4 Tips Sukses Menjalankan Profesi di Bidang Teknologi (IT)

4 Tips Sukses Menjalankan Profesi di Bidang Teknologi (IT)

Image dari Webmastershub.net
Image dari Webmastershub.net

Dunia memang sudah banyak berubah dan berkembang. Zaman yang bergerak dengan sangat cepat saat ini membuat beberapa hal dalam kehidupan ini mengalami beberapa perubahan dan pergantian. Dalam menghadapi adanya perubahan ini manusia memang tak bisa mengelak apalagi menolak.

Alih-alih menghindari diri dari perubahan, manusia akan terkapar dan terlindas oleh pertumbuhan zaman ini. Untuk bisa selalu sukses, manusia memang mau tak mau harus menyesuaikan diri atau beradaptasi dengan perubahan yang ada di sekelilingnya.

Salah satu bentuk atau wujud perubahan yang ada dan kini muncul ke permukaan adalah hadirnya karir-karir baru di bidang #teknologi. Saat ini teknologi memang tumbuh dan berkembang dengan sangat pesat. Karena hal inilah maka beberapa karir dan profesi baru pun bermunculan dengan tak bisa terelakkan. Beberapa karir dan profesi seputar bidang teknologi ini antara lain programmer, web designer, blogger, social media specialist dan lain sebagainya.

Artikel lain: Inilah 4 Profesi Unik Lewat Media Internet yang Menjanjikan di Masa Depan

Meski kemudian banyak profesi dan karir baru menjanjikan yang bisa dicoba, sayangnya tak sedikit dari para pelakunya yang tidak menjalankanya dengan sukses. Padalah jika ditekuni dengan menerapkan sebuah teknik maka karir terbaru dibidang IT ini bisa membawa seseorang pada kesuksesan dan kejayaan. Lalu bagaimanakah teknik dan langkah untuk bisa sukses berkarir atau menjalani profesi di bidang teknologi (IT) ini? Berikut ulasannya.

1. Selalu Mengikuti Perkembangan Teknologi

Teknik dan langkah pertama untuk bisa meraih sukses menjalankan profesi di bidang teknologi atau IT adalah dengan selalu mengikuti perkembangan teknologi itu sendiri. Tentu akan sangat naif bila seorang yang berkecimpung di dunia IT tidak mengetahui perkembangan dunia yang digeluti sehari-harinya ini.

Untuk bisa terus mengupdate informasi dari dunia IT sendiri banyak cara yang bisa digunakan. Berbagai media yang semakin banyak bermunculan tentu saja akan sangat mendukung Anda untuk bisa mengikuti perkembangan dunia IT secara cepat dan mudah. Dengan media IT juga kini informasi tidak hanya bisa diperoleh dari buku atau koran serta tabloid. Ditambah lagi dengan jaringan #internet, sekarang Anda bisa lebih mudah dan cepat lagi untuk mengetahui update informasi tentang IT ini melalui website dan blog.

Namun yang perlu Anda ketahui bahwa meski Anda sudah banyak mendapatkan banyak informasi, akan lebih baik dan akan menunjang kesuksesan bila Anda juga menerapkannya dalam profesi atau karir Anda tersebut.

2. Aktif Dalam Komunitas

Saat ini komunitas atau perkumpulan beberapa orang dalam sebuah bidang memang telah banyak bermunculan. Tak terkecuali dengan para penggiat dan pecinta dunia teknologi (IT), Anda bisa bergabung dengan komunitas yang telah ada. Setelah bergabung dengan komunitas yang Anda sukai maka jangan lupa untuk aktif di dalamnya.

Dengan aktif mengikuti komunitas, kita akan mendapatkan banyak teman seprofesi dan juga informasi atau mungkin juga peluang yang akan mendukung sukses kita pada karir atau profesi yang sedang kita jalankan. Komunitas yang sering kali mengadakan kopi darat dan juga diskusi tentu saja akan membuat Anda kaya ilmu dan pengalaman. Apalagi jika Anda mau aktif di dalamnya, maka jalan menuju kesuksesan pun akan semakin terbuka lebar.

3. Seringlah Mencoba Media IT yang Baru

Setiap beberapa jeda waktu kita memang akan sering disuguhkan update IT yang baru. IT memang selalu berkembang setiap waktu. Maka dari itu sebagai penggiat dunia IT tentu Anda tidak boleh ketinggalan dengan update IT yang ada ini. Anda bukan hanya dituntut untuk sekedar mengetahui perkembangannya saja.

Namun lebih dari itu Anda yang berprofesi dan menjalankan karir dibidang IT ini harus juga mencoba dan mempraktekkan media IT yang baru tersebut. Beberapa hal baru seperti media sosial, #software, Operating System (OS) dan lainnya adalah media yang seringkali melakukan update dan wajib Anda coba.

Baca juga: 7 Perusahaan IT yang Berikan Gaji Tinggi untuk Pegawai Magang

4. Pelajari Internet Marketing

Terakhir, teknik dan langkah untuk bisa meraih sukses menjalankan karir dan profesi dibidang IT adalah dengan mempelajari internet marketing. Internet marketing bukanlah sesuatu yang diperlukan hanya untuk keperluan penjualan.

Namun #internet marketing ini juga bisa Anda gunakan untuk meningkatkan branding profesi atau karir Anda sebagai penggiat dunia IT. Semakin Anda mahir mempelajari internet marketing ini maka Anda akan semakin berpeluang besar mencapai kesuksesan Anda di bidang teknologi (IT).

2 KOMENTAR

  1. saya saat ini sedang menempuh jurusan sistem informasi, artikel ini sangat membantu apalagi dengan tingkat persaingan yang cukup tinggi untuk saat ini. tentu saja internet marketing akan menjadi nilai +. Terima kasih Mas Max

  2. Bidang teknologi saat ini menjadi profesi yang banyak dijalani orang, karena lebih fleksibel dari segi waktu dan tempat.

    Kedepan jika kebnyakan sudah bersentuhn dengan internet dan teknologi, bukan tidak memungkinkan kembali ke cara konvesional lagi, terutama bisnis yang benar2 tidak bisa di online kan.

    Apa kiat khusus yang harus kita lakukan agar bisa bertahan lebih lama di bisnis yang sekaligus profesi di bidang teknologi ini mas?

Tinggalkan Balasan