5 Langkah Efektif Ubah Bisnis Menjadi Market Leader

Image dari Inc.com

Image dari Inc.com

Salah satu impian yang ingin dicapai setiap pebisnis tentu dapat melihat bisnis yang dijalankan menduduki puncak persaingan sebagai market leader. Namun sudah pasti jalan menuju pemimpin pasar bukan usaha yang mudah. Perlu kerja keras serta keberanian lebih agar mampu mengungguli para rival bisnis.

Jika dibayangkan, menjadi sebuah market leader tentu merupakan capaian besar dalam perjalanan sebuah bisnis. Tata kelola perusahaan yang stabil, upaya branding yang telah mengakar serta adanya basis loyalitas konsumen tentu akan sangat menguntungkan bisnis kita. Tengok saja beberapa brand besar seperti produk Indofood di bidang kuliner, Honda di bidang pabrikan kendaraan atau mungkin Aqua yang bahkan telah menjadi brand abadi untuk produk air mineral.

Namun meski sulit, bukan berarti menjadi market leader adalah hal yang mustahil. Selain adanya kemauan dan usaha keras, beberapa hal di bawah ini juga mampu memuluskan jalan bisnis Anda pada tangga kesuksesan sebagai sebuah market leader.

1. Hadirkan Solusi Terbaik

Kebanyakan dari unit bisnis yang saat ini sudah menjadi sebuah market leader, semuanya berangkat dari pemenuhan solusi atas apa yang dibutuhkan konsumen. Para pendirinya mampu melihat apa yang sedang atau akan sangat diperlukan oleh konsumen, dan kemudian mulai mengembangkan produk yang mampu menjawab permasalahan tersebut.

Namun jika pasar bisnis yang Anda masuki sudah cukup padat pesaing, yang harus dilakukan adalah bukan hanya menghadirkan solusi, namun harus menjadi solusi yang terbaik. Hal tersebut dapat dilakukan dengan terus mengembangkan keunggulan produk. Dan ketika keunggulan tersebut sudah bisa diterima oleh konsumen, tugas kita adalah mempertahankannya.




Artikel lain: 10 Cara Meningkatkan Bisnis Anda di Tengah Sengitnya Persaingan

2. Kembangkan Inovasi

Masih berhubungan dengan pertama, inovasi nyatanya juga menjadi hal yang krusial jika kita ingin menjadi pimpinan pasar. Pasalnya salah satu syarat menjadi market leader adalah mampu selalu bersaing.

Ketika muncul rival bisnis baru, sebuah bisnis yang inovatif tentu tidak akan panik dan mampu mengatasi persiangan tersebut. Karena mereka yakin bahwa beragam inovasi yang mereka hadirkan mulai inovasi produk, manajemen hingga strategi pemasaran tetap mampu mempertahankan loyalitas pelanggan.

3. Menjadi Market Leader Butuh Loyalitas Konsumen

Untuk menjadi sebuah market leader, kepuasan dan loyalitas konsumen menjadi hal yang sangat penting untuk terus dipertahankan. Jalankan selalu startegi pemasaran berbasis pendekatan konsumen agar mereka terus merasa diperhatikan dan yakin dengan bisnis atau produk yang kita jalankan.

Mengenai cara yang bisa ditempuh tentunya sangat beragam seperti mengadakan promo rutin, kegiatan kemasyaratan, bakti sosial serta beragam #startegi marketing lain yang sekiranya bisa semakin mempererat brand bisnis dengan konsumen. Terlebih jika produk yang kita hasilkan terbilang baru atau belum banyak dikembangkan sebelumnya, upaya penetrasi pasar lewat startegi pendekatan konsumen adalah hal yang paling fital untuk mencapai posisi market leader.




4. Pastikan Proses Distribusi Berjalan Lancar

Langkah berikutnya yang wajib diperhatikan adalah memastikan bahwa proses distribusi produk berjalan dengan baik. Khusus untuk bisnis yang menghasilkan produk fisik, menjaga alur distribusi barang harus dilakukan tidak hanya mulai keluar dari pabrik namun hingga produk tersebut masuk ke tahapan agen hingga pengecer sampai ke tangan pelanggan.

Mungkin akan menjadi hal yang cukup merepotkan, namun inilah yang membedakan bisnis yang layak menjadi market leader dengan mereka yang tidak layak. Jika produk yang dihasilkan dapat diperoleh dengan mudah oleh para konsumen di mana pun berada, hal tersebut perlahan juga akan menumbuhkan loyalitas konsumen untuk terus menggunakan produk milik kita.

Baca juga: Tips Meningkatkan Performa Bisnis Kecil Anda Jadi Lebih Baik

5. Lakukan Diferensiasi Bisnis

Langkah terakhir yang dapat mendukung binsis kita agar menjadi market leader adalah dengan melakukan diferensiasi bisnis. Maksudnya adalah dengan mengembangkan sayap bisnis lain yang dapat mendukung bisnis utama yang kita kembangkan.

Contoh yang sangat baik adalah bagaimana brand Indofood mampu merajai banyak pasar produk konsumsi di Indonesia. Hal tersebut karena perusahaan tersebut tidak hanya mengembangkan satu produk melainkan beberapa produk yang bisa saling mendukung. Efek dari startegi ini adalah selain bisa mendongkrak bisnis secara keseluruhan, namun juga bisa mendatangkan calon konsumen baru dari satu produk untuk produk lainnya.



1 comment on this postSubmit yours
  1. Ini keinginan saya dari dulu, jadi market leader. Tapi alhamdulillah sampai saat ini masih belum goal. Kayaknya harus banyak belajar lagi. Mungkin karena belum bisa membangun loyalitas konsumen kali ya. Jadi pembeli selalu orang baru. Mudah2an nanti ada panduan dari mas Man buat cara bagaimana agar pembeli terus membeli ke kita. Terima kasih sharingnya.

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud