5 Hal Utama Jika Startup Ingin Mendapat Pendanaan Awal

pendanaan awal startup

Industri #startup sedang menjadi primadona di Indonesia, hampir setiap bulannya ada saja startup baru yang muncul. Bahkan startup dari luar negeri pun rela untuk memindakan operasi mereka ke Indonesia. Hal tersebut dikarenakan kondisi industri startup di Indonesia tengah subur – suburnya.

Sebagai contoh #Path, mereka punya kantor pusat bukan di wilayah Asia namun hampir sebagian besar pengguna path adalah warga Indonesia. Hal tersebut memaksa Path untuk membuka kantor perwakilan di Indonesia. Dilihat dari hal itu kita bisa ambil kesimpulan, industri startup di Indonesia memang tengah berada di masa suburnya.

Saat Anda pertama kali terjun ke dunia startup, pastilah sesuatu yang baru dan tidak mudah dilakukan untuk mencari dan mendapatkan pendanaan awal untuk startup Anda. Lalu sebenarnya apa saja yang perlu di perhatikan untuk para pendiri startup khususnya yang masih pemula jika ingin mendapatkan pendanaan awal untuk startup mereka? Simak penjelasannya berikut ini.

1. Cobalah Yakinkan Investor

Meyakinkan investor untuk berinvesati pada startup yang Anda miliki adalah sesuatu hal yang mutlak untuk dilakukan. Bagaimana mungkin seorang investor akan berinvestasi jika Anda saja sebagai pemiliknya tidak mampu meyakinkan mereka. Sebagai pemilik startup Anda harus mulai dengan memiliki sebuah produk dengan sejumlah traksi.

Artikel lain: Sukses Bersama Startup di Tahun Pertama? Bukan Hal yang mustahil lho




2. Coba Pahami Traksi

Anda harus memulai memahami traksi yang produk Anda miliki, pada dasarnya traksi akan berbeda untuk setiap produk. Sebagai contoh di sini, Anda dapat melihat dari produk yang telah Anda luncurkan dengan pertumbuhan yang solid di bulan-bulan pertamanya. Namun apabila pertumbuhan itu terus mengalami kenaikan, bukan tak mungkin cerita dari bisnis yang dibangun akan memiliki potensi IPO yang cukup tinggi.

Pertumbuhan dari sebuah produk itu bisa dilihat dari pertumbuhan pengguna, pendapatan atau apapun yang menurut Anda berharga bagi startup Anda.

3. Jangan Menyerah Sebelum Dapat Pendanaan Awal

Menyerah, hal inilah yang sering ditemui dari para startup yang baru terjun. Ketika bisnis mereka tidak kunjung menampakkan kemajuan, bahkan tidak adanya tanda – tanda investor akan mengucurkan #investasi, para founder startup memilih untuk menyerah.

Seharusnya dengan keadaan seperti itu, para pendiri sebuah startup dapat melakukan instropeksi diri, apa sebenarnya yang salah dari startup tersebut, hal apa saja yang dapt menarik para investor untuk berinvestasi. Menyerah adalah pilihan bodoh, jika Anda menyerah sebelum mendapatkan apapun berarti Anda orang yang akan sulit untuk berhasil.

4. Coba Ikut Inkubator atau Akselerator

Startup saat ini tengah menjadi tren yang tinggi khususnya di Indonesia. Hampir semua anak muda di Indonesia ingin punya startup. Di tengah berkembangnya industri startup tanah air, muncullah berbagai program inkubator dan akselerasi startup. Program – program tersebut memiliki sebuah tujuan untuk membantu para startup tersebut menemukan model bisnis yang baik, menuntun mereka bagaimana membangun sebuah startup yang benar hingga mereka mendapatkan tujuannya.




Gunakan program inkubator dan akselerator tersebut untuk meningkatkan kualitas startup Anda, bangun komunikasi yang baik dengan berbagai pihak dan hal tersebut bisa membantu Anda dalam mencari sebuah pendanaan awal untuk startup yang Anda miliki.

Baca juga: Ketentuan Untuk Mendapat Modal Usaha dari Venture Capital

5. Cari yang Mau Berinvestasi

Ini adalah point yang sangat penting. Jika Anda ingin mendapatkan sebuah pendanaan awal sudah tentu Anda harus mencari seorang investor yang mau berinvestasi pada startup Anda. Bagaimana mungkin investor tiba – tiba datang memberikan investasi pada Anda. Hal tersebut sebetulnya bisa saja terjadi, dengan catatan startup Anda sudah jelas.

Sudah jelas disini adalah sudah jelas idenya serta sudah jelas model bisnisnya. Kalau hal tersebut belum tercipta mana mungkin seorang investor tiba – tiba datang memberikan dana untuk startup Anda. Maka dari itu carilah mereka, yakinkan mereka.

Nah jika Anda ingin startup Anda mendapatkan pendanaan awal, cobalah hal – hal diatas. Artikel ini tidak memaksa untuk Anda melakukannnya. Namun setidaknya renungkan artikel ini apakah masuk akal atau tidak.

Jika masuk akal silahkan Anda coba namun kalau dirasa kurang pas Anda boleh anggap angin lalu dan membuang informasi ini. Semoga bermanfaat dan jika Anda punya masukkan silahkan tinggalkan komentar di bawah artikel ini. Salam sukses!



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud