5 Cara Jitu Memanfaatkan Smartphone Jadul Dengan Kualitas Kamera Pas-pasan

5 Cara Jitu Memanfaatkan Smartphone Jadul Dengan Kualitas Kamera Pas-pasan

kamera smartphone
Image dari Tapscape.com

Sebenarnya ponsel jadul dengan kualitas #kamera pas-pasan masih bisa kita manfaatkan. Walaupun Anda memiliki ponsel dimana kameranya kurang bisa diandalkan dalam aktifitas pengambilan foto, jangan berkecil hati dulu kita bisa memanfaatkan untuk keperluan lain. Daripada hanya dijadikan sebagai pajangan di rumah lebih baik digunakan kepada hal yang lebih mempunyai manfaat.

Jika hanya mengandalkan sensor dari kamera yang rendah, memang hasilnya kurang memuaskan. Namun seiring dengan semakin berkembangnya teknologi dan informasi, maka bisa mencari alternatif lain untuk mengatasinya dengan cara menggunakan aplikasi pendukung yang ada. Kita bisa menyulap fitur kamera pada smartphone menjadi sesuatu yang bisa terus berguna.

Contohnya saja pada kamera #smartphone Android yang merupakan ponsel sejuta umat, nyatanya banyak aplikasi yang beragam yang sejatinya memiliki fungsi untuk membantu kinerja dari sebuah kamera. Maka dari itu, kali ini akan dibahas mengenai 5 cara jitu memanfaatkan smartphone dari segi kualitas kamera pas-pasan. Simak pemaparannya berikut ini.

1. Gunakan Kamera Untuk Menyalin Catatan

Pada umumnya kebanyakan orang untuk menyalin sebuah catatan dengan menggunakan media alat tulis juga buku. Namun seiring berkembangnya ilmu pengetahuan, cara seperti itu akan tergantikan. Caranya ialah gunakan saja perangkat smartphone yang Anda miliki untuk mengambil foto dari catatan yang hendak Anda salin.

Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi repot untuk menulis ulang semua catatan tersebut, yang pastinya membutuhkan waktu tidak sedikit. Bahkan kapanpun Anda ingin melihat catatan tersebut, tinggal buka saja smartphone Anda biasanya terdapat di dalam galleri.

Artikel lain: 5 Smartphone Dengan Fitur Kamera Berkualitas Tinggi

2. Scan Barcode & QR Code

Cara ini pasti selalu Anda temui jika berbelanja di supermarket atau tempat belanja lainnya. Anda bisa melihat bagaimana petugas kasir menggunakan alat barcode reader untuk melihat informasi barang secara otomatis. Dengan begitu pekerjaan mereka pun akan lebih cepat ketimbang harus menulisnya satu persatu produk yang akan dijual secara manual.

Bayangkan jika tidak ada mesin barcode di dunia ini, antrian pembeli pastinya akan sangat panjang di tempat perbelanjaan. Tidak hanya barcode, di era serba digital sekarang ini QR Code juga cukup familiar. QR Code bisa memuat informasi lebih banyak ketimbang barcode, bahkan mulai banyak orang yang menempatkan QR Code pada kartu nama mereka.

3. Dash Cam atau Kamera Dashboard

Dash Cam merupakan perangkat kamera yang ditempatkan pada sebuah kendaraan untuk merekam secara terus menerus, keadaan yang terjadi di hadapan kendaraan maupun di dalam kendaraan. Pemasangan dash cam pada kendaraan bisa menjadi barang bukti jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan sebelumnya.

Misalnya terjadi kecelakaan, bukti tindak kejahatan atau penyimpangan, dan yang lainnya. Ada beberapa aplikasi smartphone gratis dan juga berbayar yang dapat Anda gunakan untuk mengubah smartphone menjadi dash cam. Salah satu #aplikasi yang bisa Anda manfaatkan secara gratis adalah CamOnRoad.

4. Monitoring Bayi

Dengan menggunakan aplikasi bernama Dormi, bagi Anda yang telah menikah dan mempunyai anak, bisa mengawasi buah hati Anda. Misalnya jika ingin bersiatirahat, memasak di dapur, dan lainnya. Aplikasi Dormi sendiri di lengkapi dengan noise detection, sehingga ketika bayi Anda menangis atau hal apapun yang terjadi, aplikasi ini akan melakukan panggilan telepon dan memberikan sebuah pesan singkat sebagai peringatan bagi penggunanya.

Menariknya lagi aplikasi yang satu ini, juga dapat digunakan tanpa dukungan koneksi #internet. Hanya berbekal jaringan Wifi Direct, pengguna dapat memanfaatkannya secara simultan.

Baca juga: Inilah 7 Jenis Sensor Smartphone Dengan Beragam Fungsi, Sudah Tahu Belum?

5. Kamera Pengamanan Rumah

Fungsinya hampir sama dengan aplikasi Dormi yang telah dibahas di atas, smartphone Anda juga bisa dimanfaatkan sebagai kamera CCTV. Misalnya digunakan untuk mengawasi anak-anak Anda yang sedang bermain atau jika ada pencuri yang masuk ke rumah, dan lain sebagainya.

Memang kendalanya kualitas kamera yang kurang baik untuk mengambil gambar, namun biasanya masih cukup bisa diandalkan untuk digunakan dalam merekam pergerakan dalam mode video. Salah satu aplikasi yang dapat Anda aplikasikan untuk pengamanan rumah Anda ialah Perch.

TIDAK ADA KOMENTAR

Tinggalkan Balasan