Ini 5 Keuntungan Berinvestasi Emas, AndaTidak Akan Pernah Rugi

Ini 5 Keuntungan Berinvestasi Emas, AndaTidak Akan Pernah Rugi

Keuntungan-Berinvestasi-Emas
Image dari duitpintar.com

Sejak dulu investasi emas adalah salah satu bentuk investasi yang menjadi primadona banyak orang. Namun, seiring dengan munculnya berbagai investasi lain seperti reksadana, deposito, obligasi, properti, saham, dan lain-lain, membuat sebagian orang tidak lagi melirik investasi emas. Beberapa dari mereka yang berpindah dari investasi emas ke #investasi lain ini menganggap bahwa logam mulia ini adalah hal yang remeh.

Tentu saja anggapan ini terlalu berlebihan dan juga salah kaprah. Mengapa? Jika kita cermati, sebenarnya investasi emas memiliki beberapa keuntungan dibanding investasi lainnya. Lalu, apa saja hal menguntungkan dari investasi emas tersebut? Berikut ulasannya.

1. Emas Bisa Langsung Dicairkan

Poin pertama yang menguntungkan dari investasi emas adalah mudahnya emas untuk ‘dicairkan’ menjadi uang. Ya, emas memang sesuatu yang mudah dan cepat untuk diuangkan ketika Anda sedang membutuhkannya sewaktu-waktu.

Berbeda dengan investasi lain seperti properti, reksadana atau saham yang membutuhkan waktu untuk bisa ‘dicairkan’ karena harus menunggu pembelinya. Bahkan investasi lain yaitu deposito tidak bisa dicairkan sebelum masa jatuh tempo yang telah ditentukan.

Emas bisa langsung Anda cairkan kapan saja dengan menjualnya ke toko emas atau orang yang membutuhkan tanpa harus mengalami kerugian.

Artikel lain: 3 Wujud Kesalahan yang Membuat Investasi Apapun Menjadi Rugi

2. Harga Emas Cenderung Naik Setiap Tahunnya

Berikutnya, keuntungan investasi emas adalah adanya keuntungan berlipat yang bisa kita dapatkan setiap tahunnya. Meski tergolong investasi jangka panjang namun kita sudah bisa dipastikan kita akan mendapatkan kepastian keuntungan dari investasi logam mulia ini setiap tahunnya.

Hal ini karena harga emas selalu naik setiap tahunnya. Bahkan jika kita beruntung, dalam waktu enam bulan, kita bisa mendapatkan keuntungan dua kali lipat dari harga emas yang kita beli saat pertama kali. Menurut Hari Widjajanto selaku Direktur Marketing PT Antam (Persero) Tbk sejak Januari 2016 hingga saat ini bulan Agustus 2016, nilai emas sudah naik 27 persen.

Nah, berdasarkan fakta ini tentu saja emas adalah sesuatu yang menarik untuk dijadikan investasi. Apalagi jika Anda memiliki dana yang besar untuk berinvestasi emas dalam jumlah yang banyak, maka keuntungan yang bisa Anda peroleh pun bisa berkali-kali lipat.

3. Tak Terpengaruh Inflasi dan Aman dari Guncangan Ekonomi

Selanjutnya, keuntungan investasi emas yaitu harganya yang tidak terpengaruh inflasi dan juga aman dari guncangan-guncangan ekonomi. Meskipun inflasi tiap tahun cenderung naik, nilai emas tidak terpengaruh dengan hal tersebut. Pun bila kemudian terjadi guncangan-guncangan ekonomi di dunia seperti krisis ekonomi, harga emas Anda akan tetap stabil bahkan cenderung naik.

4. Bisa Menyesuaikan Budget

Keuntungan lain dari investasi emas adalah Anda bisa membelinya sesuai dengan budget yang Anda miliki sehingga #keuangan Anda tidak akan terganggu. Menurut situs Logammulia.com pada hari Rabu, tanggal 7 September 2016, terpantau harga emas Logam Mulia (LM) Antam sendiri per gram nya adalah Rp 610.000.

Dengan harga ini tentu saja Anda bisa mendapatkan keuntungan tersendiri karena Anda tak perlu mengeluarkan dana yang terlalu besar untuk investasi. Sedangkan bila Anda melakukan investasi pada hal lain seperti properti dan lainnya bisa saja Anda harus mengeluarkan dana yang jauh lebih besar.

Baca juga: 4 Alasan Mengapa Bisnis Online Bisa Menjadi Sebuah Investasi

5. Emas Bisa Diubah Bentuk Tanpa Mempengaruhi Nilainya

Terakhir, keuntungan berinvestasi emas adalah emas bisa diubah bentuk tanpa mempengaruhi nilainya. Bagi Anda kaum perempuan yang suka dengan berbagai perhiasan dari emas seperti gelang, kalung, cincin, dan lain-lain, maka berinvestasi emas memang akan membuat Anda memperoleh keuntungan ganda. Selain bisa mempercantik penampilan, emas juga bisa membuat Anda kaya.

Bagaimana bila emas yang kita punyai masih berwujud emas batangan? Tentu saja Anda bisa mengubah emas yang masih bewujud batangan menjadi perhiasan tanpa harus mempengaruhi nilainya. Selain bisa diubah menjadi bentuk perhiasan yang menarik, emas juga menguntungkan karena awet dan tahan korosi.

Itulah beberapa keuntungan yang bisa Anda peroleh dari investasi emas. Meski beberapa orang menganggapnya sebagai jenis investasi yang kuno, ternyata emas tak bisa diremehkan karena banyak keuntungan yang bisa kita dapat dari logam mulia ini.

3 KOMENTAR

  1. masak q belom pernah mencoba tuh

  2. Biar bagaimanapun emas tetap harta yang memiliki nilai tertinggi karena setiap negara saja mencetak jumlah uang berdasarkan stok emas yang dimilikinya.

  3. ronaldo caniggia

    mantap mas keuntungannya ber investasi dengan emas

Tinggalkan Balasan