5 Jenis Potongan Batu Permata Akik, Maksimalkan Keindahan Batu Akik

Jenis-Potongan-Pada-Batu-Permata-Akik

Banyak yang harus dipelajari dengan serius bagi siapa saja yang ingin benar-benar menekuni bisnis batu akik. Tidak hanya sekedar ikut-ikutan tanpa memiliki pengetahuan yang memadai sebagai pebisnis batu akik. Dengan banyaknya jenis batu akik yang berada di pasaran, menuntut bagi setiap orang untuk tahu lebih dalam mengenai sifat maupun pakem dari masing-masing jenis dari #batu akik tersebut.

Masing-masing jenis batu akik tidak sama dalam memberikan perlakuan. Dalam hal pemotongan batu akik, masing-masing jenis batu memiliki pakem tersendiri untuk semakin meningkatkan nilai estetika yang sudah ada. Tidak bisa disama ratakan antara batu jenis satu dengan yang lainnya. Karena jika Anda menabrak pakem batu akik yang sudah ada, tentu selain akan mengurangi keindahan batu tersebut, juga pasti akan mengurangi nilai harga batu itu sendiri.

Secara umum, model potongan batu akik bisa dibedakan menjadi dua garis besar jenis potongan. Yaitu Faceted Gems dan Non-Faceted Gems.  Faceted Gems adalah bentuk batu permata geometris. Detailnya bentuk permukaan jenis potongan batu ini adalah datar dan memiliki banyak segi. Model facet bisa memantulkan tampilan yang terkesan sangat mewah dengan pantulan cahaya yang gemerlap.

Sedangkan Non Faceted Gems adalah kebalikan dari model facet gems, model ini cocok untuk batu akik yang memiliki warna. Model ini untuk batu yang tidak geometris, dengan permukaan datar atau bisa juga dengan bentuk setengah lingkaran.

Artikel lain: 7 Jenis Batu Akik Yang Paling Banyak Dicari Pecinta Batu Mulia

Secara spesifik potongan batu permata akik ini memiliki beberapa tipe yang disesuaikan dengan jenis keindahan batu. Jenis potongan disesuaikan untuk memaksimalkan tampilan pada batu akik. Berikut ini jenis potongan batu akik secara spesifik.




1. Potongan Jenis Brilian (Brilliant Cut)

Brilliant-Cut

Potongan jenis ini adalah standar potongan untuk jenis diamond. Namun potongan ini juga sering digunakan untuk batu mulia yang lain seperti batu akik. Untuk facet pada potongan ini sebanyak 57 atau 58  dengan satu culet.

Potongan jenis ini sampai saat ini belum juga diketahui siapa penemu nya. Namun kabar yang paling santer potongan ini diperkenalkna oleh seorang perajin dari Venesia yang ia kenalkan pada sekitar abad 18.

2. Potongan Jenis Setengah Bulat (Cabochon Cut)

Cabochon-Cut

Istilah cobochon berasala dari bahasa Perancis yang berarti kepala, istilah ini sering dipakai untuk batu permata yang sudah dipoles sehingga memiliki bentuk yang bulat halus.

Lumrahnya bentuk yang dihasilkan adalah lingkaran setengah dengan permukaan rata pada bagian bawahnya. Pemotongan tipe ini digunakan untuk batu mulia yang mempunyai warna seperti sapir dan jenis mata kucing.

3. Potongan Jenis Datar/ Persegi (Step Cut)

Step-Cut

Model potongan hampir menyerupai dengan potongan brilian, atau juga sering disebut dengan istilah trap cut dan juga emerald cut. Tipe potongan seperti ini biasanya digunakan pada jenis batu mulia yang berbentuk persegi panjang.




Selain bentuk yang persegi panjang juga bisa diterapkan pada batu yang berbentuk bujur sangkar dan segi empat. Untuk menghindari keretakan yang terjadi biasanya pada sudut – sudut nya dipotong sedikit. Model seperti ini bisa memaksimalkan tampilan batu mulia yang bersih dan mempunyai kekayaan warna.

4. Potongan Jenis Campuran (Mixed Cut)

Mixed-Cut

Tipe potongan seperti ini biasanya berbentuk bulatan dengan sentuhan crown layaknya potongan pada model brilian. Sangat sesuai dengan batu jenis Safir dan Ruby.

Dengan warna warni yang ada pada jenis batu safir, model potongan campuran sangat sempurna untuk menampilkan keelokan rupa nya.

Baca juga: 7 Tips Membeli Batu Akik Yang Asli, Jangan Sampai Tertipu!

5. Potongan Jenis Mewah (Fancy Cut)

Fancy-Cut

Potongan model seperti ini memiiki ragam yang banyak dan sangat kreatif. Model triangular, pentagon serta hexagon juga termasuk dalam jenis potongan batu mulia jenis ini.

Potongan Fancy Cut adalah pilihan yang sangat tepat untuk jenis batu mulia yang mewah.

Itulah beberapa jenis model pemotongan batu mulia akik yang banyak beredar. Jadi jangan sampai salah dalam memilih model pemotongan batu akik Anda. Karena model pemotongan batu akik sangat berpengaruh terhadap kiendahan batu itu sendiri. Semoga menambah pengetahuan Anda untuk semakin mendalami tentang batu akik.



1 comment on this postSubmit yours
  1. hehehe… bahkan maxmanroe.com pun terkena gelombang tren batu akik… :D

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud