5 Bisnis Sampingan Pelajar Setelah Selesainya Ujian Nasional (UN)

ujian nasional

Ujian Nasional (UN) akan segera berakhir secara keseluruhan. Setelah beberapa minggu kemarin pelajar SMA, kini giliran pelajar SMP yang sebentar lagi akan menyelesaikan Ujian Nasionalnya. Setelah Ujian Nasional berakhir, biasanya akan ada waktu yang cukup lama untuk mereka para peserta ujian untuk menunggu pengumuman hasil dan kelulusannya.

Memang banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengisi kekosongan jam sekolah pasca Ujian Nasional ini. Namun alangkah baiknya jika kita mengisi waktu luang ini dengan hal-hal yang positif, benar kan. Menjalankan #bisnis sampingan merupakan salah satu cara positif bagi para pelajar untuk mengisi waktu luang sambil menunggu pengumuman hasil dan kelulusan.

Mengapa harus bisnis? berbisnis sejak muda adalah hal yang banyak disarankan oleh beberapa pakar atau ahli bisnis agar insting bisnis mereka selalu terasah dan memiliki pengalaman untuk menggeluti bisnis yang lebih besar nantinya.

Bisnis di usia muda secara tidak langsung akan menjadikan kita untuk bisa belajar hidup mandiri karena kita bisa mendapatkan uang jajan sendiri setelah mendapat untung. Belajar bisnis sejak muda juga akan membuat kita belajar untuk mengatur uang dengan lebih bijak, sebab uang untuk modal yang kita telah keluarkan  dan pemasukan yang kita dapatkan harus pandai-pandai diatur agar kita bisnis kita tetap bisa berjalan dan omzet semakin besar.

Lalu bisnis sampiangan apa yang bisa dikerjakan oleh pelajar setelah Ujian Nasional ini berakhir? Berikut beberapa diantaranya yang bisa dicoba :




Artikel lain: Alternatif Peluang Bisnis Untuk Mahasiswa Dengan Modal Kecil

1. Jual Kuota Internet

Bisnis sampingan pertama yang patut dicoba adalah jual-beli kuota #internet. Banyaknya pelajar yang kini gemar berselancar di dunia maya memberi peluang besar bagi siapapun untuk berbisnis. Sebagai pelajar tentu sedikit banyak tahu kebiasaan pelajar dalam bermain internet dan juga memiliki jaringan pertemanan yang bisa dijadikan sebagai calon konsumen nantinya. Maka sebenarnya mereka para pelajar lebih berpeluang besar dalam bisnis jual-beli kuota internet karena mereka telah mengenal seluk beluk lingkungannya.

Untuk menjalankan bisnis sampingan ini, Anda bisa bekerja sama dengan salah satu counter provider di kota mu atau bisa menghubungi sales marketing provider di daerah mu agar bisa mendapatkan harga grosir yang lebih murah.

2. Jualan Es dan Jus

Indonesia yang merupakan negara tropis yang akan mendapat sinar matahari yang terik tentu akan selalu membuat rasa haus terutama pada siang hari. Para pelajar yang seringkali menjalankan aktivitasnya dari pagi hingga sore hari tentu akan merasakan haus pada saat-saat tertentu.

Maka di sinilah peluang besar bagi Anda untuk menjalankan bisnis sampingan. Es dan jus yang Anda jual di dalam atau luar sekolah akan mendapat perhatian lebih dari penjual es lain karena Anda adalah orang yang tidak asing bagi adik-adik kelas Anda atau orang-orang di lingkungan sekolah Anda.




3. Jualan Kue dan Aneka Jajanan

Bagi yang suka dan hobi masak terutama pelajar putri, Anda bisa berjualan kue dan aneka jajanan sebagai bisnis sampingan. Dengan kreasi kue dan jajanan yang lebih modern yang biasanya tercipta dari anak muda tentu akan semakin menjadikan kue dan jajanan Anda diminati oleh banyak orang dan terutama teman-teman seangkatan Anda. Anda bisa memasarkan kue dan jajanan kreasi Anda melalui jaringan online yang telah umum dilakukan juga oleh penjual lainnya.

4. Buka Jasa Maintenance Komputer dan Elektronik

Buat kalian yang sekolah di SMK jurusan IT, #komputer, multimedia dan elektronika tentu kalian punya sebuah keahlian yang bisa dijadikan lahan bisnis. Jasa maintenance komputer dan eletronik bisa kalian buka di garasi rumah dengan memasang papan informasi di depan rumah Anda.

Perkembangan #teknologi komputer dan eletronik tentu akan membawa dampak yang luar biasa untuk bisnis sampingan ini. Jika kalian mampu dan telah mendapat kepercayaan, maka peluang kalian untuk mendapatkan keuntungan yang besar melalui jasa maintenance ini akan semakin besar pula.

Baca juga: 6 Pengusaha Muda Ini Buktikan Usia Bukan Penghalang Untuk Sukses

5. Bisnis Produk Kerajinan Tangan

Bisnis sampingan terakhir yang bisa kalian lakukan pasca Ujian Nasional adalah bisnis jual-beli produk kerajinan tangan. Ilmu keterampilan membuat benda-benda kerajinan tangan saat sekolah tentu bisa kalian praktekkan untuk kegiatan bisnis. Dengan karya dan produk yang baik bukan tidak mungkin, hasil kreasi kalian akan laris manis dicari orang atau bahkan menjadi produk favorit untuk kategori produk handmade.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud