5 Kota Dengan Koneksi Internet Tercepat di Indonesia

5 Kota Dengan Koneksi Internet Tercepat di Indonesia

koneksi internet

Dari segi kecepatan, Indonesia memang masih tertinggal jauh dari negara-negara lain. Dengan kecepatan berkisar 5,33 Mbps, menjadikan Indonesia sebagai negara ke 143 dari 198 negara yang terdaftar memiliki kecepatan internet di dunia.

Data yang dikutip dari Net Index dari serangkaian proses uji kecepatan `Speedtest’ yang dilakukan di setiap negara ini tentu membuat status internet Indonesia tergolong pada kategori negara dengan koneksi internet lamban. Diantara sedikit banyak kesan yang melekat pada predikat tersebut, namun kita harus bersyukur bahwasannya kita masih bisa menikmati fasilitas internet yang menghubungkan kita pada dunia.

Terlepas dari problematika yang memang harus diperbaiki oleh pemerintah, ada sebuah cerita menarik dari kota-kota di Indonesia yang telah ‘mencicipi’ koneksi internet lebih cepat dari wilayah lain. Bahkan fasilitas pada kota-kota tersebut didukung juga degan layanan ISP (Internet Service Provider) tertentu, sehingga aktivitas berselancar di dunia maya ini pun akan semakin lebih cepat dan nyaman.

Lalu kota-kota mana saja di Indonesia dengan koneksi internet tercepat tersebut? Berikut ulasannya.

Artikel lain: Cara Mempercepat Koneksi Internet Anda

1. Kota Tangerang

Peringkat pertama kota di Indonesia dengan akses internet tercepat adalah Tangerang. Kota yang merupakan wilayah peyanggah Jakarta ini ternyata memiliki koneksi internet paling cepat mengalahkan kota-kota besar di Indonesia, termasuk ibu kota Jakarta sendiri. Dengan koneksi internet mencapai 7,8 Mbps, kota yang juga telah didukung akses layanan 4G dari beberapa provider ini jelas akan membuat akses internet menjadi cepat berkali-kali lipat.

Hal ini dikarenakan sinyal 4G LTE dapat menjangkau ke dalam gedung atau rumah untuk wilayah perkotaan dan menjangkau wilayah yang jauh untuk di luar perkotaan. Layanan 4G yang beredar di wilayah Tangerang ini sendiri dapat dinikmati penduduknya pada frekuensi 900MHz dengan lebar pita sebesar 5MHz dan memiliki kecepatan akses data mencapai 36 Mbps.

Artikel lain: Perkembangan Kecepatan Akses Internet di Indonesia

2. Kota Jakarta

Menyandang gelar kota metropolitan terbesar dan ibu kota negara Indonesia ternyata tak cukup membuat Jakarta menjadi kota yang memiliki akses internet paling cepat. Kota yang identik dengan monuman nasional ini masih kalah dengan tetangganya yaitu Tangerang.

Dengan koneksi internet mencapai 7,25 Mbps, Jakarta pun akhirnya harus puas diposisi kedua kota dengan akses internet super cepat.  Sebenarnya Jakarta juga sama dengan Tangerang soal layanan internet 4G dari hampir semua provider yang ada. Namun layanan 4G ini masih belum bisa dinikmati diseluruh wilayah kota Jakarta, karena hanya 200-an lokasi saja yang diidentifikasi telah terhubung dengan 4G.

Di Jakarta sendiri, jaringan outdoor seperti Telkomsel 4G LTE telah meliputi beberapa area seperti Bandara Soekarno Hatta, area Sudirman, Semanggi, SCBD, Tanah Abang, Pondok Indah, Kebayoran Baru, dan Blok M. Sedangkan untuk jaringan yang beroperasi secara indoor tersebar di 43 titik prominent high data traffic area, seperti mal, perkantoran, gedung pemerintahan daerah residensial, GraPARI Telkomsel, termasuk di dalamnya Gandaria City, Pacific Place, Senayan City, Plaza Indonesia dan Kota Casablanka.

3. Kota Bekasi

Siapa sangka kota yang pernah di bully di media sosial ini memiliki koneksi internet cepat dengan peringkat ketiga di seluruh Indonesia. Dengan kecepatan mencapai 4,29 Mbps, kota yang berada di sebelah Timur Jakarta ini ternyata juga kebagian layanan 4G dari beberapa provider, termasuk Telkomsel. Dalam keterangan resminya, Telkomsel memang mengakui bahwa pihaknya telah melakukan penambahan lokasi jangkauan jaringan Telkomsel 4G LTE pada area Depok, Tangerang, dan Bekasi.

4. Kota Surabaya

Peringkat keempat kota dengan koneksi internet cepat di Indonesia adalah Surabaya. Kota yang menjadi ikon kota pahlawan ini teridentifikasi mempunyai koneksi internet mencapai kecepatan 4,17 Mbps. Ibu kota provinsi Jawa Timur ini pun tak luput dari perhatian beberapa provider termasuk Telkomsel untuk diberikan layanan 4G baik di lokasi outdoor maupun indoor dalam kota.

Layanan 4G dari Telkomsel ini juga telah tersedia di lokasi strategis di Surabaya seperti mal, perkantoran, kampus, gedung pemerintahan, tempat wisata, daerah residensial, dan bandar udara.

Baca juga: Menilik Lebih Jauh Teknologi Internet Cepat LTE

5. Kota Bandung

Ibu kota provinsi Jawa Barat, Bandung ternyata menempati posisi kelima dalam urutan kota dengan koneksi internet tercepat di Indonesia. Dengan kecepatan akses mencapai 3,95 Mbps, kota kembang juga telah dilengkapi dengan layanan 4G LTE dari beberapa provider seperti XL dan Telkomsel.

Adapun wilayah jaringan #teknologi 4G di Bandung ini sudah bisa dinikmati di hampir 100% kotamadya Bandung dengan beberapa penempatan di lokasi strategis seperti mal, perkantoran, gedung pemerintahan, daerah residensial, dan tempat wisata.

2 KOMENTAR

  1. Wah kota saya belum masuk daftar, masih ketinggalan jauh,,,,

  2. Tapi kayanya hanya untuk spot atau titik tertentu aja ya mas, contohnya pas saya dibekasi dulu internetnya engap2an juga :) bahkan untuk opsel tertentu susah banget dapet sinyalnya beda cerita kalau pakai isp tv kabel+internet baru deh kerasa cepetnya

Tinggalkan Balasan