5 Kesalahan yang Harus Dihindari Dalam Membuat Cover Foto Facebook

Image dari Linkhumans.com

Image dari Linkhumans.com

Bicara tentang Facebook, sudah pasti tidak ada yang meragukan situs tersebut sebagai rajanya #media sosial era ini. Alasannya yakni Facebook selalu menaruh fokus penuh dalam penyajian berbagai fitur bermanfaat bagi seluruh penggunanya. Tidak hanya menjalankan konsep bersosial, Facebook juga menjadi sarana yang tepat untuk berbagai tujuan lagi seperti media informasi, promosi, hingga kegiatan yang bersifat sosial. Tak ayal perusahaan yang dominan dengan warna biru tersebut masih menjadi pilihan utama masyarakat dunia.

Khusus tentang ranah online marketing, pada artikel kali ini kita akan membahas tentang salah satu fitur penting yakni, cover foto #Facebook. Untuk urusan marketing, cover foto Facebook sebuah akun bisnis nyatanya menjadi salah satu attraction point penting bagi para pengguna. Oleh sebab itu jangan sampai fungsinya berkurang akibat 5 kesalahan berikut ini.

1. Terlalu Banyak Teks pada Cover Foto Facebook

Tak jarang banyak pengelola akun bisnis yang menyangka bahwa cover foto Facebook layaknya baliho yang harus diberikan banyak keterangan di dalamnya. Padahal hal tersebut adalah pemikiran yang kurang tepat. Mengapa? Alasan pertama adalah karena fungsi cover foto Facebook yakni sebagai attraction point bukan media informasi.

Pengguna Facebook umumnya akan melihat cover foto sebuah akun atau halaman Facebook hanya sekilas lalu. Jadi yang terpenting tarik dulu minat pengguna, baru setelahnya beri informasi dalam bentuk media yang lain. Salah satu alternatifnya, coba buat file pdf berisi keterangan lebih lengkap mengenai bisnis anda. Nantinya setelah pengguna tertarik, mereka bisa diarahkan untuk mengunduh file tersebut jika ingin mendapatkan informasi lebih lengkap.

Artikel lain: 4 Tips Meraih Lebih Banyak Pelanggan Bisnis Dari Facebook

Alasan yang kedua adalah karena cover foto tidak didesain untuk memuat banyak informasi tertulis. Jika kita menuliskan cukup banyak teks di dalamnya, kemungkinan besar teks tersebut tidak akan terbaca, lebih-lebih jika tulisan tersebut berukuran kecil.

2. Terlalu “Bernada” Menjual

Masih serupa dengan kesalahan pertama, terkadang banyak pengelola halaman atau akun bisnis yang langsung to the point menawarkan produknya via cover foto Facebook. Langkah tersebut terbilang sangat terburu-buru dan justru kadang cukup dibenci calon pelanggan. Sekali lagi saya tekankan bahwa fungsi cover foto adalah sebagai umpan manis untuk menarik minat pelanggan, bukan jaring besar yang siap menerkam mereka.

Oleh karena itu, jalankan #strategi marketing di Facebook dengan lebih lembut namun tetap efektif. Salah satu saran yang bisa kami berikan adalah ubah kalimat promosi atau bernada menjual dengan yang bersifat solutif dan membangun hubungan. Kenali masalah umum yang banyak dialami target market Anda, dan tampilkan solusinya secara kreatif lewat cover foto Facebook Anda.

3. Menampilkan Informasi Kontak

Menyebarkan informasi tentang kontak bisnis kita memang bukan hal yang buruk. Namun hal tersebut dirasa kurang efektif pada media cover foto Facebook. Logikanya adalah seorang calon pelanggan tentu tidak akan langsung menyukai sebuah produk dan langsung ingin menghubungi penjual untuk membelinya. Mereka tentu harus dipancing pelan-pelan, disuguhkan keuntungan, baru setelah tertarik diarahkan pada pembelian.

Terlebih, sebenarnya Facebook juga telah memberikan spot khusus pada halaman Facebook untuk mencantumkan kontak lengkap bisnis Anda. Jadi akan lebih baik jika Anda memanfaatkan fitur tersebut.




4. Bingung Menentukan Cover Foto

Kesalahan berikutnya adalah kita kadang terjebak dalam kebingungan sendiri dalam menentukan cover  foto yang akan dipakai untuk menghias akun atau halaman Facebook bisnis kita. Kita akan berputar-putar mencari, bahkan terlalu fokus membuat gambar dengan kualitas terbaik sebelum dipajang.

Padahal pada kenyataannya, foto apapun bisa dijadikan cover foto asal sesuai dan seperti yang saya sampaikan berulang kali yakni Menarik. Menarik di sini tidak harus dalam kualitas terbaik, bahkan gambar yang diambil dari #Google pun bisa sedikit diolah kembali agar lebih unik dan menarik.

Baca juga: Cara Memperbanyak Like di Facebook Fans Page Bisnis Anda

5. Hindari Beberapa Kata Berikut Ini

Sebagai penutup, usahakan tidak mencantumkan beberapa kata berikut ini pada dalam cover foto Facebook Anda. Kata-kata ini yakni seperti contohnya buruan beli, Like it, bagikan, dan kata-kata lain yang bersifat promosi dengan nada meminta atau bahkan memaksa.

Pada dasarnya kata-kata semacam itu memang tidak diharamkan dalam dunia marketing. Namun hanya penggunaannya saja yang harus diperhatikan. Dimana, kapan dan bagaimana kita menyampaikannya akan sangat berpengaruh. Jangan sampai calon pelanggan justru langsung kabur setelah melihat cover foto akun bisnis Anda.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud