5 Langkah Cerdas Memikat Minat Investor Startup

Image dari Squarespace.com

Image dari Squarespace.com

Sebagai perusahaan rintisan, tentu Anda sangat mendambakan mendapatkan pendanaan dari investor #startup. Mendapatkan bantuan dari investor ini menurut saya memang hal yang perlu Anda usahakan. Namun tahukah Anda bahwa ternyata banyak usaha rintisan yang mengalami kesulitan membuat investor datang atau bahkan untuk melirik bisnisnya.

Saya mengerti jika mendatangkan investor startup memang tak mudah. Tapi jika Anda mau membuat persiapan dengan dengan baik sangat baik, saya yakin peluang Anda menarik investor jadi terbuka lebar. Tahapan persiapan pada usaha rintisan ini memang memiliki peranan yang sangat penting untuk dapat mendatangkan investor dan mencapai kesuksesan usaha.

Lalu seperti apakah langkah-langkah dan taktik yang bisa dijalankan para pengusaha rintisan ini untuk bisa mendapatkan bantuan investor startup? Berikut ulasannya.

1. Hadirkan Sebuah Model Bisnis, Bukan Sekedar Ide

Langkah pertama yang bisa dilakukan pengusaha rintisan untuk bisa menggaet investor startup adalah dengan menghadirkan kepada investor sebuah model bisnis. Ya, investor memang akan lebih tertarik dengan sebuah konsep bisnis yang menguntungkan daripada hanya sekedar ide dan gagasan. Ingat, investor adalah orang yang juga ingin menikmati keuntungan dari pengelolaan usaha rintisan Anda.

Maka dari itu saat Anda akan coba menarik investor, maka Anda harus bisa memberikan sebuah role bisnis yang jelas dan menguntungkan. Jangan lupa juga untuk memahami secara detail setiap bagian dari sistem kerja usaha rintisan Anda. Ini karena bisa menjadi tolak ukur bagi investor tentang kesiapan Anda akan menghadapi hambatan dan optimisme Anda melihat peluang dalam usaha rintisan anda.




Artikel lain: 11 Investor Potensial Bagi Startup Teknologi di Indonesia

2. Tunjukkan Cash Flow Perusahaan

Investor startup umumnya adalah orang yang ingin mendanai usaha rintisan yang sudah stabil, bukan yang benar-benar masih merangkak. Usaha rintisan yang stabil maksudnya adalah usaha yang telah memiliki dana untuk menjalankan kepentingan bisnis para investor. Jika Anda menginginkan ada investor yang datang untuk mendanai usaha rintisan Anda untuk sekedar menjalankan roda usaha, maka kemungkinan besar Anda sulit untuk mendapatkan investor.

Maka dari itu saat Anda mengajukan permohonan dana dari investor sebaiknya Anda pastikan dulu perusahaan Anda tak bermasalah dengan dana. Anda bisa membuktikan hal ini dengan cara menunjukkan cash flow perusahaan Anda. Dengan cash flow yang sehat, maka kemungkinan besar investor akan mau mendanai usaha rintisan tersebut.

3. Ketahui Kebutuhan Dan Keinginan Anda

Ketika Anda ingin mendapatkan investor tentu Anda memiliki maksud dan tujuan. Nah disini cobalah Anda telusuri lebih jauh apa sebenarnya yang Anda inginkan dan butuhkan dari kedatangan investor. Beberapa investor yang memilki banyak kemampuan selain finansial, tentu akan memberikan pilihan bagi Anda untuk menentukan kebutuhan yang sesuai dengan usaha rintisan Anda.

Apakah Anda mencari dana modal tambahan untuk kebutuhan sumber daya logistik dan pekerja? Atau apakah Anda mencari investor yang tidak sekedar memiliki modal tapi juga mampu memberikan nasihat dan relasi bisnis? Dengan menelusuri tujuan dan kebutuhan yang pasti dari usaha rintisan Anda, maka Anda akan lebih cepat mendapatkan calon investor yang pas dan sesuai dengan Anda.




4. Adakan Riset Tentang Investor Startup 

Untuk mendapatkan investor startup yang tepat, tentu tidak cukup hanya dengan menentukan tujuan dan kebutuhan usaha rintisan. Anda perlu melakukan riset dan penelaahan tentang beberapa investor yang ada. Seringkali ikutlah dalam seminar investor, konferensi, dan acara networking untuk belajar dan bahkan berinteraksi dengan investor sebelum mendekati mereka untuk berinvestasi.

Ingat sebuah peribahasa, tak kenal maka tak sayang. Dengan meneliti dan mempelajari mereka, Anda akan lebih memahami faktor-faktor penting apa saja yang bisa dijadikan sebagai jurus untuk menarik investor yang Anda incar. Selain untuk menarik investor, melakukan riset terkait investor yang Anda incar akan membuat Anda mengetahui trik untuk menjaga hubungan baik dengan investor agar mereka terus mau mendanai usaha rintisan Anda.

Baca juga: 4 Tips Untuk Membawa Startup Online Go Internasional

5. Rumuskan Strategi Dan Visi Sebaik Mungkin

Terakhir, langkah untuk dapat memperoleh investor startup adalah dengan merumuskan strategi dan visi. Investor biasanya akan menanyakan apa visi dan misi usaha rintisan Anda. Saat Anda mampu menyampaikan visi dan misi usaha rintisan Anda dengan baik maka kemungkinan besar investor akan tertarik dengan usaha rintisan Anda.

Visi adalah pandangan dan tujuan akhir Anda pada usaha rintisan ke depan. Sedangkan misi adalah usaha-usaha dan strategi yang akan Anda jalankan untuk mewujudkan visi tersebut. Usahakan ada kesesuaian antara visi dan misi. Jabarkan dan gambarkan pula visi dan misi tersebut dengan jelas di hadapan calon investor startup Anda. Jika Anda melakukan hal ini dengan baik, maka bersiaplah untuk menyambut investor bagi usaha rintisan Anda.



2 total comments on this postSubmit yours
  1. artikel yang membangkinkan gairah untuk mencari investor. apakah semuanya harus tertuang dalam proposal mas?

  2. Baiklah, terima kasih atas ilmu yg dibagikan secara gratis. O ya, apa investor bs mendanai semua jenis startup?

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud