berupa t-shirt, stiker atau apapun sebagai ucapan terima kasih kepada para penyandang dana. Dengan bentuk apresiasi ini, Anda akan semakin berpeluang untuk mensukseskan proyek crowdfunding Anda.

4. Pertimbangkan Setiap Saran dari Para Pendukung

Saat Anda coba menarik perhatian para pemodal (backer) Anda bisa melakukannya dengan teknik psikologi lain yaitu memperhatikan setiap saran dari para pemodal atau pendukung Anda. Dengan mempertimbangkan setiap saran yang diberikan para investor, maka mereka para pemodal ini akan merasa dilibatkan dan dihormati dalam proyek crowdfunding yang akan Anda jalankan.

Saat mereka merasa dilibatkan maka mereka para pemodal ini tak akan ragu-ragu lagi untuk terus mendukung Anda hingga proyek Anda sukses dengan baik dan lancar.

Baca juga: KickStarter ~ Kiprah Platform Pendanaan Proyek Terbesar Di Dunia

5. Jangan Sepenuhnya Mengandalkan Uang dari Crowdfunding

Terakhir, tips suskes menjalankan proyek crowdfunding adalah dengan tidak mengandalkan sepenuhnya uang dari crowdfunding. Meskipun Anda bisa saja mencari dana dengan jumlah yang besar sekalipun, namun untuk menjalankan proyek ini dengan baik alangkah baiknya Anda tak sepenuhnya mengandalkan uang dari situs crowdfunding.

Lebih dari itu Anda juga seharusnya sudah terlebih dulu menyiapkan dana awal sebelum mengkampanyekan proyek crowdfunding yang dijalankannya. Dengan adanya dana awal atau dana cadangan ini, maka Anda bisa menggunakannya untuk berbagai keperluan seperti menyewa kantor atau untuk pengembangan prototipe produk dan kebutuhan dadakan lainnya.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud