5 Konsep Judul Artikel Blog Yang Mampu Menarik Perhatian Pembaca

Konsep-Judul-Artikel-Blog

Judul blog merupakan salah satu komponen penting untuk mendatangkan traffic blog yang tinggi. Mengapa? Karena judul blog merupakan pintu gerbang untuk bisa menarik seseorang untuk mengklik tautan blog kita di mesin pencari atau membaca keseluruhan artikel kita.

Karena itu Judul blog yang akan kita tulis harus diperhatikan dengan seksama dan diusahakan semenarik mungkin. Untuk itu berikut akan disampaikan beberapa konsep judul artikel blog yang mampu menarik pembaca dan akhirnya mampu meningkatkan traffic blog kita.

1. Judul Berisi Pro dan Kontra

Konsep judul yang pertama adalah pro kontra. Dalam bahasa Inggris, konsep judul ini disebut dengan discussion text. Konsep ini tergolong jenis judul artikel dengan konten yang jelas dan mudah. Konsepnya sendiri adalah mengenai perbandingan atau pertentangan seperti membandingkan produk atau layanan, atau juga untuk pertentangan hal lain seperti baik buruk suatu perbuatan dan aktivitas tertentu.

Untuk merancang judul seperti ini, kita bisa menggunakan beberapa ide pertentangan dan perbandingan berikut ini, misalnya, “Kelebihan dan Kekurangan Platform Blogger”, “Dampak Postif dan Negatif dari Media Sosial”, atau “WordPress vs Blogspot: Studi Platform Blog terbaik”, dan lain sebagainya.

Artikel lain: Hypnotic Writing, Menghipnotis Pembaca Melalui Teknik Penulisan yang Persuasif

2. Kata “Panduan” di Dalam Judul

Ditilik dari namanya, maka bisa dipastikan bahwa konsep judul ini adalah konsep yang berhubungan dengan tutorial, tips, panduan, atau cara. Dengan demikian maka tulisan pada judul harus mengandung isi sebuah prosedur atau instruksi. Begitu pula dengan isi artikel yang harus menjelaskan lebih detail panduan atau instruksi yang telah ditulis dalam judul.

Dalam bahasa Inggris konsep teks di dalam judul seperti ini disebut procedure text. Contoh judul panduan yang bisa Anda buat adalah “Panduan Lengkap Merawat dan Mengembangkan Blog Secara Profesional”, “Cara Paling Mudah Meraih Peringkat Satu di Google” atau “10 Tips Ampuh Menghadapi Ujian CPNS” dan lain sebagainya.

3. Buka Rahasia

Sebuah kata “rahasia” tentu akan sangat membuat orang lain penasaran. Tidak hanya dalam bahasa verbal, pada sebuah tulisan kata “Rahasia” seringkali juga membuat orang dan pembaca penasaran  untuk membuka link atau membaca keseluruhan artikel. Walau sebenarnya setelah dibaca ada beberapa artikel yang tidak mencerminkan alias tidak begitu bersifat rahasia sekali.




Namun terlepas dari kasus tadi, faktanya kata “rahasia” memang menjadi kata sakti untuk mengundang perhatian orang pada artikel yang kita tulis. Tetapi harus diingat jangan sampai Anda mengecewakan pembaca dengan membuat judul “Rahasia” ini dengan sesuatu yang ternyata tidak sesuai.

Anda harus tetap mencoba dan berusaha agar isi artikel tetap koheren dengan judul blog. Dalam istilah asing, konsep judul seperti ini disebut dengan explanation text. Contoh penulisan judul ini misalnya, “Rahasia Mendapatkan Peringkat #1 di Google Terungkap”, “10 Rahasia Internet Marketer Yang Tak Pernah Terungkap”, dan lain sebagainya.

4. Humor dan Satir

Jangan takut untuk sesekali membuat judul artikel yang bernada humor atau satir (menyinggung) sekalipun. Namun, memang Anda tetap perlu berhati-hati ketika membuatnya. Sesuaikan dengan target pembaca blog Anda dan jangan sampai menjurus pada hal yang berbau SARA (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan).

Judul-judul humor dan satir seperti ini acapkali digunakan oleh beberapa media massa sebagai headline beritanya. Tujuanya jelas untuk memancing pembaca agar ikut larut dalam isi atau konten yang nantinya dijabarkan. Dalam dunia blogging, judul semacam ini juga mulai banyak digunakan oleh beberapa kalangan blogger, terutama para blogger yang seringkali menulis essai.

Saat emosi pembaca mulai terbawa setelah melihat judul, maka mereka biasanya akan segera membaca habis artikel yang Anda buat dan hal ini tentu akan menambah tingkat traffic blog Anda. Contoh penulisan judul ini adalah “Pengen Kaya? Jangan Baca Artikel Ini Ya!”, “10 Alasan Mengapa Anda Harus Berhenti Blogging”, “Baca Ini Tidak akan Membuat Kaya Tapi Anda Akan Tahu Cara untuk Kaya!” dan lain sebagainya.

Baca juga: Mencermati 5 Kata Yang Kerap Salah Tulis Dalam Konten Blog

5. Negasi

Terakhir, konsep judul artikel blog yang bisa Anda gunakan untuk menarikperhatian pembaca adalah Negasi. Dalam konsep ini tulisan Anda akan digiring untuk menggunakan kalimat atau frasa yang sedikit berbau negatif. Dengan kata dan frasa yang demikian, maka rasa penasaran pembaca biasanya pasti muncul.

Taktik ini pada awalnya akan menimbulkan rasa tidak nyaman, rasa takut, atau rasa tidak menyenangkan kepada pembaca. Namun setelah dijelaskan pada isi artikel  maka semuanya akan terjawab.

Seperti konsep judul humor dan satir, taktik ini juga harus digunakan dengan sangat hati-hati dan isi artikel juga harus benar-benar dipersiapkan dengan matang. Contoh konsep judul ini misalnya, “Mengapa Blog Gratisan Tidak Akan Menghasilkan Uang?”, “Mengapa Tanpa SEO Situs Anda Akan Kandas”, “20 Alasan Kamu Akan Segera Diputusin Pacar”, dan lain sebagainya. Semoga bermanfaat.



16 total comments on this postSubmit yours
  1. mas saya lihat banyak web news judulnya panjang banget sebenernya yang baik itu panjang or pendek sih ya kalo buat judul? kalau panjang bukannya mempengaruhi seo juga ya? tpi saya lihat banyak web yg judulnya puanjang

  2. Sepertinya inti dari kelima konsep ini sebelum melakukannya,
    Harus menguasai dulu artikel yang akan dituliskan ya mas..
    sepertinya konsep no 4 yang paling mengundang ide membuat artikel baru.

    Sangat membantu.Terima kasih infonya.

  3. panduan nya sangat menarik,nih,,,,,,,,terima kasih gan,,,,,,,

  4. Judul udah menarik tapi kalo volume pencarian keywordnya kecil, bagaimana tuh mas ?

    • Pada prinsipnya penggunaan keyword dalam judul adalah langkah yang baik, tapi kalau pencarian keywords nya kecil maka bisa dioptimasi via medsos. Sehingga nantinya bisa menarik lebih banyak trafik dari media sosial.

  5. saya masih binggung sama yang pake humor

  6. Terima kasih.. saya akan coba menerapkan di blog saya

  7. Judul artikel yang berbau konspirasi juga sangat di minati untuk kalangan tertentu mas :)

  8. Di blog saya juga bongkar Rahasia kok gan., cuma butuh promote biar blognya di populer di mbah google.. :3

    BLog saya bukan Blog humor, tapi InsyaAllah menjadi blog yang bermanfaat. :)

  9. Saya pengguna lama blog, dulu viewer bisa sampe ratusan per post, tp skrg setlah 2 tahun nggak ngeblog ,teman2 blog yg sering sy kunjungi untuk blogwalking byk yg sudah nggak aktif ..
    Hmm, sarannya mau coba sata terapin nih

  10. Baiklah, saya akan menerapkan cara yang baik untuk menulis ini. Terimakasih

  11. Untuk yang pro kontranya nih saya setuju. Namun intinya kita harus menguasai betul artikel yang kita buat … :)

  12. terimakasih mas sangat membantu buat blog baru saya..
    sukses selalu..

  13. mantab nih. ilmu baru… thanks gan…
    maju trus….:)

  14. Betul sekali mas,,judul adalah pintu gerbang buat pengunjung masuk ke website kita ,meskipun kita berada di peringkat bawah di halaman pertama google,jika judul website kita menarik maka kita akan kebanjiran pengunjung ,,salam kenal : )

  15. Ya. Saya sangat setuju. Saya sendiri sebagai pengunjung lebih sering klik judul postingan yang kata-katanya bersifat persuasif, merangsang pengunjung penasaran untuk membaca. Apalagi sesuai dengan keyword yang sering digunakan di search misal kata “cara, rahasia, mengapa”. Terima kasih infonya

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2017 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud