5 Inovasi Penggunaan Bitcoin yang Revolusioner

Inovasi-Penggunaan-Bitcoin

Setelah mulai muncul dan menyita perhatian netter dunia beberapa tahun lalu, penggunaan mata uang digital Bitcoin nampaknya masih terus berkembang. Meski masih membawa pro kontra, nyatanya penggunaan e-currency tersebut mampu beradaptasi dan diterima oleh banyak kalangan.

Bagi Anda yang belum tahu apa itu Bitcoin bisa membaca artikel tentang pengertian Bitcoin. Nah setelah sempat dinyatakan bermasalah oleh otoritas keuangan Indonesia serta beberapa negara lain, nampaknya pamor Bitcoin belum juga surut. Memang sejak pertama kali muncul pada awal tahun 2009, Bitcoin telah mendapatkan banyak tentangan dari berbagai badan keuangan. Minimnya standarisasi serta keamanan yang meragukan menjadi alasan mengapa Bitcoin tidak diakui di beberapa negara tersebut.

Namun ternyata juga ada beberapa negara yang malah melegalkan penggunaan Bitcoin bahkan di Indonesia sendiri juga terdapat proyek komersil yang menggunakan Bitcoin sebagai alat tukarnya. Selain masih adanya otoritas keuangan yang mengakui, alasan lain mengapa Bitcoin tetap eksis adalah adanya beberapa inovasi penerapan Bitcoin yang tergolong revolusioner.

Hingga saat ini ide-ide tersebut terus digodok oleh badan pengembang yang fokus pada Bitcoin yakni Bitcoin Foundation. Terlepas dari beberapa kekurangan yang dimiliki, tidak ada salahnya mengembangkan beberapa potensi penggunaan Bitcoin yang revolusioner berikut ini.

Artikel lain: Penggunaan Bitcoin Rawan Kasus Pidana, Waspadalah!

1. Akses Transaksi Global

Dengan sifatnya yang easy transferred, Bitcoin mampu menjembatani proses transaksi tidak hanya lokal namun global seluruh dunia dengan lebih cepat dan mudah. Dengan menggunakan Bitcoin sebagai e-currency bisa dibayangkan proses transaksi antar negera atau benua yang sebelumnya harus melalui banyak tahap, dapat dipersingkat dengan satu kali proses saja.




Jika memang dapat diakui secara global, diharapkan Bitcoin dapat menyokong tumbuhnya perdagangan internasional yang lebih besar. Keuntungan tersebut tentunya tidak hanya didapatkan para pelaku usaha, namun juga negara dimana transaksi dilakukan. Meskipun dalam skema global memang diperlukan regulasi yang benar-benar ketat, nampaknya ide penggunaan Bitcoin dalam perdagangan internasional bukan tidak mungkin diwujudkan.

2. Pengumpulan Dana

Penggunaan Bitcoin yang tak kalah potensial adalah dalam keperluan pengumpulan dana. Sebagai contohnya adalah pengumpulan dana bantuan untuk bencana alam. Konsep ini memang belum diterapkan secara luas, namun keuntungan menggunakan Bitcoin ketika mengumpulkan sumbangan adalah dana dapat terkumpul dengan lebih cepat serta terpusat tanpa perlu perantara tambahan yang terkadang justru menambah panjang rantai penyaluran.

Ketika membantu korban bencana tentu waktu adalah hal yang krusial. Kebutuhan yang mendesak serta tak terduga harus dipenuhi secepatnya. Diharapkan sistem transfer Bitcoin yang tergolong super instan bisa menjadi terobosan terhadap permasalahan tersebut.

3. Mikro Payment

Apakah rekan-rekan pernah membayangkan bagaimana jika ada layanan internet yang dibayar per kilobyte data yang digunakan jadi bukan perjamnya atau per gigabyte. Tentu membutuhkan satuan pembayaran yang amat kecil mencapai 1 rupiah jika dimungkinkan. Lalu bagaimana cara membayarnya? Tentu tidak ada satuan uang fisik yang dapat digunakan. Tapi Bitcoin bisa lo melakukannya.

Salah satu keunikan mata uang digital Bitcoin adalah satuan nilai mata uangnya yang bisa dihitung hingga satuan yang sangat kecil. Sebagai ilustrasi 1 bitcoin bisa dipecah menjadi 1 juta micro coin (satuan terkecil), dengan begitu pembayaran untuk harga yang sangat kecil pun bisa dilakukan dengan teknologi temuan Satoshi Nakamoto tersebut.




4. Meminimalisir Miss-Transasksi Keuangan

Dalam proses transfer Bitcoin, terdapat teknologi khusus yang dinamakan tanda tangan berganda. Tanda tangan berganda tersebut secara sederhana dapat dipahami sebagai pengaman berganda jika terjadi masalah transaksi oleh 2 pihak. Dalam sebuah transaksi bisa muncul pihak ketiga yang dipercaya dan menjamin transaksi tersebut berjalan dengan baik.

Ketika ada masalah antara pihak 1 dan 2, nominal bitcoin yang ditransfer bisa dipending jika pihak ke 3 tidak memberikan konfirmasi lewat fitur tanda tangan ganda tersebut. Selain itu dalam penggunaan Bitcoin dalam skala korporasi, penggunaan tanda tangan ganda dapat mencegah penyelewengan dana oleh salah seorang anggota koorporasi.

5. Pembayaran Otomatis

Kini sistem pembayaran otomatis mulai banyak diterapkan di beberapa negara maju. Sistem ini memungkinkan pembayaran sebuah layanan atau barang berlangsung secara otomatis melalui alat khusus atau metode pengurangan deposit. Beberapa layanan yang sering ditemui dengan sistem ini yakni sistem parkir, makanan cepat saji, loket moda transportasi dan lain lain.

Di sini Bitcoin berjalan secara digital dan dapat dikonfigurasi dengan dompet elektronik (alat penyimpan Bitcoin). Jika memang bisa diterapkan dengan maksimal, mungkin kita akan jarang melihat antrian pembayaran karena prosesnya berjalan dengan otomatis. Menarik bukan?

Baca juga: Mengenal Konsep Bitcoin Mining / Penambang Bitcoin

Di akui atau tidak, inovasi penggunaan Bitcoin memang telah menjadi salah satu sistem pembayaran yang potensial. Jika dikelola dengan baik serta disempurnakan, bukan tidak mungkin dalam waktu waktu mendatang Bitcoin akan mulai menggeser peran mata uang fisik.




4 total comments on this postSubmit yours
  1. apa nantinya paypal akan kalah sama bitcoin ya?

  2. Saya pernah menggunakan bitcoin ini, tapi setelah mendaftar bingung gimana cara make nya, ya udah saya berhenti saja daripada saya pusing sendiri.

  3. Hebat sekali bitcoin ini. sangat revolusioner.
    tapi saya masih bingung nih mas, siapa sih yg menciptakan bitcoin ini. katanya satoshi nakamoto. ternyata sampai sekarang orangnya ngga pernah diketahui. mungkin gambar di artikel ini adalah sang penciptanya. hem,..

    • Hahaha…. gambar di atas hanya ilustrasi mas. Penemu bitcoin memang masih misteri, sampai sekarang belum ada data yg benar-benar akurat tentang siapa yang menemukannya.

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud