4 Tips Suskes Menjadi Reseller Dropship, Cobalah!

reseller

Aktivitas reseller saat ini memang sedang marak-maraknya. Perkembangan dan pertumbuhan #bisnis online diduga menjadi penyebab maraknya sistem penjualan kembali ini. Dengan keuntungan yang lumayan besar, mereka pun tak ragu untuk membeli produk dari distributor untuk dijual kembali kepada konsumen.

Keuntungan besar bisa meraka dapat karena harga yang dikenakan oleh pihak distributor pada reseller berbeda dengan harga konsumen. Jadi selisih harga ini akan menjadi keuntungan reseller.

Jika Anda tak memiliki modal yang cukup, Anda bisa mengajukan diri sebagai reseller #dropship (dropshipper). Dengan menjadi reseller dropship, Anda hampir tak akan mengeluarkan modal, karena Anda hanya butuh kecakapan menjual produk produk. Reseller dropship disini memang tidak menjual barang dalam bentuk fisik, namun ia menjual informasi yang ada pada produk.

Maka dari itu, seorang reseller dropship membutuhkan foto dan beberapa lembar informasi produk yang nantinya digunakan sebagai sarana penjelasan kepada konsumen. Hal-hal seperti stock barang, packing dan pengiriman, tak perlu dirisaukan dropshipper, karena semuanya akan dilakukan oleh distributor atau supliernya.

Meski sepertinya terlihat enak dan menguntungkan, namun menjadi reseller dropship juga memiliki beberapa kelemahan seperti tidak mengetahui dan tidak memiliki kendali pada status stock barang, pertaruhan nama baik yang besar terhadap konsumen serta diskon harga barang yang tidak sebesar reseller yang melakukan stock sendiri. Maka untuk mengatasi beberapa permasalahan dan kelemahan ini, seorang reseller dropship bisa menerapkan tips-tips berikut ini:

1. Selalu Jalin Komunikasi Yang Baik Dengan Distributor

Komunikasi merupakan faktor utama untuk menjadikan Anda sukses menjadi #reseller dropship (dropshipper). Beragam permasalahan yang dihadapi dropshipper memang kebanyakan berasal dari buruknya komunikasi dirinya dengan pihak distributor. Maka untuk mengatasinya, Anda perlu selalu menjalin komunikasi yang baik dengan vendor atau distributor produk Anda.

Dengan komunikasi yang selalu baik, maka akan memunculkan kepercayaan yang tinggi dari pihak distributor pada kegiatan reseller Anda. Sebaliknya, jika komunikasi Anda buruk, maka potensi untuk munculnya permasalahan akan semakin besar. Itu artinya eksistensi Anda sebagai reseller dropship akan semakin terancam.

Baca juga: Bisnis Dropship ~ Peluang Bisnis Online Tanpa Modal / Produk Sendiri

2. Jalankan Marketing Dengan Maksimal

Sebagai reseller dropship, kemampuan pemasaran Anda memang akan memegang peranan yang paling penting. Tanpa adanya kecakapan marketing, mustahil Anda akan menjadi seorang dropshipper yang sukses. Maka dari itu pelajarilah teknik-teknik marketing yang ada. Update selalu kemampuan marketing Anda untuk menghasilkan deal-deal penjualan yang lebih banyak.




Semakin banyak penjualan yang bisa Anda lakukan, maka tingkat kepercayaan dari distributor pun akan semakin tinggi dan langkah Anda menjadi reseller dropship yang sukses pun akan segera terwujud.

3. Cari Distributor yang Tepat

Distributor yang merupakan partner atau mitra Anda dalam menjalankan usaha dropship tentu memiliki peranan yang cukup penting pula. Meski tidak mudah mendapatkankan distributor yang bisa menerima reseller dropship, namun Anda tetap harus memperhitungkan reputasi calon ditributor yang akan menjadi mitra bisnis Anda. Maka dari itu carilah distributor yang mampu memberikan layanan untuk kemudahan pelanggan baik dalam hal, pembelian, pemesanan sampai dengan pengiriman.

Dengan mendapatkan distributor yang tepat maka konsumen pun akan puas dan tingkat reputasi Anda dimata konsumen pun menjadi bertambah dan Anda akan segera menjadi calon reseller dropship yang sukses.

Baca juga: Ingin Berbisnis Dropship Via Tokopedia? Berikut Ini Tips Ampuhnya

4. Berikan Rasa Kepuasan Berbelanja Pada Konsumen

Tips terakhir untuk menjadikan Anda sukses menjadi reseller dropship adalah dengan memberikan rasa kepuasan berbelanja pada konsumen. Karena Anda tidak bisa berbuat banyak pada proses stock dan pengiriman barang, namun Anda bisa memberikan faktor kepuasan lain pada konsumen.

Salah satunya adalah dengan memberikan harga yang wajar dan tidak memberatkan konsumen. Sudah bukan rahasia lagi kalau sebagai reseller Anda akan mendapatkan potongan harga dari distributor. Meski konsumen tidak mengetahui bahwa Anda seorang reseller, namun Anda harus tetap bijak.

Sebagai reseller, Anda memang menginginkan keuntungan yang besar, namun ini menjadi tidak wajar jika Anda terlalu memberikan harga yang terlampau tinggi pada konsumen dengan harga diskon yang telah Anda dapat dari distributor.

Cara lain untuk menciptakan kepuasan belanja pada konsumen adalah dengan memberikan layanan komunikasi yang baik. Layanan komunikasi yang baik ini berlaku pada banyak hal, seperti tanggapan yang cepat atau layanan keluhan konsumen yang baik.

Dua cara memuaskan konsumen di atas dilakukan untuk mengantisipasi jika sewaktu-waktu ternyata ada pelanggan Anda yang mengetahui tempat distributor Anda. Maka dengan pengalaman berbelanja yang memuaskan dari Anda meski mereka mengetahui tempat distributor yang ada, mereka akan tetap melakukan pembelian melalui Anda.



1 comment on this postSubmit yours
  1. Saya newbie dalam dropsiper…..artikelnya sangat membantu, mencerdaskan dan bermanfa’at. Thanks gan. Oia gan, untuk ongkir yang bayarnya siapa? Dropsiper, pembeli atau seller? Mohon di jawab. Oia gan saya minta kontaknya dong…buat follow up tentang dropsiper.

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud