5 Cara Membangun Akun Twitter Komunitas Yg Lebih “Manusiawi”

Membangun-Akun-Twitter-Komunitas

Membangun brand di #media sosial ternyata tak sekedar membuat akun dan mem-posting secara berkala saja. Banyak hal yang harus kita lakukan untuk mulai mengakrabkan diri dengan para pengguna media sosial lainnya. Cukup banyak akun #Twitter  yang kurang “manusiawi”, pasalnya akun tersebut terkesan dibuat oleh robot dan hanya untuk dibaca oleh robot pula. Oleh karena itu, pendekatan yang manusiawi lah yang sesungguhnya lebih dibutuhkan.  Dengan demikian, kita baru bisa menjalin hubungan yang komunikatif dan branding yang efektif melalui media sosial.

Popularitas yang diperoleh sebuah komunitas melalui media sosial harus dibangun secara perlahan-lahan dengan dedikasi dan integritas yang tinggi lho. Lima cara berikut ini mungkin bisa membantu kita untuk membangun keakraban melalui akun Twitter komunitas yang kita miliki:

1. Cantumkan Identitas di Bagian Bio Twitter

Bagian bio Twitter mungkin hanya bisa diisi oleh beberapa karakter saja. Namun ternyata bagian ini sangat penting untuk membangun popularitas yang baik di media sosial. Melalui bio Twitter, secara tak langsung kita bisa mengajak para pengguna media sosial lainnya untuk melakukan hal-hal yang positif seperti hal yang sedang kita lakukan.

Artikel lain: Kampanye di Media Sosial Twitter, Masih Efektifkah?

Misalnya saja, bila kita menjadi salah satu sukarelawan yang membantu penyelamatan hewan-hewan terlantar di Jabodetabek, maka kita bisa mencantumkan informasi singkatnya melalui bio Twitter kita. Bahkan kita juga dapat mencantumkan website atau link yang berkaitan dengan kegiatan tersebut sehingga pengguna Twitter yang membaca dan memiliki kesamaan visi dengan kita kemungkinan besar bisa bergabung untuk membentuk komunitas penyelamatan hewan yang lebih besar dan solid.

2. Gunakan Avatar/ Logo Komunitas atau Perusahaan Pada Akun Twitter

Mencantumkan logo komunitas atau perusahaan pada akun Twitter menunjukkan bahwa kita memiliki dedikasi dan kecintaan yang tinggi akan bidang yang sedang kita kerjakan. Namun jika komunitas atau perusahaan kita masih dalam taraf berkembang, kita juga bisa mencantumkan foto berupa kegiatan yang sedang kita lakukan di komunitas atau perusahaan tersebut. Secara tak langsung, hal ini akan memberitahu pengguna Twitter lainnya mengenai bidang kerja yang kita jalankan.

3. Sertakan Anggota Komunitas Pada Background Twitter

Background Twitter yang bisa di custom juga memberi kesempatan bagi kita untuk mencantumkan berbagai hal seputar komunitas atau perusahaan tempat kita berkegiatan. Kita bisa menggunakan foto-foto anggota komunitas atau perusahaan untuk memberi kesan background yang friendly dan informatif. Tak hanya memberikan kesan akrab, menggunakan foto-foto anggota komunitas sebagai background Twitter juga dapat mengakrabkan hubungan dengan anggota tim di komunitas atau perusahaan.

4. Jawablah Komentar dan Chat di Twitter

Menjawab setiap pertanyaan, komentar atau chat di akun Twitter kita dapat membantu pengguna Twitter lainnya memperoleh informasi lengkap mengenai hal-hal apa yang sedang kita jalankan. Hal ini sangat baik untuk menjalin komunikasi yang akrab, santai dan interaktif dengan para pengguna Twitter lainnya. Secara tak langsung, kita juga bisa mulai mempopulerkan komunitas dan upaya branding yang ingin kita lakukan melalui Twitter.

5. Jawablah Seluruh Panggilan yang Masuk ke Twitter

Banyak pengguna Twitter yang merasa bahwa mengirimkan pertanyaan melalui email biasanya memperoleh respon yang lambat bila dibandingkan dengan langsung bertanya melalui Twitter. Untuk itu, kita harus pandai memanfaatkan kondisi ini dan berupaya untuk menanggapi seluruh pertanyaan dan komentar melalui akun Twitter kita.

Bila banyak pengguna Twitter yang menanyakan pertanyaan yang sama, jawablah pertanyaan yang paling sering ditanyakan sehingga 1 jawaban bisa mewakili banyak pertanyaan yang sama. Tak ada salahnya juga bila kita memberi tag favorite pada jawaban pertanyaan tersebut sehingga pengguna Twitter lain bisa melihat jawaban tersebut melalui kolom favorite di akun Twitter kita.

Baca juga: Beberapa Fitur Tersembunyi Pada Media Sosial




Jika kita menggunakan media sosial secara efektif dan bijak, maka media sosial dapat menjadi sarana yang membantu kita untuk mengembangkan komunitas, branding atau upaya persuasif lainnya. Menjalankan upaya pengembangan secara cermat dan tak terburu-buru juga jadi kunci untuk mencapai komunikasi yang efektif di media sosial. Jangan sampai pengguna media sosial merasa bosan dengan posting kita dan malah mulai meninggalkan akun media sosial kita. Use your  social media account wisely and be humanized!




Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud