5 Aplikasi Ini Pastikan Rumah Anda Tetap Aman Selama Mudik Lebaran

Image dari Gadgetreview.com

Image dari Gadgetreview.com

Mudik adalah sebuah tradisi dan ritual di Indonesia yang berlangsung tiap tahun menjelang lebaran Idul fitri. Saat itu menurut pengamatan saya hampir sebagian besar orang di Indonesia akan pergi ke kampung halamannya untuk bersilaturahmi bersama sanak keluarga dan saudara-saudaranya. Kenyamanan dan kesenangan dalam aktivitas mudik seharusnya menjadi sesuatu yang dirasakan para pemudik.

Namun sayang, banyak pemudik yang merasa resah dan khawatir ketika mudik karena ia harus meninggalkan rumah di kota dalam waktu yang cukup lama. Banyaknya kasus pembobolan rumah kosong saat musim mudik tiba adalah salah satu hal biasanya dikhawatirkan oleh pemudik. Untuk itu, agar Anda mudik dengan gembira tanpa perasaan yang was-was, kini Anda bisa memanfaatkan beberapa aplikasi dari #smartphone untuk membuat rumah Anda tetap aman saat ditinggal mudik.

1. Rogers Smart Home Monitoring

Aplikasi pertama yang akan membuat rumah Anda aman saat ditinggal mudik adalah Rogers Smart Home Monitoring. Dengan #aplikasi ini Anda bisa memantau kondisi dalam dan luar rumah. Melalui aplikasi ini Anda juga bisa memastikan kondisi lampu di dalam rumah sudah dimatikan saat ditinggal pergi mudik. Untuk menggunakan aplikasi ini Anda bisa mengunduhnya di Google Play dengan perangkat tablet dan smartphone Android versi 2.2 ke atas.

Artikel lain: 3 Jenis Aplikasi Android Untuk Mudik Lancar dan Makin Asyik

2. TinyCam Monitor

Jika Anda ingin hasil rekaman monitoring kamera rumah Anda bisa Anda terima lewat #email, maka Anda bisa mendownload aplikasi TinyCam Monitor. Aplikasi yang didukung oleh vendor besar kamera monitoring ini memiliki kemampuan digital zoom dan snapshot dengan kualitas lebih baik dibandingkan dengan aplikasi kamera pemantau lain.




Selain beberapa fitur tadi, aplikasi Tinycam Monitor juga mampu mengimpor dan mengekspor hasil pemantauan kondisi rumah melalui microSD. Aplikasi ini sendiri tersedia dalam versi gratis dan versi pro seharga US$ 1,99. Selain kompatibel dengan smartphone #Android, aplikasi ini juga bisa diunduh oleh pengguna BlackBerry dan tablet Kindle.

3. AtHome Camera

Aplikasi perekaman rumah saat ditinggal mudik yang lain adalah AtHome Camera. Dengan aplikasi ini, rumah Anda akan selalu terpantau secara langsung dengan jadwal waktu rekam video yang bisa Anda atur sesuai keinginan. Video yang direkam AtHome Camera memiliki durasi 30 detik dan akan langsung mengirimkan notifikasi ke email Anda. Selain beberapa fitur yang disebutkan tadi, dengan aplikasi ini Anda juga bisa mengatur rekaman video dari mulai awal merekam hingga berhenti otomatis sesuai kebutuhan Anda.

4. Indigo Touch

Indigo Touch merupakan aplikasi yang sangat canggih untuk bisa mengamankan rumah Anda saat mudik. Ini karena aplikasi ini akan membantu Anda menyalakan dan mematikan AC dari jarak jauh, menjadwalkan kapan lampu padam dan menyala, hingga membuka kunci pintu (elektrik).

Dengan adanya fitur-fitur canggih tersebut, tentu saja akan membuat orang yang ingin mencoba membobol rumah atau berbuat hal-hal tidak menyenangkan lainnya akan menyangka ada orang di rumah Anda dan bisa jadi mengurungkan niatnya. Dan dengan demikian rumah Anda pun akan semakin terjamin keamanannya.

Namun untuk menjalankan aplikasi yang canggih ini, Anda harus sudah mengintegrasikannya dengan teknologi rumah pintar (smart home). Dan satu hal lagi yang perlu Anda ketahui bahwa aplikasi ini adalah aplikasi yang hanya diperuntukkan bagi pengguna perangkat #iOS yang memiliki Mac untuk menginstal aplikasi tambahan Indigo Smart Home Hub guna menjalankannya.




Baca juga: Safetipin ~ Aplikasi Keamanan Canggih Bagi Warga Jakarta

5. Manything

Terakhir, aplikasi yang akan membuat rumah Anda nyaman saat mudik adalah Manything. Aplikasi yang mirip dengan AtHome Camera ini juga akan memanfaatkan perangkat yang tidak terpakai untuk membantu memonitor rumah Anda. Bedanya, aplikasi Manything disini akan menggunakan perangkat iOS Anda yang sudah mulai tidak terpakai. Dengan aplikasi ini Anda bisa melakukan streaming keadaan rumah, sampai mengenali gerakan yang mencurigakan.

Ada dua pilihan saat Anda mengunduh aplikasi ini. Ada versi gratis yang hanya bisa digunakan untuk memantau rumah dengan satu kamera saja. dan kedua versi berbayar selama satu bulan yang bisa melakukan pemantauan rumah dengan 5 kamera serta dengan perekaman berbasis cloud selama satu bulan.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud